Tips Perubahan Diri : Amati, Pahami, dan Benahi

momen kuliah

Setiap orang pasti berharap menjadi individu yang baik dan terus mengalami perkembangan yang baik dalam kehidupannya. Hal ini berlaku dalam segi ekonomi, sosial, politik, maupun budaya dll. Sesuai dengan nasihat Agus Wiyono, S.Pd M.T – Dosen Jurusan Teknik Sipil Unesa, bahwa memang manusia hidup membutuhkan perubahan untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Dalam ajaran agama, tentu telah menjadi sebuah perintah menjadi sosok pribadi yang senantiasa mengalami perubahan yang baik dalam setiap kehidupan. Untuk perubahan diri secara sederhana ada tiga upaya yang harus dilakukan seseorang, yaitu amati, pahami, dan benahi.

Amati

Cara pertama yang harus dilakukan seseorang adalah “amati”. Upaya pegamatan yang dimaksudkan adalah introspeksi diri terhadap pola pikir maupun perilaku. Setiap tindakan yang dilakukan dilakukan evaluasi setiap saat, hal ini menimbulkan sebuah kesimpulan terhadap segi positif dan negatif dari setiap tindakan maupun pemikiran.

Pahami

Upaya yang dilakukan selanjutnya adalah melakukan pemahaman terhadap setiap evaluasi yang dilakukan. Hal ini memiliki arti bahwa tindakan berisi esensi dan alasan atau latar belakang hal tersebut dilakukan. Sehingga, secara singkat kita akan mendapatkan penilaian terhadap perilaku kita. Filterisasi dilakukan dalam periode ini. Hasilnya adalah tindakan yang berorientasi positif dikembangkan dan tindakan yang berorientasi negatif ditinggalkan.

Benahi

Cara terakhir yang dilakukan adalah “benahi”. Hal ini penting dilakukan untuk mendapatkan perubahan diri. Setelah periode pengamatan dan pemahaman telah dilakukan, pembenahan terkait segala sesuatu yang dinilai negatif perlu ditinggalkan dan akhirnya hal positif terus dikembangkan dan ditambahkan.

Marilah merubah diri sendiri untuk merubah negeri menjadi lebih baik. “Lead Your Self, before you lead other,”

by: Hasan Muzaki-Unesa

Komentar



Leave a Reply

error: Konten dilindungi!