Cara Menulis Esai Lamaran Beasiswa

how-to-write-an-essay-2

Beasiswa merupakan cara yang sangat populer untuk membiayai pendidikan bagi sebagian besar mahasiswa. Karena sangat populer, sering kali sulit untuk mendapatkan program beasiswa. Anda benar-benar harus berkesan dan meyakinkan pemberi beasiswa bahwa Anda orang yang tepat untuk mendapatkan dukungan finansial dari mereka. Dengan esai lamaran bagus yang ditulis dan dipikirkan dengan baik, Anda dapat meraih itu.

Metode 1 dari 4: Memahami Dasar-Dasarnya

Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 1

  1. Baca dan analisis pertanyaan esai. Anda akan ingin memastikan bahwa Anda memahami pertanyaan esai sebelum mulai menulis. Tetapi ini bukan hanya sekadar tentang memahami pertanyaan atau petunjuk itu sendiri; Anda juga perlu memahami mengapa mereka menanyakan itu. Apa yang berusaha mereka cari tahu tentang Anda dengan menanyakan itu? Analisis pertanyaan dan cobalah menemukan apa yang mereka cari sehingga Anda dapat merespon dengan tepat.

    • Misalnya, pertanyaan tentang area minat Anda sebenarnya berusaha mengukur minat Anda terhadap subjek itu dan seberapa baik Anda mengetahuinya. Pertanyaan tentang kejadian-kejadian terbaru kemungkinan berusaha mengukur seberapa kenal Anda dengan dunia sekitar dan seberapa baik Anda memahami isu-isu kompleks.
     Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 2
    2. Cari tahu tentang yayasan/sekolah/dll sebelum mulai menulis esai. Yayasan, sekolah, dan organisasi lain pemberi beasiswa sering kali memiliki nilai-nilai pokok yang menyetir perusahaan mereka. Jika ingin membuat mereka terkesan, cari dan temukan beberapa istilah kunci dan nilai pokok yang mereka gunakan secara konsisten dan gunakan ide dan istilah tersebut di dalam esai Anda.
    Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 3

    3. Buat garis besar esai sebelum Anda menulisnya. Garis besar adalah peta jalan untuk menulis esai dan tanpa peta jalan, Anda akan tersesat. Tuliskan setiap poin yang ingin Anda sampaikan untuk menjawab pertanyaan, dengan beberapa catatan tentang bagaimana Anda akan menyampaikan poin atau bukti yang akan Anda gunakan tersebut. Temukan urutan terbaik untuk semua paragraf Anda dan catat juga itu.

    • Pertimbangkan juga untuk membuat catatan tentang bagaimana Anda akan memberi kata transisi di antara paragraf-paragraf. Kata transisi yang tepat akan membantu pembaca mengikuti dan memahami alur pikiran Anda, sehingga penting untuk melakukan ini dengan baik.
    Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 4
    4. Jawab pertanyaan. Pastikan bahwa saat Anda menulis esai, Anda benar-benar menjawab pertanyaan yang ditanyakan. Ini penting: jangan menjawab pertanyaan yang menurut Anda mereka tanyakan, jawab pertanyaan yang memang mereka tanyakan. Terkadang, terutama saat membaca dengan cepat atau tanpa cukup mendalami, kita cenderung mengambil pesan yang keliru dari sesuatu. Pastikan bahwa apa yang Anda tulis adalah apa yang ingin mereka ketahui.
    Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 5
    5. Tetap berada dalam kisaran batas jumlah kata. Tetap berada dalam kisaran batas jumlah kata akan mencegah Anda kehilangan banyak poin. Terlalu panjang, dan tidak akan ada yang ingin membacanya. Terlalu pendek, dan Anda akan tampak tidak kompeten. Usahakan untuk tetap berada dalam 20% atas dari kisaran batas jumlah kata.

Metode 2 dari 4: Menekankan Mengapa Anda Layak

Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 6

  1. Gunakan bahasa yang tegas dan nada yang bersemangat. Saat menjawab pertanyaan, Anda ingin terdengar seperti seseorang yang melakukan hal-hal dengan tujuan dan keyakinan. Ini adalah tipe orang yang ingin diberi beasiswa oleh orang-orang karena ini memberi tahu mereka bahwa Anda benar-benar akan pergi ke luar, melakukan hal-hal, dan membuat uang mereka tidak terbuang percuma.

