4 Tips Ini Dijamin Membuat Resume Kamu Memukau

contoh-format-resume-yang-baik-untuk-melamar-kerjab

Menulis resume yang memukau menjadi satu tiket emas untuk mendapatkan pekerjaan baru. Tidak hanya membantu mendapatkan pekerjaan baru, namun juga menjadi alasan utama yang dapat membantu Anda menerima gaji dan posisi yang lebih baik.

Resume adalah alat marketing Anda, namun ada perbedaan yang jelas antara mempromosikan diri dengan baik atau menjadi sombong. Agar resume Anda terlihat memukau, pastinya Anda perlu menulis, menyampaikan, dan terstruktur dengan baik. Jangan lupa untuk menulis sesuatu yang membedakan Anda dengan kandidat yang lain.

Jadi bagaimana Anda merasa bahwa resume Anda dilirik? Apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan kesempatan interview? Jawabannya sangat simple: kunci dari menulis resume yang memukau adalah dengan mempromosikan keahlian yang Anda miliki, pengalaman dan pencapaiaan yang Anda dapat sehingga HRD mengerti apa yang hendak Anda sampaikan dan nilai yang bermanfaat untuk perusahaan tersebut.

Ini dia lima hal yang dapat Anda lakukan untuk menulis resume yang memukau:

  1. Fokus pada pencapaian-bukan tugas dan tanggung jawab:

HRD tidak begitu memperdulikan aktivitas sehari-hari Anda dan apa yang Anda kerjakan. Namun mereka lebih tertarik terhadap apa yang telah Anda capai dipekerjaan lama Anda. Jika resume Anda terlihat seperti sebuah catatan harian, saatnya menganti resume Anda dan fokus terhadap pencapaian yang pernah Anda terima. Jangan lupa juga untuk menyebutkan value yang telah Anda bangun dikantor lama Anda dan calon kantor Anda. Penulisan pencapaian terbukti sangat efektif untuk menarik perhatian pembaca (HRD)dan membedakan resume Anda dengan kandidat lain.

Contoh dari pencapaian yang dapat Anda tulis:

  • Bagaimana Anda meningkatkan pendapatan utama perusahaan
  • Bagaimana Anda dapat mengurangi jumlah anggaran keluar atau meningkatkan efisiensi bisnis
  • Ide baru, inovasi dan perubahan yang dilakukan dan menghasilkan sesuatu yang positif
  • Penghargaan khusus, gelar kehormatan atau awards.
  • Pelatihan dan mentoring

 

2. Gunakan contoh kuantitatif

Sama pentingnya dengan fokus terhadap pencapaian yang pernah diraih. Cara mudah untuk menunjukan prestasi dan kesuksesan Anda adalah dengan contoh. Gunakan angka, figur dan statistik untuk mendukung pernyataan Anda. Contohnya daripada menuliskan “meningkatkan penjualan, menambah besar hasil perusahaan”, lebih baik menuliskan “meningkatkan jumlah penjualan menjadi 25% selama 6 bulan”.

 

3. Gunakan kata kunci

Menggunakan kata kunci yang benar dalam resume Anda bukan hanya akan menarik perhatian pembaca (HRD) saja, namun juga akan meyakinkan mereka bahwa Anda terlihat profesional. Tentunya resume Anda tidak akan dilupakan begitu saja oleh HRD. Tingkatkan kualifikasi yang ada pada diri Anda dengan membuat resume dengan menggunakan diksi (pemilihan kata) yang benar.

Biasanya HRD hanya membutuhkan waktu 10 detik saja untuk menentukan apakah resume Anda menarik atau tidak. Rangkum kualifikasi diri Anda dengan baik pada resume Anda sebagai awal yang baik untuk memulai mencari pekerjaam impian Anda.

 

4. Hapus informasi tidak penting

Pastikan semua informasi yang ada di resume Anda bisa meningkatkan kesempatan Anda memperoleh pekerjaan impian Anda. Informasi yang tidak relevan hanya akan memenuhi resume Anda tanpa memberikan nilai tambah pada diri Anda. Contohnya jika Anda melamar untuk posisi project manager, yakinkah bahwa resume Anda menyoroti keahlian Anda dalam hal manajemen. Ingat bahwa resume Anda adalah sebuah tiket emas, jadi pastikan bahwa resume Anda memiliki nilai lebih daripada resume kandidat lain.

Sebuah resume yang menarik akan meningkatkan kesempatan Anda untuk bertemu dan menceritakan siapa diri Anda dan apa keahlian Anda kepada HRD tempat Anda melamar pekerjaan. Fokus pada resume Anda dan promosiklan diri Anda dengan baik agar kesempatan mencari pekerjaan impian semakin besar. Jika Anda telah membuat sebuah resume yang menarik, tugas Anda selanjutnya adalah melahap semua pertanyaan dari HRD dan ceritakan siapa diri Anda pada saat interview.

 

Sumber : www.jobstreet.co.id

Komentar



error: Konten dilindungi!