Cara Meningkatkan IPK

d9ca3-2-ipk

IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) adalah salah satu hal yang sangat penting di perguruan tinggi sebagai ukuran kemajuan Anda di bidang akademik. IPK yang tinggi dapat berarti jaminan yang lebih baik untuk kesempatan kerja Anda dan juga gaji yang lebih tinggi, pekerjaan yang lebih baik, dan tentu saja hidup yang lebih baik. Namun jangan takut, IPK yang rendah masih bisa Anda perbaiki jika Anda mulai memperbaikinya dari sekarang.

Bagian 1 dari 3: Persiapkan Diri Anda untuk Sukses

Gambar berjudul Improve Your GPA Step 1

  1. Rapikan sekeliling Anda. Jika rak atau meja belajar Anda berantakan seperti kapal pecah, Anda tidak dapat berharap bahwa IPK Anda akan seperti sebaliknya. Tempat belajar yang rapi akan membantu Anda lebih mudah fokus untuk belajar, sehingga Anda mendapatkan nilai yang baik, dan meningkatkan IPK Anda, dan mampu mencapai puncak potensi Anda.

    • Beli buku jadwal dan perencanaan. Tuliskan semua tugas yang Anda miliki, jadwal tenggat, dan semua hal yang harus Anda kerjakan pada buku tersebut. Coret setiap tugas yang telah Anda selesaikan, dan perhatikan apa yang Anda butuhkan untuk keesokan harinya. Hal ini akan membuat Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang rencana minggu depan, karena Anda telah mencatatnya.
    • Gunakan map atau binder. Siapkan map/binder yang telah dipersiapkan untuk masing-masing silabus untuk setiap mata kuliah sehingga mudah untuk Anda gunakan nantinya. Anda juga bisa memasukkan tugas dan sumber bacaan di dalamnya sebagai bahan Anda belajar menjelang ujian.
    • Simpan alat tulis pada kantong atau tas, seperti spidol penanda (stabilo), tip ex, pulpen, pensil, penggaris, dan gunting. Semakin Anda membutuhkan sedikit waktu untuk menemukan alat-alat tulis Anda semakin baik.
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 2
    2. Ambil kelas yang tepat. Hadapi kenyataannya bahwa Anda bukanlah manusia super. Anda tidak dapat mengambil semua mata kuliah khusus yang ditawarkan bersamaan, 4 kelas bahasa sekaligus, beberapa kelas reguler, dan menjalani semuanya dengan sangat baik. Mungkin Anda ingin menjadi orang yang kompetitif, namun jangan sampai Anda menyiksa diri Anda sendiri. Ambillah kelas-kelas yang tepat dan mampu Anda jalani dengan baik. IPK Anda akan meningkat dengan baik jika Anda mampu mengambil kelas yang tepat dan memberikan potensi maksimal Anda dalam menjalaninya.

    • Jika Anda mengambil terlalu banyak kelas yang sulit, maka Anda akan kewalahan dalam menjalaninya. Jangan sampai rasa minder membuat Anda memaksakan diri untuk mengambil terlalu banyak kelas sulit. Setiap orang memerlukan sedikit waktu untuk bersantai, jadi, ambillah beberapa kelas yang lebih mudah juga. Dengan begitu, maka Anda dapat menyimpan energi untuk berkonsentrasi pada mata kuliah yang sulit.
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 3
    3. Ulang mata kuliah tertentu jika perlu. Beberapa universitas menawarkan pilihan untuk mengulang kelas-kelas tertentu. Jika Anda tidak puas dengan nilai yang Anda dapatkan dan Anda memiliki waktu luang untuk mengambil kelas pengulangan, Anda dapat mengambilnya untuk memperbaiki nilai Anda. Dengan begitu, nilai C, D, atau F dapat Anda bersihkan dan ganti dengan nilai yang lebih baik. Dan seharusnya akan lebih mudah bagi Anda untuk menjalani sebuah kelas untuk kedua kalinya.