    • Jangan gunakan kata dan frasa seperti “mungkin”, “kurang-lebih”, “Saya mencoba…”, atau “Saya harap…”.
    • Gunakan kata dan frasa seperti “Saya yakin…”, “Saya bisa…”, dan “Saya akan…”.
    Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 7
    2. Ceritakan kisah Anda. Anda ingin esai Anda unik tentang Anda. Anda ingin esai tersebut menyampaikan cerita Anda, bukan cerita yang dapat menjadi milik orang lain. Temukan apa yang membuat Anda unik dan upayakan itu ke dalam esai. Ini dapat berkisar dari pengalaman pribadi sampai minat pribadi, dan apa pun lainnya yang dapat Anda pikirkan.
    Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 8

    3. Tunjukkan kekuatan Anda. Gunakan esai Anda untuk memberi tahu orang-orang apa yang menjadi keahlian Anda. Tunjukkan kepada mereka kekuatan Anda dan pastikan untuk mendukung kekuatan tersebut dengan contoh. Jika Anda ingin menyampaikan bahwa Anda sangat terorganisasi, misalnya, beri tahu mereka tentang bagaimana Anda membantu wali kelas Anda mengubah seluruh sistem penyimpanannya untuk menjadi lebih efisien. Ingat: jangan cuma berbicara…tunjukkan.

    • Misalnya, Anda dapat berbicara tentang kemampuan sosial Anda. Beri tahu mereka tentang bagaimana interaksi rutin Anda dengan orang-orang telah mengajarkan Anda untuk menghargai orang dari semua jalan kehidupan dan itu
    Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 9

    4. Tunjukkan mengapa kekurangan-kekurangan Anda bukan masalah. Anda juga akan ingin mengakui bahwa Anda memang memiliki kegagalan atau kekurangan. Ini memanusiakan Anda dan membuat Anda tampil simpatik. Namun, juga sangat penting untuk menunjukkan bagaimana kekurangan-kekurangan tersebut tidak menghalangi Anda. Bicarakan tentang bagaimana Anda mengatasinya dan bagaimana Anda menangani masalah-masalah Anda. Ini membuat Anda tampak lebih cerdas dan kompeten.

    • Misalnya, jika Anda pernah mendapat nilai jelek di masa lalu, bicarakan tentang bagaimana Anda dulu kesulitan membuat prioritas tetapi Anda sudah membuat sistem yang membantu Anda fokus dan tetap termotivasi.
    • Contoh lain adalah jika Anda dulu tidak memiliki banyak ekstrakurikuler sosial, seperti pemandu sorak atau klub. Diskusikan bagaimana Anda adalah seorang pemalu tetapi Anda mulai menemukan cara baru untuk menenangkan diri dalam situasi-situasi yang membuat Anda tidak nyaman sehingga Anda dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi.
    • Apakah latar belakang akademis dan kegiatan Anda terlihat menyebar di mana-mana? Tidak berhubungan dan acak? Jangan khawatir bahwa ini membuat Anda tampak tidak fokus. Yang harus Anda lakukan hanyalah menceritakan bagaimana semua kegiatan tersebut telah membuat Anda lengkap. “Dengan semua pengalaman tersebut, saya siap menangani situasi atau kesulitan apa pun yang akan datang dengan tenang dan baik.”

Metode 3 dari 4: Menyempurnakan Esai

Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 10

  1. Baca ulang esai untuk memastikan Anda sudah membahas semuanya.Setelah selesai menulis, pastikan bahwa apa yang Anda tulis benar-benar menjawab pertanyaan atau petunjuk dan bahwa jawaban Anda mencakup semua yang ingin Anda bahas. Membaca ulang merupakan langkah yang sangat berguna dan dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas penulisan apa pun.

    • Trik yang berguna adalah dengan menunggu satu atau dua hari sebelum membaca ulang esai Anda untuk pertama kalinya. Ini akan membantu otak Anda mengenali kesalahan-kesalahan karena otak tidak akan mengingat apa yang ingin Anda tuliskan dan mengisi bagian kosong tersebut.
    Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 11

    2. Tulis ulang esai Anda. Setelah membaca ulang, Anda akan hampir pasti menemukan hal-hal yang dapat Anda jelaskan dengan lebih baik atau kesalahan-kesalahan yang Anda buat. Periksa esai Anda, dan carilah kesalahan tata bahasa dan ejaan, masalah tenses, atau bahkan kalimat-kalimat yang benar namun terdengar aneh. Tulis ulang sebanyak atau sesedikit mungkin yang menurut Anda layak dan jangan takut untuk menulis ulang lagi.

