Jika Informasi ini bermanfaat, jangan lupa share di medsos kamu :)

" />

Tiga Poin Penting agar Perkuliahan Tidak Jalan di Tempat

ontime

Berbicara tentang dunia perkuliahan memang tidak ada habisnya. Banyak hal yang dapat dibahas dan diangkat dari dunia kuliah. Bangku kuliah diartikan berbeda oleh setiap mahasiswa yang menjalaninya. Oleh karena hal inilah motivasi tiap mahasiswa dalam menjalaninya juga berbeda.

Mulai dari yang ambisius hingga yang menjadikan kuliah hanya sebatas rutinitas membosankan. Sistem dalam perkuliahan berbeda dengan di bangku sekolah menengah. Mahasiswa dituntut lebih aktif dalam segala hal, mulai dari mencari informasi hingga manajemen diri.

Hal ini diakibatkan oleh tingginya tingkat fleksibilitas yang ada di bangku kuliah. Fleksibilitas terutama dalam hal jam kuliah ternyata memberikan banyak dampak bagi mahasiswa. Ada yang menyikapinya dengan bijak dengan melakukan berbagai aktivitas lain seperti berorganisasi, namun ada juga yang hanya menggunakannya untuk bermain dan mencari hiburan.

Karena hal ini, tak jarang mahasiswa merasa bahwa perkuliahannya monoton dan tidak memberikan kemajuan apa-apa pada dirinya, layaknya sedang jalan di tempat. Hal ini dapat memberikan dampak negatif, seperti kurangnya daya juang dan semangat dalam menjalani kuliah.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu sahabat iCampus perhatikan agar perkuliahan yang sahabat jalani tidak seolah sedang jalan di tempat.

  • Diri Sendiri

Sahabat iCampus dapat melakukan instrospeksi pada diri masing-masing. Merenungkan sudah berapa lama sahabat kuliah, apa saja yang sudah sahabat lakukan, pencapaian apa saja yang sahabat iCampus dapatkan, semuanya dapat menjadi bahan introspeksi diri. Luangkanlah waktu untuk selalu berbicara dengan diri sendiri. Buatlah daftar hal-hal apa saja yang sudah,  belum, dan yang tidak dapat sahabat capai. Jadikan sebagai bahan pembelajaran. Masa-masa kuliah tidak akan terjadi dua kali. Manfaatkan kesempatan yang sahabat punya untuk melakukan hal-hal baru. Dunia kuliah itu begitu luas. Banyak hal yang dapat sahabat lakukan. Tidak hanya berkutat di bidang akademik, keahlian atau kegemaran sahabat dalam bidang seni, olahraga, atau mengasah kemampuan dalam hal lain juga dapat dikembangkan di dunia kuliah. Silahkan sahabat introspeksi diri sendiri. Sudah sejauh mana sahabat berjalan selama ini. Tetapkan langkah dan buatlah pencapaian baru di setiap hari.

  • Lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu komponen yang membentuk diri seseorang. Baik buruk seseorang dapat dilihat dari lingkungan tempat ia berkembang. Bagaimanakah lingkungan pergaulan sahabat? Pastikan sahabat bijak dalam memilih teman bergaul. Pilihlah teman yang memiliki motivasi kuliah yang tepat. Individu yang rajin, mau mencoba hal baru, mau berbagi ilmu, merupakan orang yang tepat bagi sahabat yang ingin mengubah pergaulan. Dengan demikian, sahabat dapat saling mendukung di dalam perkuliahan masing-masing. Hindari kelompok yang membuat sahabat menjadi boros, lebih banyak bermain, tidak masuk kuliah, ataupun malas belajar.

  • Orangtua atau Keluarga

Hubungan dengan orangtua dan keluarga merupakan hal kecil yang tidak boleh sahabat abaikan. Kehadiran mereka walaupun tidak secara fisik dapat memberikan kekuatan psikologis bagi sahabat. Terutama bagi sahabat yang harus jauh dari orangtua karena menuntut ilmu di bangku kuliah, jagalah komunikasi dengan orangtua dan keluarga. Motivasi dari mereka juga akan memberi kekuatan bagi sahabat untuk menjalani perkuliahan yang terasa berat.

Jika kamu ingin mencapai suatu hal baru, maka kamu juga harus melakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Komentar



error: Konten dilindungi!