    • Cari tahu tentang pilihan lain yang Anda miliki selain mengulang kelas. Apakah Anda dapat mengambil ujian-ujian tertentu? menyelesaikan proyek lain? Mengambil kelas yang berhubungan dengan mata kuliah lain? Kebanyakan institusi pendidikan menginginkan para mahasiswanya untuk sukses — tidak ada salahnya jika Anda bertanya mengenai informasi-informasi yang Anda butuhkan.
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 4
    4. Hadir di kelas. Kedengarannya sangat sederhana, namun sebenarnya banyak mahasiswa yang tidak menghadiri kelas. Hadirilah kelas meskipun Anda tidak menginginkannya, karena beberapa dosen memberikan nilai tersendiri untuk mahasiswa yang rajin hadir. Anda juga mungkin untuk melewatkan pertanyaan bonus yang akan menunjang nilai akhir Anda jika Anda tidak menghadiri kelas.

    • Jika Anda menghadiri kelas, duduklah di baris depan. Anda akan lebih fokus dan dosen akan mengenali Anda. Hal ini akan memudahkan Anda jika Anda ingin meminta bantuan atau mendiskusikan sesuatu dengan dosen tersebut nantinya (mungkin saja ia juga akan menaikkan nilai Anda dari B+ menjadi A-).
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 5
    5. Berpartisipasi dalam kelas. Bayangkan jika Anda adalah seorang dosen dan mengajar dalam kelas yang sangat sunyi, tidak ada mahasiswa yang berbicara, tidak ada mahasiswa yang terlihat tertarik, dan tidak ada yang peduli pada kelas Anda. Kira-kira, apa yang akan Anda rasakan? Sangat buruk. Sekarang bayangkan jika Anda memiliki mahasiswa yang memerhatikan kelas Anda, mendengarkan apa yang Anda ajarkan, dan berpartisipasi di dalam kelas — meskipun mereka masih belum sepenuhnya benar dalam memahami maksud Anda. Akan lebih baik bukan? Dosen Anda tidak mewajibkan Anda untuk benar — tetapi mereka peduli jika Anda peduli terhadap apa yang diajarkannya.

    • Tunjukkan bahwa Anda memerhatikan kelasnya dengan aktif berpartisipasi dalam kelasnya. Mengapa? Karena Anda akan menjadi mahasiswa yang disukai oleh dosen meskipun mungkin Anda bukanlah mahasiswa terbaik di kelas tersebut. Dan juga, aktif berpartisipasi membuat materi yang diajarkan benar-benar Anda terima, sehingga Anda tidak mudah untuk lupa nantinya.

Bagian 2 dari 3: Belajar dengan Cara yang Pintar

Gambar berjudul Improve Your GPA Step 6

  1. Temukan cara belajar yang Anda sukai. Sama seperti ketika cara diet yang sama memberikan hasil yang berbeda pada mereka, cara belajar yang sama tidak berarti hasil yang sama untuk dua orang yang berbeda juga. Anda harus mencari cara belajar yang cocok untuk Anda. Mungkin saja dengan merekam kuliah dosen di kelas dan mengulangnya untuk belajar? Atau mungkin dengan membuat catatan yang dihiasi dengan menarik? Atau dengan mengetik materi yang Anda catat ke dalam bentuk elektronik? Atau belajar bersama teman-teman Anda? Semua orang berbeda — carilah cara yang paling cocok dengan Anda.

    • Bagaimana cara Anda mempelajari dan mengingat sesuatu? Mungkin Anda tahu cara Anda mengingat hal-hal dengan cepat. Apakah dengan mendengar? Melihat? Menggunakan tangan Anda? Carilah teman dan jelaskan tentang yang Anda pelajari kepadanya. Buat hafalan sendiri dan gambar untuk membantu Anda mengingat. Apa pun yang membantu Anda mengingat akan bermanfaat.
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 7
    2. Lakukan tinjauan mingguan. Mulailah meninjau sekali seminggu untuk semua materi yang Anda pelajari dalam seminggu. Duduklah di meja belajar Anda yang rapi dan bersih, keluarkan semua map dan binder berisi materi yang telah Anda pelajari, dan tinjau semua yang telah diajarkan di dalam kelas selama seminggu. Fokuslah dan berikan waktu ekstra untuk meninjau bagian-bagian yang tidak Anda ingat dan tandai bagian-bagian yang telah Anda ingat. Cara ini akan sangat efektif untuk meningkatkan IPK Anda.

