Pelantikan Protokoler Muda Korps Protokoler Mahasiswa Unpad

untitled-jpg1_

Korps Protokoler Mahasiswa atau yang biasa disebut KPM merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Padjadjaran. UKM ini telah berdiri sejak tahun 2000. KPM Unpad berditi untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa Unpad dalam bidang keprotokolan. KPM Unpad berkembang secara progresif seiring dengan datangnya tawaran-tawaran kerjasama dari pihak eksternal Unpad. KPM Unpad memiliki misi untuk memperkenalkan ilmu keprotokolan dalam dunia kampus dan kemahasiswaan, karena apabila didalami ternyata ilmu keprotokolan memiliki banyak manfaat dan kegunaan di dalam kehidupan manusia.

Layaknya sebuah organisasi, KPM juga melakukan sistem rekrutmen dalam memilih anggota-anggotanya. Proses penerimaan calon Protokoler Muda, sebutan untuk anggota baru KPM Unpad, dikenal dengan nama Ekspektasi. Ekspektasi dilaksanakan disetiap tahun ajaran baru di Unpad. Seluruh mahasiswa yang tertarik untuk mendalami ilmu keprotokolan dapat bergabung di KPM melalui tahapan Ekspektasi.

Ahad, 20 November 2016 lalu, KPM Unpad melaksanakan pengukuhan dan pelantikan kepada anggota barunya yang disebut sebagai Protokoler Muda. Pengukuhan dan pelantikan ini merupakan tahap akhir dari panjangnya rangkaian Ekspektasi. Protokoler Muda sudah melewati tahap pengumpulan berkas, wawancara, materi dan tes, hingga masa orientasi. Pengukuhan dan pelantikan diadakan di Aula gedung Fakultas Hukum, Universitas Padjadjaran Jatinangor. Upacara ini dipimpin oleh Ketua Umum KPM Unpad, Fathiya Nur Rahmi, dan dihadiri oleh pengurus KPM Unpad. Dalam sambutannya, Ketua Umum KPM Unpad menyatakan harapannya bahwa protokoler muda diharapkan dapat menjaga nama baik KPM dan menjadikan KPM sebagai UKM nomor satu di Unpad.

Upacara pengukuhan dan pelantikan ini ditutup dengan penyematan pin strata kepada beberapa anggota baru secara simbolik, sebagai bukti bahwa anggota baru telah sah menyandang status Protokoler Muda di Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Padjadjaran.

Komentar