Cara Memperoleh Motivasi untuk Belajar

motivasi-diri-2014

Pernahkah Anda duduk dan menatap buku pada halaman yang sama hingga jatuh tertidur? Anda tahu harus mulai belajar, tapi rasanya enggan? Mudah-mudahan beberapa ide berikut dapat membantu Anda termotivasi.

Bagian 1 dari 5: Menyiapkan Ruang Belajar

Gambar berjudul Get Motivated to Study Step 1

  1. Carilah tempat yang sepi dengan sedikit gangguan. Hal ini bisa berupa perpustakaan, kafe, ruangan di rumah Anda, atau manapun yang bebas dari suara berlebihan dan gangguan. Hindari tempat di mana Anda kemungkinan akan bertemu teman.
    Gambar berjudul Get Motivated to Study Step 2
    2. Persiapkan peralatan. Pastikan Anda sudah membawa semua pena, pensil, kertas, stabilo dan post-it yang dibutuhkan. Anda tidak ingin mengganggu waktu belajar untuk mencari-carinya.
    Gambar berjudul Get Motivated to Study Step 3
    3. Siapkan air minum dan cemilan dekat Anda. Orang lebih produktif saat kebutuhan cairan mereka tercukupi dan konstan meminum air dapat menghilangkan haus. Cemilan kecil seperti kacang, granola bar atau buah-buahan dapat membuat Anda tetap berenergi.

    • Hindari makanan cepat saji dan roti-rotian. Termasuk di dalamnya, pizza, hamburger, nachos, donat, muffin, croissant dan lain sebagainya. Jenis makanan ini memberi energi dengan cepat, namun juga lekas berubah jadi kantuk.

Bagian 2 dari 5: Buang Gangguan

Gambar berjudul Get Motivated to Study Step 4

  1. Gunakan baju yang nyaman. Hal-hal kecil seperti harus selalu menarik ke atas celana Anda dapat mengganggu konsentrasi. Gunakan baju yang biasa Anda gunakan, yang pas dan tidak terlalu ketat.

    • Jika rambut Anda panjang, ikat ke belakang supaya tidak jatuh ke depan mata Anda.
    Gambar berjudul Get Motivated to Study Step 5
    2. Taruh telepon genggam dalam kondisi diam. Anda tidak perlu menerima telepon dari teman atau keluarga saat tengah belajar. Beritahukan pada mereka bahwa Anda butuh waktu untuk belajar, jika Anda pikir mereka akan khawatir. Lebih baik, taruh telepon dalam kondisi diam dan taruhlah di tempat di luar jangkauan pandangan supaya Anda tidak tergoda untuk menengok.
    Gambar berjudul Get Motivated to Study Step 6
    3. Jika bisa, matikan komputer. Kecuali Anda benar-benar membutuhkannya untuk belajar, matikan komputer. Sama halnya, jauhkan diri Anda dari komputer umum. Komputer adalah sarang gangguan. Sangat mudah untuk mengatakan pada diri sendiri, “saya hanya akan mengecek email” atau “saya cuman mau melihat gosip artis sebentar”, dan sebelum Anda menyadarinya, Anda sudah menghabiskan satu jam.

    • Jika Anda harus menggunakan komputer sebagai sarana penelitian, cobalah cetak informasi yang ada supaya Anda tidak tergoda untuk membuka halaman internet lain atau mengecek status facebook Anda. Jika Anda sangat tergoda untuk menengok situs sosial, cobalah keluar dari akun Anda sejenak.
    • Jika Anda membutuhkan komputer hanya untuk menulis, pertimbangkan untuk memutus akses internetnya.

Bagian 3 dari 5: Membuat Tujuan Belajar

Gambar berjudul Get Motivated to Study Step 7

  1. Pasang target konkret untuk sesi belajar Anda. Coba berpikir akan tujuan yang spesifik yang bisa diraih ketimbang secara samar. Ketimbang mengatakan pada diri sendiri, “saya harus mendapatkan nilai bagus pada pelajaran matematika,” cobalah memikirkan tujuan yang lebih spesifik seperti, “Saya ingin menguasai persamaan kuadrat.” Mencapai tujuan ini akan membuat Anda merasa berhasil pada akhir pelajaran Anda.
    Gambar berjudul Get Motivated to Study Step 8
    2. Hadiahi diri sendiri saat mencapai target. Pikirkan cara sederhana untuk memberi penghargaan pada diri sendiri saat Anda mencapai tujuan. Jika Anda berada di tengah sesi belajar, Anda bisa berjalan-jalan, makan cemilan, atau mendengarkan lagu kesukaan. Jika Anda telah selesai belajar, cobalah untuk bersenang-senang dengan main permainan, mengobrol dengan teman atau menonton video.

    • Jika Anda memutuskan akan menghadiahi diri sendiri dengan istirahat singkat dari belajar, ingat bahwa Anda tetap harus kembali bekerja. Beri waktu untuk istirahat dan jangan dengarkan suara di kepala Anda yang mengatakan, “beberapa menit lagi.”
    Gambar berjudul Get Motivated to Study Step 9
    3. Pikirkan apa yang akan Anda capai saat belajar. Untuk menjaga perilaku positif, cobalah membayangkan hal-hal baik yang akan terjadi jika Anda belajar. Bayangkan mendapat nilai bagus pada tes, dipuji guru, diterima di universitas yang bagus. Meskipun belajar terkadang membosankan dan sulit untuk membayangkan hasilnya, memikirkan hasil yang akan dicapai dapat membuat Anda termotivasi.

