Lakukan Trik-Trik Google Search Berikut Biar Aktivitas Googling-mu Maksimal!

FILE- In this April 17, 2007 file photo, exhibitors of the Google company work on laptop computers in front of an illuminated sign of the Google logo at the industrial fair Hannover Messe in Hanover, Germany. Google is starting to accept requests from Europeans who want to erase unflattering information from the results produced by the world's dominant search engine. The demands can be submitted on a Web page that Google opened late Thursday, May 29, 2014, in response to a landmark ruling issued two weeks ago by Europe's highest court. (AP Photo/Jens Meyer, File)

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan internet dan mesin pencari sudah mengubah cara kita memperoleh informasi. Kini kamu gak perlu repot-repot ke perpustakaan dan mengacak-acak arsip untuk menemukan info yang kamu butuhkan. Tinggal duduk manis dan mengetik kata kunci yang diperlukan di Google Search, laptop atau HP-mu akan menyediakan informasi yang kamu butuhkan.

Tapi, apakah cara googling-mu sudah efektif? Yuk, simak dulu trik menggunakan mesin pencari Google berikut ini biar kamu makin jago googling!

1. Menggunakan tab.

Gunakan tab via www.hipwee.com

Kamu mencari laman, gambar, video atau berita? Fitur pertama yang perlu kamu manfaatkan adalah tab yang terletak di atas hasil pencarian Google. Kamu bisa menemukan secara spesifik hal yang kamu cari. Misalnya kamu pengen cari video, ketik kata kunci yang kamu inginkan lalu pilihtab video.

Banyak orang yang sudah menggunakan fitur ini. Tapi bagi kamu yang belum tahu, kiat ini bisa lumayan menghemat waktumu lho.

2. Pakai tanda kutip untuk pencarian yang spesifik.

Memanfaatkan tanda kutip. via www.hipwee.com

Mesin pencari Google akan menerka laman berdasarkan kata kunci yang kita masukkan tanpa memperhatikan urutan katanya. Misalnya, saat kita mengetik “suka duka orang ganteng” tanpa tanda kutip, Google akan mencari laman yang mengandung kata-kata tersebut tanpa mengindahkan urutan katanya.

Nah, jika kamu mau Google menemukan frasa atau kalimat dengan urutan kata yang spesifik, kamu bisa menambahkan tanda kutip. Google tidak akan mengacak kata tersebut; ia akan mencari seluruh frasa atau kalimat secara utuh. Ini terutama berguna kalau kamu lagi mencari kutipan di suatu laman.

3. Gunakan tanda hubung atau hyphen () untuk mengecualikan kata tertentu.

Gunakan hyphen via www.hipwee.com

Kadang kamu harus mencari sesuatu dengan kata kunci yang ambigu. Misalnya, kamu mencari dengan kata kunci “kijang.” Hasil pencarian yang nongol bisa hewan kijang maupun mobil Kijang. Nah, biar hasil pencariannya gak ambigu, kamu bisa menggunakan hyphen (-) untuk mengecualikan kata tertentu.

Untuk mencari kata “kijang” yang tak ada hubungannya dengan mobil Kijang, kamu bisa mengetik:

kijang -mobil

Hyphen sangat bermanfaat jika kamu ingin menemukan suatu informasi tanpa memperoleh informasi lain yang gak kamu perlukan.

4. Manfaatkan tanda titik dua atau colon (:) untuk mencari di situs tertentu.

Menggunakan titik dua atau colon via www.hipwee.com

Kalo pengen mencari artikel atau konten tertentu di suatu situs web, kamu bisa menggunakan perintah syntax yang sederhana, yaitu tanda titik dua (:). Contohnya, kalo kamu pengen mencari konten “sahabat” di situs hipwee.com:

sahabat site:hipwee.com

Google akan menampilkan konten berisi “sahabat” dari situs hipwee.com.

5. Menemukan laman yang terhubung dengan laman lainnya.

Menemukan laman yang saling terhubung via www.hipwee.com

Alih-alih menemukan laman yang spesifik, kamu menemukan bisa menemukan laman-laman yang terhubung ke laman tertentu dengan cara mengetikkan perintah sebagai berikut.

link:(alamat web yang ingin kamu cari)

contoh: link:hipwee.com

Lewat perintah tersebut, Google akan mencari laman-laman yang terhubung ke situs hipwee.com.

6. Mencari frasa atau kalimat menggunakan asterisk (*).

Memakai asterisk via www.hipwee.com

Menggunakan asterisk (*) untuk melengkapi frasa atau kalimat yang akan kita cari adalah salah satu fitur terpenting dalam Google search, terutama jika kamu mencari menggunakan tanda kutip. Asterisk akan berfungsi sebagai wildcard di mana Google secara otomatis akan menggantinya dengan sembarang kata yang sesuai dengan konteks kalimat.

Contohnya, mengetik kalimat berikut:

“datang tak * pulang tak *”

akan memunculkan baik kalimat “datang tak dijemput, pulang tak diantar,” atau “datang tak diundang, pulang tak berkutang.” Fitur ini berguna banget kalo kita ingin menemukan suatu kalimat, tapi tak bisa mengingat setiap kata dari kalimat tersebut.

