Cara memblokir situs website tertentu dari komputer dan browser Anda

blokir-website

Cara memblokir situs website tertentu dari komputer dan browser Anda akan kami bahas pada tulisan kali ini. Kita semua tentu sudah tahu bahwa tidak semua situs yang ada di Internet menyajikan konten yang baik dan berguna, terdapat banyak sekali konten-konten negatif yang tidak layak untuk dilihat dan dikunjungi, terutama oleh anak-anak yang masih dibawah umur, dimana jika mereka akses maka kemungkinan bisa berdampak buruk bagi kehidupannya.

Anak yang masih dibawah umur tentu harus kita lindungi dan jaga aktivitas berselancarnya di dunia maya, karena mereka masih sangat rentan dan suka sekali mencontoh apa yang mereka lihat dan saksikan dalam hidupnya, belum terlalu mengerti mana yang baik dan tidak baik.

Salah satu cara terbaik untuk itu adalah dengan memblokir situs-situs tertentu yang kita anggap tidak baik untuk dikunjungi. Memblokir situs tentu bukan hanya untuk membatasi akses ke situs-situs dewasa, namun juga untuk situs-situs berbahaya lainnya yang bisa menyebarkan virus ataupun mencuri data-data pribadi Anda.

Untuk Anda yang ingin memblokir sebuah situs dari komputer dan browser Anda, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti dengan sangat mudah. Cara ini bukan sekedar untuk melindungi anak, namun juga bisa diterapkan pada orang dewasa yang juga terkena dampak buruk apabila mengakses situs tertentu.

Cara Memblokir sebuah website dari komputer

Jika Anda ingin memblokir sebuah situs dari komputer Anda, maka Anda perlu melakukan pengaturan di komputer tersebut. Dengan cara ini situs tidak akan bisa dibuka walaupun menggunakan browser apapun, bahkan jika menggunakan proxy sekalipun.

1. Dari komputer Anda, buka Windows Explorer dan bukalah drive dimana lokasi Windows Anda terinstal, biasanya di drive C, maka buka folder etc yang berlokasi di C:\Windows\System32\drivers\etc.

2. Jika sudah berada di folder etc, maka cari file dengan nama host (tanpa ekstensi), lalu buka file tersebut dengan menggunakan aplikasi Notepad.

3. Setelah terbuka, maka Anda akan melihat isi dari file host tersebut, jangan ubah apapun pada file tersebut, namun cukup tambahkan daftar situs yang ingin Anda blokir pada bagian akhir file tersebut, tepatnya dibawah 127.0.0.1 localhost.

blokir website host

4. Cara menambahkannya adalah dengan menuliskan 127.0.0.1 [spasi] [URL yang ingin di blokir], misalnya:

127.0.0.1 localhost
127.0.0.1 www.youtube.com
127.0.0.1 www.facebook.com

Note: daftar website diatas hanya sebagai contoh saja, Anda bisa menuliskan sendiri website apa yang ingin Anda blokir dari komputer Anda.

5. Setelah selesai maka simpan file tersebut dengan klik menu File -> Save, atau menekan kombinasi tombol CTRL+S pada keyboard Anda. Sesuai contoh, sekarang Anda tidak bisa lagi mengakses youtube, facebook dari komputer tersebut.

Catatan: Anda bisa memblokir ratusan bahkan ribuan situs dengan cara menuliskan daftarnya pada setiap baris seperti diatas pada file host tersebut.

Cara memblokir website tertentu pada browser Internet Explorer / Edge

Jika cara pertama akan memblokir situs tertentu dari semua browser, maka cara ini hanya akan memblokir situs pada browser tertentu saja, untuk yang pertama adalah memblokir situs web tertentu di browser Internet Explorer.

Pada browser default bawaan Microsoft, memblokir situs web tertentu agak rumit dibandingkan dengan browser lainnya, namun demi internet sehat mari kita lakukan saja.

1. Pada sebelah kanan atas menu klik Tools dan kemudian masuk ke Internet Options. Ini akan membawa Anda pada jendela baru dimana Anda dapat mengatur situs yang akan di blokir. Pada versi yang lebih baru dari Internet Explorer Anda akan menemukan pengaturan pada Tools dan kemudian Security Settings.

2. Klik pada tab Privacy, kemudian ketik alamat yang ingin Anda blokir dan klik OK. Pada versi yang lebih baru, lakukan hal yang sama pada bagian Restricted Sites.

Cara memblokir website pada Mozilla Firefox

Apabila Anda memiliki Mozilla Firefox sebagai browser internet Anda dan ingin memblokir situs tertentu, maka Anda tidak akan menemukan menu tersebut secara default, karena Mozilla Firefox tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.

Website Blocker

Namun jangan khawatir karena terdapat banyak sekali Add-On Mozilla Firefox yang bisa digunakan untuk memblokir sebuah situs tertentu. Salah satunya menggunakan Add-On bernama Website Blocker.

Caranya sebagai berikut

  • Buka Mozilla Firefox
  • Klik Menu Tools -> Add-Ons
  • Pada bagian kiri klik menu Get Add-ons
  • Pada form pencarian yang ada di kanan atas ketik “Website Blocker” lalu tekan Enter.
  • Klik tombol Install, lalu restart Mozila Firefox Anda.
  • Setelah terinstall, klik menu Tools -> Website Blocker
  • Masukan alamat URL website yang ingin blokir

Cara memblokir website di Google Chrome

restricted sites

Selain dua browser diatas, pada Google Chrome kita juga memblokir website tertentu, caranya cukup mudah.

  • Buka Google Chrome
  • Masuk ke menu Settings
  • Pada bagian paling bawah klik tulisan Show advanced Settings.
  • Cari bagian Network, lalu klik Change proxy settings…
  • Pada bagian tab Security, klik Restricted websites
  • Ketik alamat URL dari website yang ingin Anda blokir

Cara lain memblokir website di Google Chrome

StayFocused blokir website

Google chrome juga memiliki banyak plugin atau biasa disebut extensions yang bisa kita install untuk memblokir website tertentu. Salah satunya adalah extensions bernama StayFocused.

  • Buka halaman extension StayFocused
  • Klik tombol Add to Chrome yang ada di kanan atas
  • Klik pilihan popup Add Extensions
  • Setelah terinstall, klik menu Window -> Extensions
  • Klik menu Options yang ada dibagian StayFocused
  • Pada bagian kiri klik menu Blocked Sites
  • Lalu ketik alamat URL website yang ingin di blokir

 

Sumber : Jurnalweb.com

Komentar



error: Konten dilindungi!