Smartphone sudah menjadi kebutuhan harian setiap orang. Karena kegunaannya yang multi fungsi, smartphone sudah menjadi barang wajib yang harus kamu bawa kemanapaun kamu berada. Mulai dari untuk berkomunikasi, bekerja, browsing internet, hingga urusan.

Karena kepraktisan dan intensitas penggunaannya yang sangat tinggi, seringkali kita suka seenaknya saja menyimpan dan memasukkannya di sembarang saku. Tidak terkecuali saku celana atau baju bercampur dengan benda kecil lainnya di dalam sana. Ini sangat riskan bagi ponselmu untuk terkena gorensan, apalagi jika bercampur dengan kunci atau uang koin. Sangat disayangkan bukan jika handphone yang sudah susah payah kamu beli tiba-tiba layarnya tergores oleh benda kecil di saku bajumu?

Meskipun sekarang ini teknologi pelindung layar ponsel sudah sangat berkembang, namun masih ada juga smartphone yang tidak dilengkapi dengan perlindungan apapun pada layarnya. Ini bisa menyebabkan garis goresan yang memperburuk kualitas dan tampilan handphone itu sendiri. Untuk mengantisipasi atau menghilangkan goresan pada layar handphone kamu, coba gunakan beberapa bahan sederhana yang berhasil Hipwee rangkum untuk menghilangkan goresan pada layar ponsel kamu!

1. Jika terdapat goresan kecil dan tipis pada layar smartphonemu, jangan panik! Gunakan saja pasta gigi untuk menyamarkannya.

Pasta gigi penghilang goresan via www.Youtube.com

Tidak disangka ternyata pasta gigi dapat berfungsi sebagai media penyamar bahkan penghilang goresan pada layar ponsel. Dari sekian banyak jenis pasta gigi yang ada di pasaran, kamu bisa gunakan pasta gigi yang bukan berbentuk gel. Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan kapas dan juga kain lap kering nan lembut sebagai media penyeka.

Kamu bisa gosokkan secara halus kain atau kapas yang sudah dioleskan pasta gigi tersebut ke layar handphone secara merata. Usapkan pada layar dengan gerakan melingkar hingga goresan yang terdapat pada layar handphone mulai hilang. Setelah mulai hilang, gunakan kain lap halus yang diberi sedikit air untuk menghilangkan bekas pasta gigi yang menempel pada layar handphone kamu.

2. Minyak sayur selain baik untuk memasak, juga dapat dijadikan media murah untuk menghilangkan goresan di layar ponsel.

Minyak sayur.

Goresan tipis pada layar ponsel masih dapat dililangkan menggunakan minyak sayur yang banyak ditemui di dapur. Cara penggunaannya sebenarnya hampir sama dengan cara menghilangkan goresan layar ponsel dengan menggunakan pasta gigi. Namun hanya berbeda di perlakuan saja.

Karena sifat bawaan minyak yang licin, maka kamu musti siapkan juga tissue untuk menghilangkan bekas sisa minyak yang menempel pada layar ponsel. Tapi perlu diingat, selalu gunakan minyak yang baru supaya zat bekas penggorengannya tidak ikut menempel pada layar ponsel ya. Lagipula, minyak sayur bekas menggoreng dapat meninggalkan bau di ponselmu.

3. Bedak bayi juga ampuh sebagai zat penghilang goresan. Layar smartphonemu pun bisa kembali mulus dan cantik.

Bedak bayi juga bisa bikin mulus layar ponselmu. via www.mynewsdesk.com

Jangan salah, bedak bayi tak cuma berfungsi buat menghaluskan kulit bayi lho, tapi juga layar ponselmu. Kamu bisa juga menggunakan bedak bayi yang dicampur dengan menggunakan air yang menghasilkan pasta kental dari campuran tersebut. Pasta inilah yang nantinya digunakan untuk menghilangkan goresan pada layar ponsel.

Caranyamudah sekali, sama seperti yang sebelumnya, yakni dengan mengusapkannya pada layar secara lembut dengan gerakan memutar. Setelah dirasa goresan mulai hilang, maka kamu bisa gunakan kain lembut untuk menghilangkan sisa-sisa bedak dan campuran air tadi. Cara ini dinilai paling sederhana dan yang paling mudah untuk digunakan dalam menghilangkan goresan pada layar ponsel kesayanganmu.

4. Minyak kayu putih tak hanya berfungsi menghangatkan badan, tapi juga bisa kamu manfaatkan sebagai minyak penghilang goresan layar di smartphone.

Hilangkan goresan di layar dengan minyak kayu putih. via www.aswirman.com

Cara terakhir ini hampir sama dengan penggunaan minyak sayur pada cara yang sebelumnya. Bahan yang perlu kamu siapkan sangat mudah dan praktis, yaitu hanya minyak kayu putih dan tissue. Teteskan 1-3 tetes saja ke layar handphone, dan jangan lebih dari itu. Karena jika terlalu banyak minyak kayu putih, pastinya akan membuat layar ponselmu lengket karena efek minyak tersebut. Bersihkan menggunakan tissue untuk hasil yang paling baik.

5. Campuran putih telur dan tawas adalah cara pintar untuk melenyapkan goresan di layar ponsel pintarmu!

Campurkan putih telur dengan tawas. via www.kokiku.tv

Meskipun cara yang satu ini tak sesimpel cara-cara yang sebelumnya, penggunaan putih telur dan kalium aluminum sulfat dapat lebih efektif untuk menghilangkan goresan pada ponselmu. Jika kamu ingin menggunakan cara ini, bahan yang perlu disiapkan adalah:

  • Telur
  • Kain microfiber
  • Aluminum foil
  • Tawas (dapat dibeli di toko kimia dengan nama kalium aluminum sulfat).

Caranya kamu bisa campurkan adonan putih telur dengan satu sendok teh tawas ke dalam sebuah wadah (panci). Panaskan campuran tersebut hingga mencapai 150 derajat Fahrenheit. Setelah dikira suhu yang dicapai sudah mendekati, maka matikan kompor dan masukkan kain microfiber yang sudah disiapkan tadi ke dalam campuran putih telur dan tawas yang sudah dipanaskan tadi.

Langkah selanjutnya, panaskan kain microfiber tersebut ke dalam oven atau microwave hingga mencapai 300 derajat. Namun jangan lupa sebelumnya bungkus terlebih dahulu kain microfiber tersebut ke dalam aluminum foil. Hal ini untuk menghindari terbakarnya kain microfiber yang sudah dipanaskan secara cukup ekstrim. Setelah mencapai suhu yang diharapkan, keluarkan kain tersebut dan bilas dengan air dingin selama 20-30 detik untuk menghilangkan panas yang ditimbulkan karena pemanasan di dalam microwave.

Ulangi langkah di atas sebanyak 3 kali dan juga biarkan kain microfiber ini kering secara alami melalui udara bebas. Setelah itu gunakan sebagai media penghapus goresan layar handphone dengan menggosokkannya secara lembut pada layar handphone kamu.

Teknik menghilangkan goresan pada layar ponsel di atas memang menggunakan cara dan bahan yang sederhana dan mudah untuk didapatkan. Selain cara di atas, cara pencegahan goresan yang paling efisien dan efektif adalah dengan memasangkan screen guard atau tempered glass protector untuk melindungi layar ponsel kamu. Selamat mencoba!