6 Cara Sukses Lakukan Presentasi yang Memukau!

presentasicover-02f3febc84b3fcd2829e1de3fe4402fe_568x284

6 Cara Sukses Lakukan Presentasi yang Memukau, Bagi Anda yang ingin tampil menyakinkan dihadapan banyak orang saat presentasi, memang tidaklah mudah. Semua itu butuh latihan, pembiasaan, dan kerja keras. Nah, bagi Anda yang ingin menyampaikan presentasi dan merebut perhatian para pendengar lakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Tingkatkan Wawasan dan Pengetahuan

Agar dapat lebih mudah menyampaikan isi dari presentasi, kamu harus menguasai dengan benar bahan yang akan disampaikan. Perbanyaklah informasi dengan cara membaca, berdiskusi dengan orang lain dan mencari bahan dari internet. Hal ini akan memudahkan kamu saat melakukan presentasi.

  1. Perhatikan Penampilan Anda

Berpakaian yang rapi dan bersih akan membuat kamu lebih percaya diri dan meyakinkan. Pakailah pakaian yang nyaman dan terbaik menurut kamu. Usahakan mengenakan pakaian berwarna cerah misalnya warna merah ataupun putih. Tapi, pastikan warnanya tidak menusuk mata siapa pun yang melihat.

  1. Kenali Siapa saja Audience

Berbicara di depan orang banyak merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Tapi dengan mengetahui audience kamu seperti apa, itu akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Ada tiga fakta penting yang perlu kamu ketahui berkaitan dengan audience. Pertama, saat menyampaikan presentasi mereka menganggap Anda sebagai seorang ahli. Kedua, mereka ingin Anda sukses menyampaikan materi dan yang ketiga, mereka tidak pernah tahu tentang apa yang akan Anda bicarakan.

  1. Lakukan Pemanasan Sederhana

Lakukan gerakan peregangan tubuh sederhana sebelum memulai menyampaikan presentasi. Kegiatan ini dapat membantu membuka saraf sehingga oksigen mampu masuk lebih banyak dalam tubuh. Menarik nafas dalam-dalam sesaat sebelum presentasi juga dapat membantu Anda untuk mengurangi gugup dan menghilangkan rasa stress yang terkadang bisa menyerang.

  1. Jangan Grogi, Cobalah Easy Going

Katika presentasi, jangan hanya kaku dan terdiam seperti patung. Berjalan atau bergerak di atas panggung akan membuat kamu terlihat santai namun serius.

Ketika kamu merasa melakukan kesalahan atau ada presentasi yang kurang, jangan bereaksi berlebihan. Jujurlah kepada audiensi dan lanjutan materi presentasi yang memang telah siap kamu sampaikan.

  1. Selalu Tersenyum

Tak ada orang yang senang melihat wajah cemberut. Jadi, hadapi setiap tatapan dengan senyuman. Rasa kantuk mereka pasti bakal menghilang ketika melihatmu yang antusias dan tersenyum ramah. Karena tersenyum akan memperlihatkan gigi kamu, maka jangan sampai ada yang salah, misalnya ada sisa makanan yang menempel. 

Sumber : Radarkampus.com

Komentar



error: Konten dilindungi!