    • Setelah Anda selesai meninjau, lihatlah silabus pelajaran Anda. Apa yang akan Anda pelajari minggu depan? Apakah ada ujian/deadline proyek pada minggu tersebut? Jika ada yang perlu Anda tulis pada binder penjadwalan Anda, tulislah sekarang.
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 8
    3. Beristirahat di sela-sela waktu belajar Anda. Menurut penelitian otak dan pikiran Anda akan jenuh dan tidak akan memproses informasi dengan optimal jika Anda tidak beristirahat. Idealnya, Anda disarankan belajar 50 menit dan beristirahat 10 menit. Dengan begitu, otak Anda dapat beristirahat, dan juga memberikan waktu bagi otak Anda untuk memproses informasi yang telah Anda pelajari.

    • Matikan telepon genggam Anda ketika Anda belajar. Nyalakan kembali ketika Anda beristirahat dan lakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Masa istirahat adalah satu-satunya masa dimana Anda seharusnya melakukan hal-hal lain selain belajar, dan ketika Anda kembali ke masa belajar, fokuslah pada pelajaran Anda lagi.
    • Bagi proyek Anda menjadi beberapa bagian, dimana setiap bagian kurang lebih dapat dipelajari untuk kurang lebih satu jam. Dengan begini, Anda akan tahu kapan untuk berhenti belajar dan beristirahat, menarik nafas lega, mengambil makanan, dan bersiap-siaplah sebelum Anda melanjutkan proses belajar lagi.
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 9
    4. Ajak teman-teman Anda yang pintar dan fokus dan bentuklah kelompok belajar. Riset membuktikan bahwa belajar dalam kelompok sangatlah efektif — asalkan kelompok terdiri dari kurang lebih empat orang dan serius untuk belajar. Mengapa? Karena dengan terus membahas tentang pelajaran, akan membuat Anda “terpaksa” mendengarkan, memikirkan, dan membicarakan tentangnya secara tidak langsung. Semua kegiatan ini secara bersamaan akan membuat suatu konsep tertanam lebih dalam di otak Anda.

    • Tentukan ketua kelompok untuk mengatur semua anggota. Bawa sedikit cemilan dan siapkan beberapa pertanyaan mengenai materi yang tidak Anda mengerti. Bahas semua materi yang bersangkutan dengan kelas Anda dan selesaikan masalah yang membingungkan kelompok Anda. Pastikan juga kalian memanfaatkan kelebihan masing-masing dengan baik.
    • Jangan malah bermain. Kelompok belajar tidak akan bermanfaat jika kalian hanya berkumpul, bermain, dan bergosip tentang teman-teman kalian sambil sibuk mengunyah cemilan. Itulah mengapa peran seorang ketua kelompok sangatlah berpengaruh dalam hal ini — terkadang kita membutuhkan seseorang untuk membawa kita kembali ke tujuan awal yang direncanakan, yaitu belajar.
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 10
    5. Jangan menerapkan SKS (Sistem Kebut Semalam). Banyak siswa yang meremehkan ujian dan memilih untuk belajar mati-matian pada malam sebelumnya. Studi menyatakan bahwa mahasiswa-mahasiswa yang menerapkan cara ini dan tidak tidur dengan cukup mendapatkan hasil ujian yang kurang baik dibandingkan mahasiswa yang belajar lebih sedikit namun tidurnya lebih cukup. Ini dikarenakan otak kita membutuhkan waktu untuk beristirahat agar dapat berfungsi dengan baik — jika Anda tidak tidur sama sekali, kerja keras belajar semalaman yang telah Anda lakukan tidak akan memberikan hasil yang sesuai.

