Siapa anak muda yang tak kenal Youtube? Situs yang paling banyak diakses ketiga di dunia setelah Google dan Facebook ini memang semakin menarik bagi kalangan muda. Buktinya kini semakin banyak Youtuber yang berseliweran di dunia maya. Apakah kamu salah satu penikmatnya juga?

Jika iya, kamu wajib tahu dulu bagaimana cara agar Youtube-an mu makin nyaman tanpa lelet dan pastinya lancaaaar jaya! Nih, Kami Tips kasih tahu trik-trik sederhananya…

1. Tambahkan “GIF” di depan URL Youtube dan buat file GIF-mu sendiri sesukamu

GIF via youtube.com

Sudah pernah membuat GIF sendiri? Bikin yuk di Youtube, dengan caranya gampang banget! Tambahkan “GIF” di depan URL Youtube dan kamu sudah bisa menentukan panjang GIF-mu sekaligus caption-nya disana. Asyik ‘kan?

2. Nggak bisa nonton video karena ada restriction? Atasi dengan cara ini

Tidak bisa menonton video karena larangan tertentu seperti usia dan lainnya? Nggak perlu khawatir, cukup hilangkan “watch?” dari URL dan ganti “v=” dengan “v/” lalu tekan enter. Selamat menonton lagi tanpa gangguan apapun :))

3. Koneksi internet bikin videomu loading? cobain trik ini dulu deh!

Youtube feather via digit.in

Klik youtube/feather_beta dan kamu akan mendapatkan tampilan yang lebih sederhana sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk loading. BTW, kamu juga bisa menunggu loadingsambil bermain snake game lho, caranya tekan tanda panah ke kiri atau kanan cukup lama setelah video-nya kamu pause. Selamat bermain!

Ketik youtube/account_playback dan pilih “I have a slow connection. Never play a higher-quality video.”

4. Ketik “doge meme” pada pencarian Youtube dan nikmati tampilan yang lebih berwarna

doge meme via imgur.com

Mengetik “doge meme” dalam pencarian Youtube akan menghasilkan tampilan Youtube yang colorful. Kamu yang sudah bosan dan ingin mencoba hal-hal baru bisa banget nih nyobain ini. Hitung-hitung membuat hidupmu menjadi sedikit berwarna.

5. Tambahkan “pwn” atau “ss” untuk men-download video dari Youtube secara gratis

savefrom.net via help.yudu.com

Tambahkan “ss” setelah www sebelum Youtube dan kamu akan langsung dibawa ke savefrom.net untuk mendownloadnya secara gratis. Selain menambahkan “ss” kamu juga bisa menambahkan “pwn”, seperti “ss” kamu juga akan dibawa ke website eksternal untuk men-download-nya.

6. Cukup gunakan keyboard untuk mengendalikan video yang kamu tonton dengan Leanback

leanback via meltedsoup.wordpress.com

Youtube.com/leanback memungkinkan kamu untuk tidak menggunakan mouse sama sekali. Jadi selama menonton Youtube kamu bisa mengendalikannnya hanya dengan menggunakan keyboard-mu saja. Desain tampilannya juga jadi lebih kece, lho!

7. Lagi galau? cari video yang cocok dengan suasana hatimu lewat Youtube Moodwall

Moodwall via youtube.com

Kalau kamu sedang merasa emosional, coba untuk menggunakan Youtube Moodwall, kamu bisa mencari video dengan kata kunci yang spesifik sesuai dengan perasaanmu. Dari mulai kategoriinspiring sampai catchy bisa kamu temukan disana.

8. Mainkan video dalam mode slow motion dengan menekan spasi atau klik ikon “gear”

Slow motion via youtube.com

Ingin memainkan video di Youtube dengan mode slow motion? Cukup tekan spasi dan kecepatannya akan berkurang. Atau kamu juga dapat mengklik tombol “gear” dibagian kanan bawah dan memilih kecepatan yang kamu inginkan.

9. Yuk coba bikin link untuk adegan di waktu tertentu biar nggak perlu nonton dari awal!

Waktu tertentu via dmediamom.com

Jika kamu ingin berbagi video youtube pada menit tertentu saja, misalnya pada adegan puncak sebuah film, ada triknya agar orang yang kamu baggi itu tak perlu melihat dari awal dan langsung ke menit yang kamu inginkan.

Tambahkan #t ditambah menit yang kamu inginkan pada akhir URL. Contoh: #t=01m18s atau #t=78s untuk berbagi link menit ke 1:18 di video tersebut.

10. Youtube juga bisa digunakan untuk mengedit video, tools-nya lengkap dan kece badai

Youtube editor via blogs.kcl.ac.uk

Udah tahu belum kalau kamu bisa mengedit video di Youtube?

Caranya coba ketik youtube.com/editor , disana kamu akan menemukan banyak tools dari mulai menggabungkan video, trim, menambahkan soundtrack, dan masih banyak lagi. Coba-coba yuk!

11. Pelajari shortcut ini, kalau ada cara cepat ngapain harus lama-lama?

Shortcut via youtube.com

Tombol-tombol ini penting untuk kamu coba dan ingat saat menonton video di Youtube, biar makin nyaman berselancar

k = pause atau play
j = memutar ulang 10 detik
l = mempercepat video 10 detik
m = mute
0 = kembali ke awal video
1-9 = melompat ke 10%-90% video
+ = memperbesar caption
– = memperkecil caption

Ciee… yang langsung nyobain satu-satu! Selamat berselancar, ya!