5 Tanda Bahwa HP Android Kamu Telah Di-hack Orang Lain

android-telah-di-hack-banner

Ada banyak sekali alasan mengapa orang lain ingin menyadap atau meretas HP kamu. Mulai dari ingin mengambil data-data sensitif hingga ingin meraup keuntungan melalui iklan yang ditanam secara diam-diam. Tapi jangan salah, seiring dengan semakin canggihnya teknologi, praktek penyadapan terhadap gadget semakin rapi dan uga sulit untuk dilacak.

Tapi kamu gak perlu takut, setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia pasti ada celahnya. Maka dari itu, melalui artikel ini akan kami jelaskan mengenai tanda-tanda apa saja sih yang kerap muncul apabila HP Android kamu sedang di-hack oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

5 Tanda HP Kamu Sedang Di-Hack Orang Lain Atau Terjangkit Malware

1. Pop-up yang Terus Muncul

tanda-android-di-hack-1Kamu diwajibkan untuk curiga apabila tiba-tiba ketika menggunakan Android, ada iklan atau pesan yang muncul secara pop-up. Apabila kamu menemukannya ketika sedang membuka aplikasi atau game gratis tertentu, maka itu bukan masalah yang besar. Permasalahan baru terjadi apabila kamu menemukan iklan atau pesan pop-uptersebut hadir ketika tidak melakukan apa-apa, seperti sedang stand-by di launcher atau sedang membukaaplikasi chat yang biasanya memang tidak pernah memunculkan pop-up apapun.

2. Kuota Boros Secara Tiba-Tiba

Setiap aplikasi yang menggunakan internet pasti akan terekam di Data Usage. Fitur yang dimiliki oleh Android ini jelas sangat membantu kamu untuk mencari aplikasi di luar kewajaran yang menggunakan akses internet secara masif.

tanda-android-di-hack-2

Seharusnya, apabila Android kamu sedang terjangkit virus atau malware tertentu yang menampilkan pesan atau iklan pop-up, maka ia akan muncul di statistik data usage tersebut. Jika benar ada, kamu bisa menghapusnya dengan mudah tanpa harus berspekulasi lagi.

3. Melacak Keylogger Di Android

Kami pernah memberikan kamu informasi mengenai cara menyadap HP Android menggunakan keylogger. Nah cara tersebut walaupun dapat menyembunyikan apilkasi perekam ketikan keyboard, namun bukan berarti tanpa celah.

tanda-android-di-hack-3

Setiap aplikasi yang mengkonsumsi baterai pasti akan terekam di bagian Settings > Battery di HP kamu. Jika benar HP kamu sedang terpasang aplikasi keylogger, maka ada kemungkinan aplikasi tersebut hadir di list battery walaupun bukan di urutan atas.

Oh iya, untuk beberapa aplikasi Android tertentu, mereka bahkan menggunakan keyboard custom untuk merekam keystroke atau ketikan yang selama ini dilakukan. Maka dari itu, coba kamu cek apakah keyboard yang kamu gunakan merupakan keyboard default atau bukan melalui bentuk visual yang berbeda.

4. Periksa List Aplikasi Untuk Mengetahui Hal yang Mencurigakan

tanda-android-di-hack-4Langkah ini juga dikenal jitu untuk mencari tahu apakah ada aplikasi tidak diinginkan yang hadir di Android. Kamu bisa buka Settings > Apps untuk memeriksa daftar seluruh aplikasi yang ada di HP. Melalui list tersebut, tentu saja jika kamu jeli, maka akan ada aplikasi asing yang mungkin saja selama ini merekam segala gerak-gerik aktivitas HP kamu.

5. Notification Bar Juga Bisa Jadi Sasaran Empuk

Jangan salah, selain melalui pop-up yang mengganggu, HP kamu bisa saja terjangkit oleh malware yang bertengger di notification bar dalam bentuk iklan. Masih syukur apabila iklan tersebut bisa dihilangkan dengan cara menggesernya ke pinggir layar. Namun ada juga malware yang membuat aplikasinya berstatus persistentsehingga tidak bisa dihapus melalui notification bar.

tanda-android-di-hack-5

Saran untuk menghilangkan gangguan seperti ini: cek game gratis apa saja yang sudah kamu install dan apakah kamu pernah install aplikasi atau game selain dari tempat-tempat terpercaya seperti Google Play Store.

Itulah 5 poin mengenai tanda-tanda apa saja yang mengindikasikan bahwa HP kamu sedang di-hack oleh orang lain. Apabila kamu punya poin-poin yang luput untuk kamu bahas di artikel ini, jangan sungkan-sungkan untuk membagikannya melalui kolom komentar di bawah ini ya.

Sumber : jalantikus.com

Komentar



error: Konten dilindungi!