Contoh Pertanyaan dan Jawaban Diawal Tes Wawancara Kerja yang Patut Fresh Graduate Kuasai!

wawancara-beasiswa-tips

Sebagai langkah awal dalam mempersiapkan interview kerja, sebaiknya Kamu melatih diri dalam memahami berbagai pertanyaan dan jawaban wawancara kerja. Sebelum masuk pada pertanyaan inti, biasanya para kandidat diberi beberapa pertanyaan pembukaan (prolog). Situasi ini memiliki maksud pengenalan, latar belakang serta menggali tujuan Kamu melamar kerja.

Pertanyaan dan jawaban wawancara kerja pada sesi pembukaan ini, menjadi kunci strategis dalam menanamkan kepercayaan pewawancara terhadap kemampuan Kamu . Bila ini berhasil maka pewawancara akan antusias melayangkan berbagai pertanyaan berikutnya, sehingga kemampuan Kamu  akan semakin dikenal dan diketahui. Manfaatkan momen sesi pembukaan ini sebaik-baiknya karena akan mempengaruhi mutu wawancara kerja Kamu .

Pertanyaan : Apa yang anda kerjakan selama ini? Mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?

Kondisi pertama jika Kamu baru akan kembali lagi ke dunia kerja setelah lama tidak bekerja pertanyaan dan Jawaban wawancara kerja Kamu . Alternatif pertanyaan dan Jawaban wawancara kerja Kamu yang bisa Kamu sampaikan:

“Beberapa (bulan atau tahun) terakhir ini saya menjadi freelancer dalam beberapa proyek baik itu yang bersifat profit maupun sosial. Hal ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya terutama dalam mengasah kemampuan beorganisasi sekaligus skill bisnis saya. Saya optimis pengalaman saya selama ini didapat menjadikan saya karyawan yang lebih efektif”

Kondisi  kedua jika Kamu dihadapi alasan ingin pindah kerja dari tempat sebelumnya dan mencoba untuk melamar ke perusahaan baru. Alternatif pertanyaan dan Jawaban wawancara kerja Kamu  yang bisa disampaikan:

“Setelah bekerja di … [sebutkan nama perusahaan/organisasi] selama [sebutkan masa kerja Anda] sebagai ….[sebutkan posisi] dan terus menaiki tangga karir di sana. Setelah melakukan beberapa evaluasi saya sadar bahwa saya harus mengubah arah karir untuk lebih memaksmialkan kemampuan pribadi saya sekaligus memberikan kemampuan saya pada perusahaan yang lebih relevan dengan kemampuan dan gairah pribadi saya. Karena itu sekarang saya ingin bekerja di Perusahaan/lembaga ini”  

Kondisi ketiga Jika anda seorang lulusan baru (fresh graduate) sekaligus menjadi bakal pekerjaan pertama Kamu. Alternatif pertanyaan dan jawaban wawancara kerja yang Kamu sampaikan:

“Setelah lulus dari Universitas ABC dari jurusan … [sebutkan bidang studi Anda], saya menerima tawaran kerja dari beberapa lembaga/perusahaan. Namun tawaran tersebut tuntuk sementara harus saya tangguhkan karena saya ingin sekali memulai perjalanan karir di Perusahaan/lembaga ini. Anda tahu, betapapun tidak pastinya suatu cita-cita namun itu akan lebih menggairahkan daripada kepastian yang tidak terlalu kita inginkan. Karena cita-cita itulah saya memutuskan untuk melamar ke tempat Anda.”

Pada praktiknya, tentu saja akan terjadi banyak sekali kemungkinan kondisi yang dihadapi selain tiga kondisi ini. Tapi setidaknya ketiga sknario maupun motif Kamu  melamar kerja ini, baik karena lama tidak bekerja, ingin berpindah tempat kerja atau Kamu baru lulus (fresh graduate) setidaknya bisa mewakili kondisi yang sedang anda hadapi. Anda bisa mengacu pada contoh pertanyaan dan jawaban wawancara kerja di atas dengan memodifikasinya sehingga lebih relevan dengan kondisi anda sesungguhnya.

Ingat ini contoh pertanyaan dan jawaban wawancara kerja ini dilakukan pada saat awal tes wawancara!, Maka selesaikanlah pertanyaan dan jawaban wawancara kerja ini sesingkat dan sejelas mungkin karena kita tidak ingin kehabisan waktu maupun melewatkan pertanyaan selanjutnya yang jauh lebih substanstif dan menentukan.

Pertanyaan : Caba ceritakan tentang diri anda?

Ketika Kamu  dihadapkan pertanyaan dan jawaban wawancara kerja seperti ini, ingatlah posisi apa yang Kamu lamar, budaya perusahaan, dan lingkungan kerja. Jawaban Kamu akan membantu menunjukkan pewawancara mengapa Kamu cocok untuk pekerjaan tersebut dan untuk perusahaan. Silakan pilih dari alternatif jawaban di bawah ini yang Kamu cocokan dengan posisi yang dilamar.

  • Saya pribadi yang humanis. Saya sangat menikmati bertemu dan bekerja dengan banyak orang yang berbeda.
  • Saya perfeksionis. Saya memperhatikan semua detail, dan suka memastikan bahwa semuanya tepat.
  • Saya seorang pemikir kreatif. Saya suka mengeksplorasi alternatif pemecahan masalah dan memiliki pikiran terbuka tentang apa yang terbaik.

Atau ada cara lain untuk menjawab pertanyaan perkenalan diri ini. Misalnya saka untuk posisi yang dilamar bidang IT  dan Kamu adalah lulusan IT, Alangkah baiknya cara menjawabnya bisa Kamu sesuaikan dengan posisi yang dilamar serta latar belakang dirimu, seperti halnya demikian;

 Saya lulusan Sarjana Teknik Informatika dari Universitas Komunikasi. Ketika melakukan praktek magang di salah satu instansi pemerintahan Dinas Kesehatan, saya menganalisa basis data maupun sistem informasi pelayanan kesehatan (Yankes) yang sedang berjalan dan mampu menkonversi sistem manual menjadi sistem komputasi digital berbasis pemograman. Hasil aplikasi menunjukan adanya perubahan dan percepatan kinerja staf yang semula bersifat konvensional menjadi sebuah sistem pengolahan data yang lebih efektif hingga pembuatan laporan dan peluncuran sertifikan perizinan yang lebih cepat. Dari pengalaman dan keterampilan saya dalam pemrograman visual tersebut, menjadi alasan saya tertarik mengisi posisi Staf IT dan berkerja di PT. Nusantara Jaya”.

 

Itulah contoh pertanyaan dan jawaban dikala awal tes wawancara kerja, semoga kini Kamu sudah memiliki gambaran untuk menjawabnya. Sukses ya!.

Sumber : Tipskarir.com

Komentar



error: Konten dilindungi!