Bagian 4 dari 5: Menyiapkan Diri Sendiri

Gambar berjudul Get Motivated to Study Step 10

  1. Buat jadwal belajar. Siapkan waktu untuk belajar setiap hari ketimbang mengatakan pada diri sendiri, “Saya akan belajar minggu ini.” Merencanakannya dari awal akan membuatnya lebih mudah untuk berpegangan pada resolusi Anda.
    Gambar berjudul Get Motivated to Study Step 11
    2. Jangan menunda-nunda. Jangan tunggu sampai detik terakhir untuk belajar ujian yang besar atau membaca bab 90 halaman. Jika tugas diberikan hari Senin dan harus dikumpulkan Jumat, mulailah hari Senin dan selesaikan awal minggu supaya Anda tidak perlu khawatir pada detik-detik terakhir.

Bagian 5 dari 5: Memulainya

Gambar berjudul Get Motivated to Study Step 12

  1. Memulai terkadang adalah bagian yang paling sulit. Jika jadwal belajar Anda tampak menakutkan, pasanglah target yang lebih kecil. Pertimbangkan membaca setengah bab hari ini dan setengahnya lagi besok. Kerjakan satu atau dua soal di buku belajar Anda. Ingat bahwa tetap lebih baik mengerjakan sedikit hari ini daripada tidak mengerjakan apapun.

Tips

  • Jangan menggunakan telepon genggam saat belajar. Matikan dan simpan selagi belajar! Banyak orang terganggu oleh telepon mereka. Taruhlah di lemari atau berikan pada orangtua anda dan beritahu mereka kapan Anda menginginkannya kembali.
  • Berpegang teguhlah! Berkorbanlah hari ini untuk mendapatkan masa depan!
  • Lihatlah pada penghargaan dari belajar! Jika Anda ingin menjadi dokter, guru, seniman dsb Anda harus belajar untuk mendapatkan nilai yang baik dan pekerjaan yang Anda inginkan.
  • Merapikan diri! Rapikan meja atau tempat kerja Anda, buang kertas-kertas yang tidak perlu di tas Anda dan simpanlah kertas-kertas Anda di map-map dengan warna berbeda. Jika Anda rapi, Anda tidak akan lupa tugas dan bekerja menjadi kurang menyakitkan.
  • Jika Anda suka berkhayal, coba berhenti membayangkan segalanya kecuali untuk belajar. Kesampingkan semuanya dan mulailah. Juga pikirkan semua risiko jika Anda terlambat menyiapkan diri untuk ujian. Semakin cepat semakin baik
  • Pastikan untuk mencatat dengan baik selama kelas dan simpanlah di map atau folder dengan baik. Anda harus menggunakannya saat harus belajar. Jika Anda terlewat beberapa hal yang dijelaskan guru terlewat, tulislah dengan cepat menggunakan pensil sambil mendengarkan. Anda bisa selalu menghapus, dan merapikannya dengan pena.
  • Jika Anda butuh bantuan, jangan takut untuk meminta guru! Guru dibayar untuk menjawab pertanyaan Anda. Jika Anda menanyakan pertanyaan, hal ini akan membantu diri Anda sendiri jangka panjang karena guru Anda jadi tahu bahwa Anda termotivasi dan dapat mengikuti kelas. Jangan pikirkan apa yang mungkin dipikirkan teman-teman Anda. Lebih baik mengetahui apa yang harus Anda pelajari daripada berpura-pura mengerti.
  • Tidur yang cukup di malam hari dapat menjaga fakta-fakta yang Anda pelajari. Hal ini karena otak Ana mempertegas apa yang telah Anda pelajari selagi tidur. Setidaknya, tidurlah 8 jam untuk menjaga ilmu yang sudah dipelajari.
  • Katakan pada diri sendiri setelah Anda meraih target khusus bahwa Andabisa bersenang-senang. Juga, miliki keinginan yang kuat dan tidak mudah diganggu. Jika ada suara yang mengganggu, gunakan penyumbat telinga dan palingkan muka Anda dari orang tersebut.
  • Pikirkan tentang teman-teman Anda yang pandai. Cobalah menjadi seperti mereka, belajar seperti mereka dan ikuti mereka dalam cara bekerja. Tapi jangan bertindak keterlaluan!
  • Jika Anda benar-benar terganggu, lihatlah ke arah tembok selagi belajar.
  • Jika Anda ingin mendapatkan beasiswa olahraga, Anda tidak hanya butuh bakat tapi nilai pun harus bagus. Bagus jika Anda sudah bekerja keras dalam berolahraga, namun ingat, untuk beasiswa, Anda harus tetap mendapatkan nilai akhir yang tinggi.
  • Terkadang belajar dengan teman dapat menghindarkan kebosanan. Jika orang ini terdapat di kelas yang sama, mungkin akan lebih berguna karena kalian bisa saling membantu. Namun jangan justru mengobrol, ingat, Anda seharusnya belajar!
  • Beberapa orang menganggap mendengarkan musik dapat membantu belajar.
  • Pertimbangkan ikut les tambahan. Mengikuti les tambahan dapat membantu di mata pelajaran yang tidak Anda sukai. Jika ikut les terlalu mahal, Anda selalu bisa meminta anggota keluarga lain yang memiliki pengetahuan yang bagus di mata pelajaran tertentu itu untuk membantu Anda.

Peringatan

  • Jangan mencoba memikirkan hal-hal yang lebih senang Anda kerjakan. Ini mudah membuat patah semangat.
  • Jangan mempelajari semua sekaligus tanpa jeda. Tergantung jadwal, pertimbangkan memberikan diri sendiri 10-15 menit istirahat setiap jamnya.
  • Jika Anda benar-benar menyukai musik, jangan dengarkan sambil belajar karena Anda justru akan fokus ke musik dan lagu, dan tidak pada pelajaran.

Sumber : id.wikihow.com

Komentar



error: Konten dilindungi!