7 Situs Untuk Mengetahui Kecepatan Website

FILE- In this April 17, 2007 file photo, exhibitors of the Google company work on laptop computers in front of an illuminated sign of the Google logo at the industrial fair Hannover Messe in Hanover, Germany. Google is starting to accept requests from Europeans who want to erase unflattering information from the results produced by the world's dominant search engine. The demands can be submitted on a Web page that Google opened late Thursday, May 29, 2014, in response to a landmark ruling issued two weeks ago by Europe's highest court. (AP Photo/Jens Meyer, File)

Situs untuk mengukur dan mengetahui kecepatan website akan menjadi topik kita kali ini. Waktu loading dan kecepatan akses sebuah website memang perlu untuk diperhatikan, web developer sebisa mungkin harus berupaya untuk selalu meningkatkan kecepatan websitenya demi kenyamanan pengunjung.

Website yang cepat ketika dibuka tentu akan membuat pengujung betah, sedangkan yang lambat ketika dibuka bisa membuat pengujung menjadi jengkel dan hal tersebut dapat menyebabkan situs menjadi kehilangan banyak pengunjung dan bahkan kehilangan pendapatan atau peluang bisnis.

Kecepatan website juga bisa mempengaruhi peringkat mesin pencari. Website yang cepat akan disukai oleh mesin pencari seperti Google. Bahkan menurut algoritma mesin pencari Google, peringkat tergantung juga pada kecepatan website. Oleh sebab itu sangat perlu untuk mengoptimalkan kecepatan website dan kinerjanya jika ingin memiliki peringkat yang lebih baik dan mendapatkan lebih banyak pengujung dari mesin pencari.

Kecepatan ketika membuka website bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan tidak mudah untuk meningkatkan kecepatan website secara 100%, butuh kerja ekstra dan teknik-teknik khusus.

Situs untuk mengukur kecepatan website

Di internet sudah tersedia website yang bisa digunakan untuk mengukur kecepatan sebuah website, berbagai website tersebut bahkan bisa memberikan skor dan memberikan berbagai laporan yang bisa dibilang cukup lengkap. Kesalahan dan solusi untuk memperbaikinya juga diberikan, pemilik website tinggal mengikuti aturan-aturan tersebut agar bisa lebih cepat dan mendapatkan skor yang maksimal.

1. GTmetrix

gtmetrix

GTmetrix salah satu website terbaik untuk mengukur kecepatan website secara gratis. Kita bisa mengetahui apa saja yang membebani website dengan laporan analisa yang diberikan oleh GTmetrix. Website ini juga memberikan saran untuk meningkatkan loading website Anda. GTmetrix menjelaskan secara detail bagaimana performa website Anda, PageSpeed, skor YSlow, waktu loading website, besar file, dan jumlah request yang dilakukan website ke server. Anda juga bisa membandingkan website Anda dengan website lainnya.

2. Google PageSpeed Insights

google page speed insight

Google PageSpeed Insights menguji website baik itu ketika dibuka dengan desktop maupun mobile. Ranking yang diberikan yaitu antara 1 hingga 100. Semakin besar angka yang diberikan maka semakin baik website Anda. Selain itu Google PageSpeed Insights juga memberikan saran untuk memperbaiki masalah kecepatan situs Anda.

3. Pingdom

pingdom

Pingdom adalah website gratis untuk mengukur kecepatan, menganalisa seberapa cepat website Anda, dan memberikan rekomendasi untuk membuat website Anda semakin cepat. Pingdom memeriksa setiap elemen dari sebuah halaman website dan menghasilkan laporan besar file, waktu muat, dan lainnya. Anda juga bisa mendownload dan membagikan laporan yang diberikan oleh Pingdom. Fitur yang tidak kalah mumpuni dari pingdom ini adalah mereka memonitor website dari berbagai lokasi, yang membuat layanan tes kecepatan bisa unik pada setiap orang.

4. WebPagetest

WebPagetest juga termasuk salah satu website yang mumpuni untuk mengetahui kecepatan website pada berbagai browser.

WebPagetest merupakan sebuah proyek open source yang sedang dikembangkan dan disupport oleh Google untuk membuat website menjadi lebih cepat.

WebPagetest awalnya dikembangkan oleh AOL untuk penggunaan secara internal pada tahun 2008 dan berada dibawah lisensi BSD.

5. Free Speed Test

Free Speed Test memungkinkan kita untuk mengetahui berapa loading time yang diperlukan ketika membuka sebuah website, mereka melakukan pengujian menggunakan berbagai data center yang tersebar diseluruh dunia. Jadi hasil yang diberikan akan cukup akuran untuk masing-masing pengguna.

6. Page Scoring Website Speed Test

page scoring

Page Scoring diciptakan untuk membantu para pengembang website untuk menganalisa kecepatan websitenya dengan memberikan hasil laporan hanya dengan memasukan alamat domain saja.

7. YSlow

Salah satu aplikasi yang cukup terkenal untuk mengukur kecepatan website yaitu menggunakan YSlow. Dibuat oleh Yahoo! Exceptional Team dengan melakukan identifikasi terhadap 23 dari total 34 aturan yang bisa membuat website menjadi lebih cepat. Agar lebih mudah anda bisa menginstall Addon dan Extension YSlow di browser yang Anda gunakan.

Sumber : Jurnalweb.com

Komentar



error: Konten dilindungi!