Jika Kamu Menggunakan 10 Password ini, Siap-Siap Aja untuk Kena Hack!

password-yang-mudah-dihack

Sekarang ini siapa sih yang tidak memiliki akun di Internet. Dari email, media sosial hingga aplikasichatting, semua akun di Internet harus dilindungi password. Namun, ternyata masih banyak yang membekali akunnya denganpassword yang mudah diretas.

Jika kamu juga masih menggunakan password yang simpel dan seadanya, siap-siap saja kena hack. Apalagi jika ternyata kamu menggunakan password terlemah dan paling mudah di-hack yang kami bagikan berikut.

Password Lemah itu Gampang Di-hack

Berdasarkan kasus peretasan pada layanan Yahoo beberapa waktu silam, para peneliti langsung mencari tahu apa sebabnya. Ternyata sebagian besar akun yang diretas memiliki keamanan, yaitu menggunakan password simpel yang mudah diretas.

10 Password di Internet yang Paling Mudah Di-hack

Dikutip dari Mirror, peneliti dari Lancaster University, Peking, dan Fujian Normal University di China mengatakan bahwa masih banyak pengguna yang tidak menyadari ancaman besar terhadap akunnya. Terbukti dengan bantuan sebuah algoritma, para peneliti ini mengembangkan alat yang bisa mengoreksi dan membobol password pengguna hanya dalam 100 kali penebakan. Itu pun adalah password yang paling sulit.

password-yang-paling-mudah-ditebak (1)

Bahkan dari hasil penelitian tersebut, didapatkan password apa saja yang paling mudah di-hack. Ada 10 password yang paling mudah ditebak oleh hacker, yaitu:

  1. 123456
  2. password
  3. welcome
  4. ninja
  5. abc123
  6. 123456789
  7. 12345678
  8. sunshine
  9. princess
  10. qwerty

Tips Membuat Password yang Kuat

Jika kamu menggunakan salah satu dari 10 password di atas, segera ganti! Untuk membuat password yang kuat, kamu bisa gunakan tips berikut:

password-yang-paling-mudah-ditebak (2)

  • Gunakan password yang relevan dengan akun tertentu, tapi pastikan untuk menggunakan karakter khusus. Misalnya untuk password Twitter, kamu bisa gunakan password BurUn6b1ru$4ya.
  • Pastikan password-mu adalah hal yang mudah terlihat olehmu. Jadi jika lupa, kamu akan mudah diingatkan saat melihat benda tersebut.
  • Buat password lebih dari 10 karakter dengan kombinasi huruf kapital, angka, dan karakter unik.
  • Semakin personal, semakin baik. Asal jangan informasi yang banyak kamu bagikan di media sosial. Untuk akun Facebook, misalnya kamu bisa gunakan password T3m4nf4vorit4rd1.
Intinya, buat password yang tidak mudah ditebak oleh hacker agar akun media sosial atau aplikasi chatting-mu tetap aman ya!

Sumber : jalantikus.com

Komentar



error: Konten dilindungi!