Ketika Baru Mencicipi Tes Wawancara Kerja, Hal Tak Biasa Ini yang Mesti Kamu Lakukan!

ilustrasi-saat-wawancara-kerja

Buat dirimu yang baru lulus dan menyelesaikan studi di sekolah menegah atas atau perkuliahan, ini tandanya setelah itu kamu akan menghadapi masa dunia pekerjaan. Lazimnya buat para fresh graduate, tes wawancara kerja menjadi hal perdana sekaligus pengalaman baru Kamu sebelum benar-benar terjun di dunia karir. Bisa bersaing dengan yang lain memang bukan hal yang mudah, selain harus bersaing dengan tenaga kerja pribumi, dewasa ini negeri kita akan menghadapi kebijakan yang membebaskan orang dari negara lain masuk ke Indonesia dan bersaing untuk mendapatkan pekerjaan. Nahloh, gimana dong saingannya makin banyak dong ya?

Tes wawancara kerja seakan menjadi gerbang yang mesti Kamu lalui, dimana tes ini sebagai langkah menentukan Kamu akan diterima atau tidak untuk bekerja di suatu perusahaan. Selain itu, Kamu pun harus bisa jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam wawancara dengan tepat loh, jangan sampai jawaban Kamu justru menjadi blunder diri Kamu sendiri.

Selain modal kecerdasan juga skill yang mumpuni,  kepintaran dalam membawa diri juga dinilai saat tes wawancara kerja. Bahkan karakteristik ini sebagai salah satu hal utama yang dilihat perekrut ketika menerima seorang karyawan. Untuk pelamar yang belum pernah melakukan tes wawancara kerja sama sekali wajar jika merasa gugup maupun kikuk. Namun hal tersebut tentu saja bisa diatasi. Gimana caranya? Pertama tentu Kamu bisa menyesuaikan cara berpakaian dengan posisi yang ingin dilamar, akan tetapi tetap pilih yang nyaman agar Kamu tidak merasa aneh dan lebih percaya diri. Untuk Mengetahui cara memenangkan hati pewawancara dengan bahasa tubuh lebih lanjut, simak beberapa tips ini;

Berjabat Tangan

Setelah melihat penampilan, kesan pertama juga diterima dari cara menjabat tangan. Menurut David Alssema yang sebagai seorang ahli bahasa tubuh menyarankan agar Kamu menyamakan atau mengikuti cara bersalaman pewawancara, dengan begitu Kamu bisa lebih mudah disukai. Misalnya ia menjabat tangan dengan erat dan sedikit ditahan, maka Kamu jangan buru-buru melepas salaman. Namun jangan pula terlalu bersemangat sebab bisa menggambarkan bahwa Kamu orang senang mendominasi.

Duduk yang berdekatan

“Kita akan meningkatkan kepercayaan dan koneksi dengan orang ketika kita berdekatan, meski tidak banyak,” Nick Morgan.

Berhadapan mungkin adalah cara duduk paling umum ketika wawancara kerja. Menurut Nick Morgan, seorang ahli pidato, cara itu memudahkan pewawancara melihat dirimu tapi akan sulit melakukan impresi. Ia menyarankan jika bisa Kamu sedikit memindahkan kursi untuk lebih dapat atau duduk di sisi yang sama. Kemudian bicaralah dengan sedikit mendekat namun jangan berlebihan.

Hindari menyilang tangan

Entah munkin karena gugup atau kebiasaan, para pelamar kerap menyilangkan tangan ketika tengah wawancara. Namun hindari gestur seperti ini bila Kamu tidak mau dianggap berkepribadian tertutup. Menyilangkan tangan bisa menggambarkan dirimu tidak tertarik dengan kegiatan atau orang yang tidak mau belajar.

Melakukan kontak mata

Patti Wood, seorang ahli bahasa tubuh mengatakan bila mengalihkan pandangan adalah hal wajar saat menjawab pertanyaan karena otak sedang berpikir. Namun ingatlah untuk selalu kembali melihat mata perekrut saat selesai memberi penjelasan. Jadi, disaat tes wawancara kerja berlangsung, hindari tingkah polah melihat-lihat ke berbagai penjuru ruangan. Karena hal itu bisa memberi kesan Kamu tampak sedang bosan. Tapi jangan pula terlalu intens dalam menatap mata lawan bicara. ‎

Bernafaslah dengan tenang

Saat seseorang merasa gugup ritme bernafasnya menjadi lebih pendek, maka hal ini menandakan kalau seseorang  jadi kurang jernih dalam berpikir. Oleh karenanya, penting untuk selalu mengambil nafas serta membuangnya secara pelan. Mungkin Kamu akan terlalu gugup ketika tes wawancara kerja sehingga tidak bisa mengontrol cara bernafas, next berlatih lah sebelum tes wawancara kerja itu dimulai.

Sumber : Tipskarir.com

Komentar



error: Konten dilindungi!