    • Satu trik untuk memastikan bahwa teks Anda terdengar sempurna adalah dengan membacanya sendiri dengan lantang. Ini akan mempermudah penemuan masalah dan kalimat canggung. Usahakan untuk mengganti bagian yang canggung dengan teks yang mencerminkan cara Anda berbicara yang sebenarnya.
    Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 12
    3. Mintalah seseorang untuk menyunting esai Anda. Penyuntingan sangat penting. Anda dapat menjadi seorang penyunting ahli dengan pengetahuan fantastis mengenai tata bahasa dan ejaan dan masih membuat kesalahan. Jika Anda memberikan esai kepada seseorang yang memiliki kemampuan penyuntingan yang bagus, dia hanya dapat membantu Anda memperbaikinya dengan menangkap hal-hal yang mungkin tidak Anda sadari. Anda dapat memberikan esai Anda ke orang tua, guru, atau konselor pembimbing.
    Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 13
    4. Tunggulah sebelum mengirim esai. Meskipun sebaiknya tidak menunggu sampai menit terakhir, Anda seharusnya memberi sedikit waktu sebelum mengumpulkan esai tersebut. Ini akan memberi Anda waktu untuk berpikir lebih lanjut tentang jawaban itu dan bagaimana perasaan Anda tentang apa yang telah Anda tulis. Jika Anda masih menyukainya setelah menunggu sebentar, kumpulkanlah.

Metode 4 dari 4: Hal yang Harus Dihindari

Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 14

  1. Jangan menulis esai pada menit terakhir. Jangan menunggu sampai menit terakhir untuk menulis esai Anda. Itu akan membuat Anda terburu-buru dan menurunkan kualitas karya Anda. Itu juga akan mengambil waktu yang seharusnya dapat Anda gunakan untuk menyempurnakan dan menyunting esai Anda. Berapa lama waktu yang Anda butuhkan sungguh tergantung pada Anda sendiri, tetapi pastikan bahwa Anda menyediakan cukup waktu.

    • Pertimbangkan bahwa ini mungkin lebih sulit dari yang Anda perkirakan. Juga bisa terjadi bahwa Anda pada akhirnya lebih sibuk dari yang Anda perkirakan. Anda mungkin tidak memiliki waktu sebanyak yang Anda rencanakan, jadi pastikan untuk memberi diri Anda banyak waktu.
    Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 15
    2. Hindari menggunakan bahasa yang membosankan. Jangan terdengar klise dan jangan menggunakan semua kata deskripsi yang sudah terlalu sering digunakan. Anda sungguh perlu membuat esai Anda menonjol, jadi gunakan bahasa yang aktif, seru, dan memikat. Cara bagus untuk melakukan ini adalah dengan mengikuti saran di atas tentang membuat esai menjadi personal dan bersemangat.
    Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 16
    3. Jangan keluar dari topik. Pastikan semua yang Anda tulis terikat kembali dengan jelas ke pertanyaan yang ditanyakan dan pernyataan penyatu jawaban Anda. Anda tidak ingin seseorang sampai pada akhir esai Anda dan berkata, “Apa yang baru saja saya baca?” Malah sebenarnya, jika Anda keluar dari topik, mereka mungkin sama sekali tidak akan membacanya sampai selesai.
    Gambar berjudul Write an Application Essay for a Scholarship Step 17

    4. Jangan mengeluh. Jangan membuat esai Anda menjadi sejenis kisah sedih. Ini seharusnya bukan tentang seseorang memberi Anda uang karena Anda telah mengalami masa sulit. Setiap orang pernah mengalami masa sulit pada suatu waktu. Melainkan, Anda seharusnya membuat cerita Anda menjadi suatu kemenangan di hadapan kesulitan. Mereka akan ingin memberi Anda uang jika mereka melihat Anda sebagai seseorang yang dapat menentang kemalangan.

    • Memiliki kisah sedih dan kemudian menentang kemalangan dengan berusaha kuliah tidak benar-benar cukup, ngomong-ngomong. Mengalami masa sulit dan masih mendapat nilai bagus atau mampu bekerja sambil sekolah semasa SMA jauh lebih baik.
    5. Hindari membuat diri Anda tampak sempurna. Itu memberi kesan bahwa A) Anda memiliki pandangan yang sangat tidak realistis tentang diri dan kemampuan Anda atau B) Anda berbohong atau C) Anda tidak pernah harus mengatasi masalah dan akan tidak siap menangani stres di dunia perkuliahan atau di bidang apa pun yang Anda pelajari.

Tips

  • Cara bagus untuk menemukan beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dan terletak di bidang studi Anda adalah Federal Trade Commission atau di situs-situs yang mengkhususkan pada proses lamaran beasiswa dan memberi Anda informasi dan tips untuk memilih program yang tepat. Situs web Federal Trade Commission, misalnya, memiliki banyak sumber dan tautan untuk orang-orang yang mencari beasiswa, dan layanan mereka gratis.
  • Melamar beasiswa seharusnya tidak membuat Anda mengeluarkan uang. Waspadalah terhadap program beasiswa yang meminta uang dan periksalah untuk memastikan program tersebut legal.
  • Baca esai-esai lamaran lain untuk mendapatkan ide tentang apa yang sangat bagus dan apa yang tidak.

Sumber : id.wikihow.com

Komentar



error: Konten dilindungi!