7. Mencari situs yang mirip dengan situs tertentu.

Menemukan situs yang mirip. via www.hipwee.com

Salah satu fitur unik dari Google search adalah kamu bisa mencari situs-situs yang serupa dengan situs tertentu. Misalnya, kamu punya sebuah situs favorit, terus kamu pengen mencari situs yang serupa, kamu bisa menggunakan perintah berikut.

related:(situs)

Contoh: related:hipwee.com

Dengan syntax ini, kamu tidak akan menemukan tautan ke Hipwee. Alih-alih, kamu akan menemukan situs yang mirip dengan Hipwee(Kalo gak ada yang serupa sama Hipwee, jangan protes ya, soalnya kita memang belum ada yang nyamain, hehehe.) :p

8. Memanfaatkan Google search untuk berhitung.

Berhitung dengan Google via www.hipwee.com

Kalo kamu perlu kalkulator, Google Search bisa membantu kamu menyelesaikan soal berhitung. Google bisa mengerjakan mulai dari matematika dasar sampai yang sulit. Memang sih, nggak semua soal matematika bisa dia jawab, tapi setidaknya dia bisa membantu kamu saat kamu perlu jawaban yang cepat.

Untuk meminta Google menyelesaikan soal berhitung, kamu bisa menggunakan syntax sebagai berikut.

  • 7 * 5 + 6 / 2 (bisa tanpa mengunakan spasi)
  • 36(phi)
  • Planck’s Constant

Kalo kamu mengetik penghitungan sederhana di baris pertama, Google akan menyediakan jawabannya, yaitu 38. Sementara di baris kedua, Google menyelesaikan perhitungan 36 x . Keduanya akan memunculkan kalkulator dibawah kotak pencarian. Sementara jika kamu mengetik baris terakhir, kamu akan mendapatkan nilai dari Konstanta Planck.

9. Menemukan beberapa istilah/kalimat sekaligus.

Melakukan pencarian beberapa istilah sekaligus.

Alih-alih mencari dua kali, kamu bisa mencari beberapa frasa atau kalimat sekaligus dengansyntax sederhana berikut ini.

“penghindaran pajak” OR “penggelapan pajak”

Dengan perintah di atas, Google akan mencari laman yang mengandung frasa “penghindaran pajak” atau “penggelapan pajak.” Menggunakan tanda kutip juga berarti meminta Google mencari frasa yang benar-benar cocok. Syntax ini juga bisa digunakan kata per kata, seperti contohnya:

pacaran OR menikah

10. Mencari dalam range angka tertentu.

Menemukan sesuatau dalam range angka via www.hipwee.com

Fitur yang satu ini bisa digunakan untuk banyak hal. Kamu bisa mencari barang-barang denganrange harga tertentu atau menemukan sesuatu sampai tahun tertentu. Contohnya, kalau kamu mau mencari informasi tentang laptop yang kisaran harganya dari $300 sampai $500, kamu bisa menggunakan syntax berikut.

notebook $300..$500

Menggunakan dua titik di antara angka akan meminta Google untuk menemukan sesuatu di dalam range angka tersebut.

11. Mendefinisikan kata.

Mendefinisikan kata via www.hipwee.com

Google juga bisa diminta untuk mendefinisikan suatu kata atau istilah, lho. Caranya pun cukup simpel:

What is the definition of *word* atau Define: *word*

Mesin pencari Google akan menampilkan definisi sesuai kamus, fonetik, beserta contoh pelafalan dalam format audio.

12. Menemukan berkas dengan format tertentu.

Menemukan format file tertentu. via www.hipwee.com

Kalau kamu bermaksud mencari berkas atau file dengan format tertentu di jagad internet, Google bisa membantumu. Kamu cukup mengetik perintah berikut.

(nama berkas) filetype:(format)

contohnya: Bahaya Merokok filetype:pdf

13. Mengkonversi mata uang dan satuan hitung.

Mengkonversi satuan hitung. via www.hipwee.com

Kamu bingung mengkonversi dolar AS ke rupiah atau inci ke sentimeter? Gak usah bingung, Google bisa membantu kamu melakukan konversi dari dan ke hampir semua satuan hitung, baik metrik maupun satuan imperial. Caranya, tinggal masukkan perintah seperti ini:

(unit) to (unit)

contoh:

inch to centimeter

km to miles

USD to IDR

Jika kamu menginginkan Google langsung menampilkan angka yang spesifik, kamu bisa tambahkan angka di depan seperti ini:

5000 USD to IDR

Nah, ternyata gak rumit, ‘kan? Lewat tips ini, mudah-mudahan kamu bisa memanfaatkan mesin pencari Google dengan lebih efektif.

Sumber : Hipwee.com

RAIH KESEMPATAN MENDAPATKAN BEASISWA LPDP, SKOR TOEFL, IELTS DAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS.

Untuk membantu teman-teman iCampus Indonesia mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeribeasiswa LPDP, Menembus SKOR TOEFL 600IELTS 7.0 dan melancarkan BAHASA INGGRIS, kami menawarkan BUKU dan DVD yang dicari banyak orang.

Seluruh Buku dibawah ini sudah mendapatkan predikat MEGA BEST SELLER.

1. TOEFL KILLER [Rahasia Pencetak Skor TOEFL Tinggi] : http://bit.ly/2cl1RJP

paket_hemat_kunci_inggris_dan_toefl_killer-2

2. JKLN [Baca Ini Kamu Pasti Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%] : http://bit.ly/2d77wF3

jkln

3. KUNCI INGGRIS [SOLUSI SEMUA PERMASALAHAN BAHASA INGGRISMU] : http://bit.ly/2cBhwWs

paket_hemat_kunci_inggris_dan_toefl_killer1

4. JAMU LPDP [RAHASIA Jurus Ampuh PASTI Dapet Beasiswa LPDP] : http://bit.ly/2dfqSIp

forum-ielts-jamu-lpdp

5. IELTS KILLER [CARA PASTI MENDAPATKAN SKOR IELTS 7.0] : http://bit.ly/2cFVm7I

fix-ielts

Komentar



error: Konten dilindungi!