7 Motivasi Belajar Mahasiswa di Kuliah

Mahasiswa

Anak SMA yang baru saja lulus biasanya memiliki motivasi belajarmelanjutkan studi ke perguruan tinggi. Motivasi ini tergantung dari pribadi masing-masing dan pengaruh lingkungannya. Ada yang bingung juga ketika ditanya ingin lanjut kuliah dimana.

Motivasi belajar diartikan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila ia tidak suka, maka akan berusaha untuk meniadakan atau mengelak perasaan tidak suka itu. (A.M. Sardiman, 2005:75)

Biasanya nih motivasi belajar kecampur dengan motivasi pribadi. Coba diantara 7 motivasi dibawah ini mana yang paling menggambarkan kamu.

1. Karena ingin menemani pacar di kampus yang sama

Anak SMA yang dalam masa remaja dan gejolak jiwa mudanya begitu meledak-ledak hampir selalu memutuskan masalah dalam waktu singkat. Mereka yang berpacaran biasanya ingin melanjutkan kuliah ke universitas yang sama. Ya tidak? Apapun jurusan yang dipilih sebisa mungkin satu perguruan tinggi. Hmm ketika sudah masuk kuliah, eh selang beberapa bulan putus karena sejuta alasan yang diungkapkan. Abis itu musuhan deh.

bersama pacar

being together stylecaster.com

2. Karena ingin mendapatkan pacar baru di waktu kuliah

Melihat alumni SMA yang datang ke sekolah kamu, biasanya pada envy kakak angkatannya cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Entah karena gaya hidup mereka sudah berbeda atau ada faktor lain. Nah pasti diantara kamu ada yang beranggapan anak kuliahan lebih cakep-cakep daripada anak SMA. Eh setelah masuk ke perguruan tinggi, ternyata cewek cewek (buat cowok) di jurusannya tidak seperti yang diharapkan. Gagal deh dapet pacar cakep! Tenang dulu, jika kamu pandai berkomunikasi, paling tidak bisa kenal temen yang beda jurusan dan temennya punya temen cakep yang bisa kamu kecengin. Solutif bukan? That’s the point!

Smiling student girl

smiling student quantumtestprep.com

3. Menuruti keinginan Orang Tua

Sebenarnya menuruti keinginan orang tua merupakan bentuk rasa sayang kita terhadap orang tua. Di lain hal, ini kan masa depanmu. Terkadang orang tua terlalu egois untuk meminta anaknya masuk ke jurusan yang mereka pengen tanpa diskusi dengan anaknya. Alhasil karena terpaksa, anaknya kuliah juga di jurusan yang orang tuanya inginkan. Jadinya keinginan orang tua terpenuhi tapi anaknya belajar setengah hati. Tidak mau kan?

me with parents

Me with parents coronado.d11.org

4. Ingin menjadi aktivis semasa kuliah

Melihat kakak angkatannya masuk organisasi terkenal di kampus biasanya membuatmu merasa menggebu-gebu masuk ke universitas itu. Biasanya ini terjadi pada anak SMA yang dulunya aktif di kegiatan OSIS, MPK, Pramuka, atau PMR bahkan Paskibra. Hmm.. Karena jiwanya sudah terdidik dari SMA untuk berorganisasi, ketika kuliah pasti rasanya ada yang kurang ketika tidak melanjutkan rutinitas dari SMA.

5. Ingin terlihat keren sebagai seorang mahasiswa

Kakak angkatannya gaul, dikenal banyak orang, jadi presiden mahasiswa di kampusnya lagi. Siapa yang tidak pengen? Ada siih, buat kamu kamu yang emank terima apa adanya. Piss!! Ini merupakan salah satu contoh motivasi positif yang bisa jadi acuan kamu. Tidak hanya jago organisasi tapi supel dalam bergaul.

6. Melanjutkan bidang yang diminati

Ini nih baru motivasi positif. Bagi kamu yang memang berniat melanjutkan apa yang sudah ditekuni sejak SMA, motivasi ini paling cocok. Passion adalah sesuatu hal yang ditekuni, bukan disukai. Clear? Hmm. Jadi ketika kamu menekuni bidang kamu yang sukai, maka dari situ akan timbul energi positif untuk menggapainya. Kamu tidak akan merasa bosan ketika menghadapi suatu masalah di bangku kuliah, justru itu menjadi tantangan buat kamu untuk menyelesaikannya. Berbeda dengan kamu masuk di bidang yang kamu sukai. Kata suka disini belum tentu akan ditekuni. Mengapa? Karena ketika kamu menyukai sesuatu, suatu saat pasti akan bosan dan ditinggalkan. Kuliahmu mau seperti itu? Jangan sampai ya.

7. Karena teman satu geng

Temen satu geng yang dari kelas satu SMA bareng bareng terus pasti biasanya kepikiran motivasi ini. Karena dengan masuk ke perguruan tinggi yang sama maka kamu masih bisa sering ketemu dan melakukan rutinitas temen satu geng. Dikatakan di awal tadi, anak SMA masih sering memutuskan suatu perkara dalam waktu singkat tanpa melihat impact dari yang mereka putuskan. Belum tentu ketika sama sama satu universitas masih pada sering ngumpul. Lebih baik mencoba berbeda jurusan dan berbeda universitas semua, apalagi tempatnya di luar kota semua. Disitu akan timbul rasa kangen yang mendalam dan intensitas interaksi akan semakin sering meskipun sebatas chatting, atau video call(conference). Cobalah saran satu ini.

with my friend

blog.swapdom.com

Belajar di bangku kuliah sangat menyenangkan daripada masih duduk di SMA. Banyak hal hal yang tidak bakal ditemui di bangku SMA. Belajar di perguruan tinggi tidak hanya belajar ilmu teori teori di kelas, tetapi lebih dari itu. Karena di bangku kuliah lah karaktermu dibentuk untuk kehidupan setelah kuliah. Percayalah!

Sumber : cumibunting.com

Komentar



error: Konten dilindungi!