4 Fakta Mahasiswa Teknologi Pendidikan UM

um1

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu PTN yang bergengsi terutama di bidang kependidikan. Salah satu program studi yang ada di UM yaitu jurusan Teknologi Pendidikan. Jurusan yang berada dalam naungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) ini ternyata memiliki beberapa fakta-fakta unik dan menarik terkait kehidupan para mahasiswanya. Berikut ini ulasan beberapa fakta menarik tersebut

1. Kekompokan dan kekeluargaan mahasiswa yang sangat kuat

 Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa mahasiswa TEP UM memiliki tingkat kekompakan yang tinggi. Hal ini beberapa kali terbukti saat ada even-even yang diselenggarakan di kampus. Disitu dapat terlihat bahwa TEP bisa berada dalam satu pemikiran yang sama. Contoh nyatanya dalam acara turnamen olah raga Dekan Cup yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas disitu TEP terlihat kompak sehingga menjadi supporter yang terbaik. Ini menunjukkan kekompakan mahasiswa TEP. Selain itu jalinan kekeluargaan antara mahasiswa TEP UM terbilang sangat erat. Hal ini terbukti salah satunya dengan tradisi saling bantu membantu dan saling support antar mahasiswa. Hal ini sering terjadi tidak hanya offering atau angkatan, akan tetapi sangat sering terjadi lintas angkatan juga.

2. Ciri khas yang unik di tiap-tiap offering

Jurusan TEP UM memiliki dua offering di tiap angkatan. Dan di tiap offering tersebut memiliki ciri khas atau keunikan masing-masing. Buktinya untuk TEP 2012 offering A memiliki ciri khas mahasiswa yang cenderung pendiam akan tetapi humoris, kretif dan cerdas. Untuk TEP 2012 offering B berciri khas mahasiswa yang cerewet, sering clometan, humoris dan lebih cenderung sosialis. Sedangkan untuk angkatan 2013 dan 2014 juga memiliki ciri khusus masing-masing.

3. Lebih dari 70% adalah mahasiswa cowok

Dari jumlah keseluruhan mahasiswa TEP UM dapat dijumpai jumlah mahasiswa cowok lebih banyak dibanding mahasiswa cewek. Ini terbukti di angkatan 2012 saja dapat kita ketahui jumlah mahasiswa cewek hanya berkisar 25 orang dari sekitar 90 jumlah total mahasiswa. Begitu juga untuk angkatan 2013 dan 2014 dapat kita jumpai perbandingan jumlah yang mencolok. Dari sinililah kadang yang suka memberi julukan bahwa TEP adalah jurusan “Tekniknya Pendidikan”. Ada juga yang menyamakan jurusan TEP dengan sekolah STM (Sekolah Teknik Menengah) yang mayoritas memiliki siswa cowok semua.

4. Tidak ada senioritas di jurusan TEP

 Mahasiswa TEP UM tidak mengenal istilah senioritas. Mereka memandang bahwa mereka memiliki kesetaraan yaitu sebagai mahasiswa TEP. Dengan demikian mereka sangat akrap bergaul lintas angkatan. Misalnya saja sering diadakannya acara gathering baik secara formal maupun non formal untuk semua mahasiswa. Bahkan dari alumni-alumni dari berbagai angkatan pun selalu saja ada yang ikut bergabung menandakan di TEP hanya ada suatu kesatuan dan kekeluargaan yang erat. Tanpa ada senioritas. Fakta-fakta menarik tentang mahasiswa jurusan TEP UM ini menambah keunikan tersendiri bagi fakultas dan kampus Universitas Negeri Malang tercinta ini. Karena semakin unik semakin asyik.

 

Sumber: fip.um.ac.id

Komentar



error: Konten dilindungi!