Saat Kamu Butuh Suntikan Semangat, 6 Step Memancing ‘Respect’ Pewawancara Ketika Tes Interview

jangan_marah

Ketika Kamu diundang untuk mengikuti tes interview di salah satu perusahaan, sebelum itu sebaiknya siapkan dahulu curriculum vitae dan persiapkan diri Kamu untuk menemui pewawancara yang mungkin saja lebih dari satu orang. Tes Interview biasanya berlangsung selama 30 menit atau bahkan sampai 1 jam, selain tanya jawab perihal dirimu biasanya disertai juga dengan penjelasan singkat mengenai tanggung jawab pekerjaan yang nantinya akan Kamu kerjakan.

Kalau menyinggung dari apa yang mesti Kamu siapkan, setidaknya beberapa step ini bisa bantu Kamu buat mempersiapkan diri menghadapi tes interview. Yuk!, perhatikan dengan seksama;

Step menghadapi Tes Interview

Persiapkan diri

  • Cari tahu sebanyak mungkin info mengenai perusahaan yang Kamu lamar. Pelajari juga tugas maupun tanggung jawab posisi yang kamu minati hingga Kamu tahu alasan mengapa dirimu adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut dan apa yang bisa Kamu lakukan jika bergabung kelak.
  • Pelajari segala Info yang telah Kamu kemukakan lewat CV lamaran kerja
  • Pastikan dan cari info perihal waktu, lokasi, jenis wawancara, lamanya wawancara serta jumlah peserta yang menjadi kompetitormu.

Proaktif, Terbuka dan jujur

Perusahaan biasanya sangat mengharap kandidat yang mampu berpartisipasi secara aktif ketika tes interview itu berlangsung. Hal ini dimaksudkan supaya mengetahui ide-de Kamu juga pengalaman atau hal-hal yang bisa mereka terkesan. Karena tes interview berjalan dua arah, jadi Kamu nggak usah malu-malu untuk bertanya mengenai perusahaan, entah itu klien, strategi, nilai-nilai maupun kesempatan yang perusahaan pada dirimu.

Jadi diri sendiri

  • Kalau dirasa Kamu sudah siap, tak ada alasan untuk nervous karena perusahaan sangat ingin menemukan jati diri calon karyawannya.
  • Hindari latihan yang berlebihan karena bisa bikin dirimu jadi kurang natural. Tetap tampil positif, percaya diri namun jangan berlebihan.

Mendengarkan

Dalam tes interview, Kamu nggak  cuma harus menceritakan secara detil perihal pengalaman maupun nilai jual dirimu, akan tetapi Kamu pun mesti mendengar secara seksama apa saja yang sesungguhnya ditawarkan perusahaan pada dirimu.

Tepat waktu dan bersikap profesional

  • Usahakan jangan datang terlambat, hadirlah setidaknya 5 atau 15 menit lebih awal sebelum tes interview dimulai. Jika Kamu datang terlambat atau berhalangan, sebaiknya hubungi pewawancara dan jelaskan mengapa hal tersebut terjadi.
  • Kenakan baju yang pantas dan tanamkan sikap bangga pada presentasi dirimu mengingat bahwa Kamu bukanlah satu-satunya yang ingin tampil sebaik mungkin.

Mempersiapkan “Good Idea” lewat jawaban dari atas pertanyaan-pertanyaan ini

  • Apa saja kelebihan yang saya miliki dan keuntungan apa yang dapat saya berikan ke perusahaan ini?
  • Apa yang telah Saya pelajari dari kesuksesan maupun kegagalan Saya di masa lalu?
  • Bagian mana saja dari diri Saya yang masih dapat ditingkatkan?

Well, sudah cukup mengerti kan?  bila Kamu sudah mempelajari tips tes interview di atas,  nisacaya rasa percaya dirmu akan semakin meningkat. Beberapa poin di atas, pada dasarnya akan membentuk ;

  • Adversity (tantangan). Cobalah untuk mengidentifikasi aspek-aspek tertentu dari tes interview yang akan membantu mengatasi rasa gelisah, ketegangan pada hari itu.
  • Beliefs (Keyakinan). Hindari menggunakan gaya berpikir tidak membantu dirimu sebagai pikiran negatif yang mungkin saja Kamu miliki. Cobalah mengembangkan strategi pemikiran yang lebih konstruktif yang akan meningkatkan kepercayaan diri ketika tes interview.
  • Consequences/ Konsekuensi (bersikap dan bertindak). Perhatikan bagaimana reaksi dan sikap yang Kamu lakukan dalam menghadapi tes interview. Pelajari hal-hal apa saja yang bisa Kamu lakukan, apakah bisa merusak kesiapan dirimu ataukah mampu meningkatkan fokus Kamu disaat tes interview.

Itulah beberapa tips menghadapi tes interview yang udah Tipskarir sampaikan, semoga dari paparan di atas bisa bantu Kamu dalam mengatasi dan mengendalikan kondisi yang mungkin bisa terjadi disaat wawancara. Semoga berhasil ya 🙂

Sumber : Tipskarir.com

Komentar



error: Konten dilindungi!