Menjadi Public Speaker Anti Mainstream

1_how-to-become-a-confident-public-speaker

Kemampuan berbicara di depan umum mungkin sudah dikuasai oleh sebagian orang yang mempunyai percaya diri tinggi. Being public speaker is easy as a pie! Tapi, apakah anda menjadi public speaker yang anti-mainstream? Public speaker yang begitu menarik perhatian tanpa banyak aksi? Perlu trik khusus dan cara yang unik untuk menjadi anti-mainstream. Hal-hal yang unik menggelitik kebanyakan menarik perhatian umat pendengar. Bagaimana caranya? Check it out!

1. Pilih tema yang booming tapi make it unique

Topik dalam materi/presentasi memang 100% mempengaruhi minat atau interest audience. Maka saran untuk pemilihan materi adalah suatu hal atau topik yang sedang hot. Misalkan dalam waktu dekat tentang pilkada jakarta, ya kupas aja tentang pilkada, calon-calonnya tapi dari sudut pandang yang lain. Misal yang lain sibuk menguliti keburukan masing-masing calon, anda bisa saja mengupas hobi dan kesenangan masing-masing calon. Make sense? Yes. Why? Kecintaan pada seseorang bisa berawal dari hobi yang sama! So pintar-pintar cari sudut pandang lain dari suatu hal.

2. Kemas materi dalam 2 bahasa

Penyampaian materi dengan 2 bahasa misalkan saja yang paling mudah bahasa inggris dan bahasa indonesia adalah satu hal menarik audience. Hal-hal yang berbau “inggris” di Indonesia masih dianggap waw dan amazing. If you wanna look smart, just use your english frequently. Pake aja inggrismu, bakalan di cap pinter bin cerdas. Memakai bahasa inggris yang sederhana dan umum digunakan sangat memudahkanmu dan pendengar. Tapi jangan gagap pliss. Nanti audience gagal tanggap.

3. Berdiri tegap, pandang jidat

Satu hal yang membuat berbicara di depan umum menjadi sangat sulit adalah gerogi karena mata audience tertuju pada pembicara. Tapi apakah mata pembicara menjangkau seluruh audience? No. Disitulah sesungguhnya letak kekuatan speaker. Anda tidak perlu menatap satu persatu pendengar, karena tak akan mampu memandanginya satu persatu. Cara yang bisa dilakukan adalah majulah dengan PD tinggi, berbicaralah dengan menatap dahi audience anda, maka niscaya anda akan berbicara dengan lancar.

4. Don’t be so serious

Jangan melulu tentang materi, sisipkan sedikit bumbu candaan. Candaan atau ice breaking adalah cara ampuh usir kantuk pendengar. Tidak seperti speaker yang bisa berjalan-jalan, pendengar hanya bisa duduk terdiam terpaku menatap dan mendengarkan anda. Tak jarang rasa kantuk yang kuat akan menyerang. Untuk menghindari hal tersebut berikan candaan yang sesuai umur. Agar semua audience nyambung dengan bahan lelucon anda. Meskipun dalam suatu seminar yang serius tak ada salahnya menyisipkan candaan dalam bentuk cerita yang masih dalam ruang lingkup materi, agar tidak bosan dan otak anda tidak terbakar materi. Tapi pintar-pintar mengemasnya agar anda tidak ditertawakan balik oleh penguji.

5. Be yourself

Menikmati menjadi diri sendiri adalah the main rule to be anti-mainstream public speaker! Why? Karena menjadi diri sendiri adalah cara termudah untuk menyampaikan cerita, menyampaikan ide, menyampaikan gagasan anda sekalian. Jangan menjiplak publik speaker lain karena mereka tidak akan pernah memuji anda karena anda mirip dengannya. Jangan meniru gaya orang lain, karena anda tidak akan bisa konsisten. Ketika anda meniru, maka anda hanya akan mengikuti arus “siapa yang sedang trend”. Jadilah diri sendiri! Karena identitas anda yang akan membangun image unique di mata dan telinga pendengar.

See? Simple ways untuk menjadi public speaker yang anti manstream. Bangun dan latih kemampuan dalam diri melalui berbagai kesempatan misalnya dalam presentasi tugas di kelas, di kampus, di kantor, di depan calon mertua mungkin. Percayalah bahwa anda mampu. Salah satu cara menjadi sukses adalah dengan menjadi public speaker yang berkualitas dan unik, believe it! Because you are the creator of your own destiny.-Swami Vivekananda.

Komentar



error: Konten dilindungi!