    • Jika akan ada ujian dalam waktu dekat dan Anda tidak siap, yang dapat Anda lakukan adalah dengan belajar sedikit pada malam sebelumnya, lalu bangun sedikit awal di pagi hari, belajar sedikit lagi, makan sarapan tinggi protein, dan berikan usaha terbaik Anda. Pada saat ujian, kunyahlah permen karet untuk membantu Anda fokus — menurut penelitian, hal tersebut dapat membantu performa akademik Anda.
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 11
    6. Temukan tempat belajar yang Anda sukai. Belajar di tempat yang berisik tidak akan membantu Anda memperbaiki IPK Anda. Anda membutuhkan tempat yang tenang dan Anda nikmati untuk belajar selama berjam-jam tanpa terus-terusan mengecek jam dan berharap Anda telah belajar cukup lama.

    • Temukan beberapa tempat berbeda yang Anda sukai untuk belajar. Menurut studi, belajar di beberapa tempat yang berbeda akan memperkuat ingatan Anda mengenai informasi-informasi yang Anda dapatkan. Diyakini bahwa di lingkungan yang baru, otak akan mendapatkan stimulasi yang lebih banyak — beserta informasi yang masuk bersamaan dengannya.

Bagian 3 dari 3: Mengatur Waktu

Gambar berjudul Improve Your GPA Step 12

  1. Berikan usaha ekstra. Hampir semua dosen akan memberikan nilai pada usaha lebih yang Anda berikan, meskipun tidak semua dosen menyatakannya secara langsung di depan kelas. Jika Anda ingin meningkatkan nilai Anda, bicarakan hal ini secara pribadi. Tanyakan apakah Anda bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan ekstra untuk mendapatkan nilai lebih. Mungkin mereka akan merasa kagum karena melihat Anda ingin berusaha keras — karena kebanyakan mahasiswa “berusaha keras” untuk bekerja lebih sedikit.
    • Jika sejak awal Anda adalah seorang mahasiswa yang baik dan rajin, hal ini akan membuat Anda mendapatkan nilai “lebih” dari 100%. Artinya adalah lakukan hal ini pada kelas-kelas yang menurut Anda paling sulit dibandingkan kelas-kelas lainnya. Sebenarnya cara ini menguntungkan bagi Anda yang memang pintar maupun tidak.
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 13
    2. Berhenti melakukan hobi tertentu. Terkadang, untuk mendapatkan IPK yang memuaskan, Anda harus mengorbankan beberapa aktivitas yang Anda sukai. Jika Anda memiliki jadwal kuliah yang sangat sibuk, Anda harus merelakan beberapa aktivitas yang Anda sukai seperti bermain musik, bermain basket, bermain permainan daring, menonton drama korea, atau apa pun itu. Jangan terlalu menyibukkan diri Anda sehingga Anda kewalahan sendiri. Prioritaskan apa yang menurut Anda paling penting, dimana pada kasus ini, IPK adalah target Anda. Jadi, hal apa yang bisa Anda relakan dengan mudah? Gunakan waktunya untuk belajar.

    • Dengan kata lain, sediakan waktu untuk Anda belajar. Apakah salah satu aktivitas rutin Anda adalah tidur siang? mungkin Anda harus mengurangi waktu tidur siang Anda atau berhenti melakukannya sama sekali. Intinya adalah bahwa Anda memerlukan waktu untuk belajar dengan baik, jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup, maka aturlah dengan lebih baik lagi hingga Anda memiliki waktu untuk belajar!
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 14
    3. Diskusikan dengan dosen Anda. Dosen juga manusia, siapa tahu jika Anda ingin bekerja keras dan mendapat nilai baik, maka mereka akan membantu Anda (ketika mahasiswa berprestasi, dosen juga terkesan sukses dalam mendidik). Jangan malu dan diskusikan dengan mereka. Tanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapat nilai tinggi. Mungkin mereka dapat membantu Anda.

