Beberapa Istilah Politik dalam Bahasa Inggris

55549ce20423bdf7658b4567

Politik, akan berbicara tentang kekuasaan. Ilmu Politik berarti mempelajari tentang cara mendapatkan, mempertahankan, dan mengembangkan kekuasaan. Bagi kalian yang berada di jurusan Ilmu Politik, pasti sering mendengar istilah-istilah seperti Pemilihan Umum, Partai Politik, Demokrasi, Kudeta dan lain-lain. Di era Globalisasi seperti sekarang, mengetahui istilah-istilah tersebut dalam Bahasa Inggris merupakan hal yang penting.

Berikut adalah beberapa istilah politik dalam Bahasa Inggris :

  1. Authority = Kekuasaan

    NOTICE OF REVOCATION OF ANY PRESUMED AUTHORITY

    (sumber gambar : freedomfromgovernment.org)

    Menurut Ramlan Subakti, kekuasaan merupakan kemampuan memengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang memengaruhi.

  2. Campaign = Kampanye

    Image result for campaign

    (sumber gambar collider.com)

    Rogers dan Storey mendefinisikan kampanye sebagai serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan untuk menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu. Kampanye dapat dilakukan perorangan atau berkelompok. Biasanya diikuti dengan kata Politik (Kampanye Politik) dapat diartikan sebagai upaya yang terorganisir bertujuan untuk memengaruhi proses pengambilan keputusan para pemilih dan selalu merujuk pada kampanye pada pemilihan umum

  3. Coup d’ etat = Kudeta

    (sumber gambar k2nblog.com)

    Kudeta menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah perebutan kekuasaan (pemerintahan) secara paksa. Tindakan kudeta ini biasanya dilakukan oleh militer untuk menggulingkan suatu rezim pemerintahan.

  4. General Election = Pemilihan Umum

    Hasil gambar untuk general election
    (sumber gambar alloveralbany.com)

    Pemilihan umum adalah salah satu cara dalam sistem demokrasi untuk memilih wakil-wakil rakyat yang akan duduk di lembaga perwakilan rakyat, serta salah satu bentuk pemenuhan hak asasi warga negara di bidang politik. Pemilu dilaksanakan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat.

  5. Human Right = Hak Asasi Manusia

    Hasil gambar untuk human right
    (sumber gambar biblicalgenderroles.com)

    Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan hak dasar yang dimiliki oleh setiap manusia yang didapatkan sejak lahir karena secara kodrati HAM sudah melekat dalam diri manusia dan tak ada satupun orang yang berhak mengganggu gugat. Hak tersebut dapat berupa hak untuk hidup, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama dan lain-lain.

  6. Liberty = Kemerdekaan

    Hasil gambar untuk liberty
    (sumber gambar libertymedia.com)

    Merdeka adalah terbebas dari segala macam belenggu. aturan, dan kekuasaan dari pihak tertentu. Merdeka merupakan sebuah rasa kebebasan bagi makhluk hidup untuk mendapatkan hak dalam berbuat sekehendaknya. Dalam sebuah negara, merdeka berarti bebas dari belenggu, kekuasaan dan aturan penjajah.

  7. Minister = Menteri

    (sumber gambar www.123rf.com)

    Menteri merupakan jabatan politik yang memegang suatu jabatan publik siginifikan dalam pemerintah. Menteri biasanya memimpin suatu kementerian dan dapat merupakan anggota dari suatu kabinet. Seperti contohnya Menteri Kebudayaan dan Pendidikan, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan dan lain-lain.

  8. Policy = Kebijakan

    (sumber gambar www.nhsconfed.org)

    Kebijakan adalah aturan tertulis yang merupakan keputusan formal organisasi, yang bersifat mengikat, yang mengatur perilaku dengan tujuan untuk menciptakan tatanilai baru dalam masyarakat. Kebijakan akan menjadi rujukan utama para anggota organisasi atau anggota masyarakat dalam berperilaku. Dalam tabel Sistem Politik menurut David Easton, Kebijakan termasuk dalam bagian output.

  9. Political Party = Partai Politik

    (sumber gambar en.wikibooks.org)

    Partai politik merupakan kelompok anggota yang terorganisasi secara rapi dan stabil yang dipersatukan dan dimotivasi dengan ideologi tertentu, dan yang berusaha mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam pemerintahan melalui pemilihan umum.

  10. Rebellion = Pemberontakan

    Hasil gambar untuk rebellion
    (sumber gambar www.dcboston.com

    Pemberontakan adalah penolakan terhadap otoritas. Pemberontakan dapat timbul dalam berbagai bentuk, mulai dari pembangkangan sipil (civil disobedience) hingga kekerasan terorganisir yang berupaya meruntuhkan otoritas yang ada. Pemberontakan dapat pula disebut sebagai Revolusi.

Nah, semoga beberapa istilah tersebut menambah pengetahuan kita tentang vocabulary politik dalam bahasa Inggris, ya! Kita tak boleh terkecoh bahwa party adalah pesta, tetapi dapat juga berarti Partai.

Sumber ide : http://www.sanabila.com

Komentar



error: Konten dilindungi!