Cara Menulis Motivation Letter untuk Melamar Beasiswa

beasiswa-2

Beasiswa dapat menjadi salah satu jalan untuk bisa melanjutkan studi ke luar negeri. Namun, ada motivation letter sebagai syarat pamungkas yang akan menentukan apakah pelamar diterima atau tidak. Untuk itu, ada kunci khusus dalam cara menulis motivation letter untuk melamar beasiswa. Dilansir dari laman kompas.com, Marlindah JSA, lulusan Universitas Utrecht, Belanda mengungkapkan isi pokok motivation letter.

Apa Saja yang Perlu Ditulis dalam Motivation Letter?

Motivation Letter menggambarkan siapa kamu dan apakah pantas menerima beasiswa yang diinginkan. Karenanya, hal berikut ini harus kamu tunjukkan pada tim penyeleksi.

Siapa Diri Kamu

Jelaskan siapa diri kamu sekarang ini dalam motivation letter. Selain itu, tuliskan juga apa yang membentuk diri kamu tersebut.

Alasan Studi

Mengapa kamu ingin melanjutkan studi S1? Ini juga berlaku bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi misalnya S2 dan S3. Mengapa kamu ingin belajar keras? Tuliskan alasan tersebut dalam motivation letter.

Alasan Memilih Negara

Penting juga untuk kamu menulis alasan memilih negara tujuan. Kamu bisa saja memilih negara-negara di Eropa, Asia, Amerika, dan lain-lain tapi mengapa?

Alasan Memilih Beasiswa

Selain alasan melanjutkan studi dan memilih negara, kamu juga harus menuliskan alasan memilih beasiswa yang kamu incar.

Pentingnya Merevisi Motivation Letter

Motivation letter merupakan bagian pamungkas dalam melamar beasiswa. Karenanya, mengerjakan surat yang satu ini tidak sembarangan. Selain menggali poin-poin apa saja yang harus ada di dalamnya, kamu juga perlu cermat dalam menuliskannya.

Marlindah mengungkapkan perlunya membaca dan memperbaiki kembali motivation lettersetelah ditulis pertama kali. Hal senada juga dituturkan oleh Olivia D. Purba, peraih beasiswa Autralian Awards. Saat menulis supporting statement untuk melamar beasiswa tersebut, Olivia meminta komentar orang-orang di sekitarnya. Ia merevisi bagian itu berdasarkan berbagai masukan.

Sumber : idbeasiswa.com

Komentar