    • Beberapa institusi pendidikan memiliki sistem “pengampunan”, dimana Anda dibiarkan untuk mengulang sebuah kelas atau memberikan nilai terendah sebagai standar nilai dalam sebuah kelas meskipun mahasiswa benar-benar tidak pintar. Tanyakan pada dosen Anda mengenai hal ini.
    • Terkadang mahasiswa dibantu dengan diberikan nilai yang lebih baik. Jika dosen mengenal dan menyukai Anda, Anda mungkin akan dibantu dalam proses penilaian– misalkan nilai Anda 79 dan seharusnya Anda mendapatkan D, mungkin dosen tersebut akan menaikkannya menjadi C-. Jika tidak, bicaralah langsung pada dosen tersebut untuk meminta kemurahan hati mereka.
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 15
    4. Gunakan jam diskusi dosen Anda. Menciptakan hubungan baik dengan dosen Anda, sebagaimana telah disebutkan di atas, adalah hal yang penting untuk meningkatkan IPK Anda setinggi mungkin. Kebanyakan dosen memiliki jam diskusi, gunakanlah. Bukan hanya untuk meminta nilai lebih atau “menjilat” mereka, namun juga bahas tentang masalah seputar materi perkuliahan terkait. Tanyakan pertanyaan yang tidak Anda mengerti, dan tanyakan tentang konsep yang ingin Anda ketahui lebih lanjut. Teman adalah hal yang baik, namun dosen adalah sumber Anda yang sangat berharga!

    • Dosen juga memiliki koneksi. Jika Anda menunjukkan potensi Anda yang baik dalam bidang akademik, mungkin saja mereka akan merekomendasikan Anda pada kelas lain, atau menghubungkan Anda pada penasehat dari institusi yang lain (untuk merekomendasikan hal-hal seputar beasiswa dan sebagainya,) atau merekomendasikan Anda untuk melakukan sesuatu yang bahkan tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya! Ada banyak alasan baik mengapa Anda harus menjalin hubungan yang baik dengan dosen Anda.
    Gambar berjudul Improve Your GPA Step 16
    5. Cari tutor. Meskipun Anda sudah rapi dan belajar dengan tekun, terkadang terdapat materi yang sulit dan susah dimengerti. Anda harus mengakui bahwa Anda membutuhkan seorang tutor untuk menuntun Anda. Jika Anda tidak tahu di mana mencari seorang tutor, tanyakan pada dosen atau pembimbing Anda. Kebanyakan institusi pendidikan memiliki program pendampiangan untuk membantu para mahasiswa yang membutuhkan dan memberikan beasiswa/penghargaan bagi mereka yang bersedia menjadi tutor. Hal ini menguntungkan kedua belah pihak.

    • Jangan malu untuk meminta bantuan tutor. Bahkan mahasiswa yang sangat pintar sekalipun meminta bantuan tutor agar mereka bisa lebih pintar lagi. Jika Anda malu untuk meminta bantuan tutor dan bersikeras untuk belajar sendiri, maka Anda hanya akan tertinggal jauh oleh mahasiswa pintar yang meminta bantuan tutor.
    • Beberapa institusi pendidikan menawarkan tutor gratis. Namun jika tidak, dan Anda tidak mampu untuk membayar biaya tutor, maka Anda dapat belajar bersama teman, senior, atau pun tetangga Anda. Belajar bersama sering kali lebih baik dibandingkan belajar sendirian.

Tips

  • Selalu bertanya jika Anda bingung.
  • Selalu berpartisipasi dengan aktif di dalam kelas.
  • Beristirahatlah selama 5 menit untuk setiap 30 menit belajar, ini akan membantu proses penyerapan informasi di otak Anda

Sumber : id.wikihow.com

Komentar



error: Konten dilindungi!