4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Melanjutkan S2

spiritriau_Beasiswa-Kuliah-untuk-Mahasiswa-Indonesia-

Setelah mendapatkan gelar sarjana atau S1, biasanya kebanyakan orang memilih untuk langsung bekerja. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti keinginan untuk cepat menghasilkan uang dan mencari pengalaman sebanyak mungkin. Namun, ada juga sebagian orang yang memilih untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni S2. Ada yang memilih langsung untuk melanjutkan S2 setelah mereka lulus, dan ada yang mengambil S2 ketika mereka sudah mendapatkan pengalaman kerja beberapa tahun. Yang manapun itu, ada beberapa hal yang wajib menjadi pertimbangan Anda sebelum melanjutkan S2. Berikut 4 hal yang menjadi bahan pertimbangan penting tersebut.

4 Pertimbangan Sebelum Melanjutkan S2

1. Jurusan

Memilih jurusanFaktor ini merupakan faktor yang sangat penting untuk Anda perhatikan sebelum mengambil program  S2. Pada saat memasuki dunia kerja, tidak sedikit orang yang melakoni bidang pekerjaan yang berbeda dengan latar belakang pendidikan masing-masing. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memikirkan secara matang bahwa jurusan yang akan Anda ambil dapat diterapkan nantinya di dunia kerja. Lebih bagus lagi jika Anda mengambil bidang yang tetap berhubungan dengan jurusan kuliah sebelumnya, namun dalam skala yang lebih spesifik.

2. Tujuan

tujuan spesifikPastikan ketika Anda memutuskan untuk mengambil S2, maka ada tujuan yang jelas di baliknya. Tidak sedikit orang yang mengambil program S2 hanya karena ikut-ikutan atau menjadi pelarian dari dunia kerja yang membebani. Pasalnya, jika tidak mempunyai tujuan yang jelas, Anda hanya akan membuang cukup banyak waktu dan biaya. Biasanya orang yang melanjutkan S2 dikarenakan ingin menambah kemampuan dan keahliannya, agar mampu naik ke jenjang karir yang lebih tinggi.

3. Finansial

keuangan-saat-ramadhan-e1432527099539Selain mempersiapkan diri secara fisik dan mental, Anda juga harus siap secara finansial. Melanjutkan program S2 tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai persiapkan dana untuk program studi S2 dari sekarang, agar Anda tidak kewalahan ketika mendekati hari H. Alternatif lain bagi Anda yang merasa keberatan untuk membiayai S2 sendiri, maka program beasiswa dapat sangat membantu. Sudah banyak program beasiswa S2 saat ini yang memberikan bayaran penuh untuk studi di dalam maupun luar negeri.

4. Waktu

timeMempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum masuk program S2 juga membutuhkan waktu khusus dari Anda. Mulai dari sesi pendaftaran hingga ujian seleksi masuk wajib Anda lakukan sebelumnya. Khusus bagi Anda yang sedang bekerja, maka harus bisa menyiasati waktu di sela-sela kesibukan Anda agar pekerjaan juga tidak terbengkalai.

Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, seperti S2, merupakan hal yang dapat membawa manfaat positif bagi jalan karir Anda. Pastikan Anda telah melakukan pertimbangan dan persiapan yang matang sebelumnya, agar dapat menjalakannya lebih tearah dan fokus. Semoga bermanfaat.

Sumber : job-like.com

Komentar



error: Konten dilindungi!