Tips Sukses Wawancara Kerja HRD : Mengalahkan Rasa Tidak Yakin Ketika Tes Interview

orig_1404112945_wawancara_telepon_720x420

Tips wawancara kerja HRD – Kalah menang dalam suatu lomba menjadi keputusan yang akan diterima oleh seseorang ketika menjadi salah satu peserta dalam suatu perlombaan. Begitu juga dalam melamar kerja, ini layaknya seperti perlombaan, perlombaan mendapatkan pekerjaan dimana semua pelamar yang mengajukan diri untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut tidak akan bisa mendapatkan pekerjaan tersebut, berhasil dan gagal akan menjadi pilihan, dan pilihan tersebut akan dimiliki serta ditentukan oleh diri sendiri, maka keberhasilan dan kegagalan yang didapatkan bukanlah karena orang lain melainkan karena usaha sendiri yang dilakukan untuk menghadapi beberapa tahapan tes yang akan perusahaan berikan.

Tips Sukses Wawancara Kerja HRD  Mengalahkan Rasa Tidak Yakin Ketika Tes Interview
Kredit gambar: prosalesguy.ca

Salah satu tahapan tes yang akan dilalui pelamar dan sangat menentukan yaitu tes wawancara kerja. Tes wawancara ini pada umumnya hanya dilakukan satu kali yaitu tes wawancara HRD tetapi bagi posisi atau jabatan tertentu biasanya ada tahapan kedua wawancara yang akan dilakukan yang disebut dengan wawancara direksi dimana pelamar akan diwawancarai oleh kepala bagian tertinggi dari perusahaan tersebut. Sungguh menegangkan bukan ?

Nah, dalam persiapan menghadapi tes wawancara kerja, inilah tips wawancara kerja HRD yang sebaiknya kamu ketahui sebagai pegangan untuk persiapan diri agar tes wawancara ini dapat kamu lalui dengan sukses.

  • Mempersiapkan Diri Dengan Maksimal
    Persuapkan segala hal dan kelengkapan yang kamu butuhkan untuk melakukan tes wawancara ini. Persiaiew, dan cobalahanpkan mulai dari pakaian yang akan kamu kenakan, peralatan yang harus kamu bawa saat tes intervew, mengenali sejumlah pertanyaan wawancara, berlatih sikap yang baik, serta hal lainnya hingga melakukan latihan tes dengan baik sehingga kamu bisa menyesuaikan diri dan lebih mengenali bagimana cara melakukan yang terbaik saat tes wawancara yang menntukan kamu untuk memiliki pekerjaan.
  • Berlatih Menjawab Soal Wawancara
    Setelah kamu mengetahui sejumlah pertanyaan yang terdapat dalam tes wawancara kerja, cobalah pahami untuk bagimana kamu mengambil jawaban dari pertanyaan tersebut, coba persiapkan dan menjawab pertanyaan dengan tepat. Banyak yang berpendapat dari sebagian orang yang pernah mengikuti tes wawancara bahwa pertanyaan yang diberikan tidaklah jauh berbeda, dan jika kamu sudah mempelajari serta mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan tersebut, disaat kamu menemukan pertanyaan yang sama saat tes wawancara kamu sudah siap dengan jawaban yang harus diberikan.
  • Bersikap Baik
    Tunjukan sikap yang baik mulai saat kamu berada diruang pintu ruangan, mlangkah menghampiri pewawancara, hingga wawancara ini berakhir. Ketahui bagaimana sikap yang harus kamu tunjukan diawal, cara duduk, sikap tubuh, serta cara bicara yang baik. Hal tersbeut penting kamu ketahui karena dari sikap kamu akan menjadi nilai yang berpengaruh untuk keberhasilan yang kamu harapkan.
  • Perhatikan Kesehatan Tubuh
    Jaga kesehatan tubuh dengan baik, tampilkan diri yang prima. Ingat, dalam tes ini kamu sangat membutuhkan kesehatan tubuh yang maksimal, jika kamu sakit atau kurang enak badan itu bisa mengganggu konsentrasi serta persiapan yang telah dilakukan bisa kemungkinan  tidak akan berjalan dengan baik. Dari itu jaga kesehatan dengan menjaga pola makan, melakukan olahraga serta istirahat dengan cukup.

Jika kamu ingin sukses melalui tes yang menentukan ini, sedikit tips wawancara kerja HRD diatas penting kamu lakukan agar kamu bisa lebih siap dalam mengahadapinya.

Sumber : Tipskarir.com

Komentar