Perbedaan Penggunaan In, On At dalam Bahasa Inggris

perbedaan-penggunaan-preposition-in-on-dan-at-dalam-bahasa-inggris-1-2
13925196_1103749946353652_8442899595218872114_n
Nah, kali ini icampusindonesia.com akan mengajak teman-teman semuanya memahami perbedaan tiga kata yang hampir sama penggunaannya. Terlebih ketika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Semua berarti “di/pada”. Preposisi in, on dan at terkadang membuat kita bingung. Native speaker atau bule yang sudah belajar bahasa inggris dari kecil saja kadang bingung, apalagi kita yang bisa dikatakan sebagai beginner atau pemula dalam bahasa inggris. Lebih bingung pastinya.
Kita lebih sering menggunakan seenaknya yang penting enak untuk didengar. Hal itu merupakan hal yang wajar dikarenakan jarang sekali kita mendapatkan materi perbedaan in, on, dan at.
Nah, sudah tahu salah, jadi perlu belajar untuk memperbaikinya agar kekeliruan tidak berlanjut.

Yuk, kali ini icampusindonesia.com mengajak teman-teman semua memahami perbedaaan ketiga preposisi tersebut. Gampang-gampang susah memang, terlebih jika kita tidak terbiasa menggunakannya. Namun jika kita mau belajar, memahami dan mempraktekkannya dalam keseharian, maka kita akan lebih mudah memahami perbedaan diantara ketiganya.

 

Perbedaan In, On dan At

Ketiga preposisi tersebut terbagi menjadi 2 hal penting, yakni perbedaan waktu dan lokasi. Yuk kita simak langsung pebedaannya.

1. Waktu

Pembahasan pertama pada peletakan perbedaan waktu.

Perhatikan tiga contoh kalimat dibawah ini :

– Habibi was born in 1945.
– Habibi was born on September 17th.
– Habibi was born at 10:17 PM.

Coba perhatikan lagi perbedaaan diantara ketika contoh diatas. Penggunaan ketika preposisi sudah sangat terlihat jelas. Lalu, kenapa ketiga penggunaan preposisi tersebut berbeda? Kenapa kita tidak bisa menggunakan Habibi was born at 1945? Yuk kita simak pembahasannya.

In

Nah, pada contoh pertama, kita menjelaskan tentang tahun. Maka penggunaan In lebih tepat dibandingkan on atau at. Kata depan in juga biasa digunakan ketika kita berbicara terkait abad, bulan (bulan saja, bukan tanggal), pagi, siang, sore, dan malam. Kenapa demikian? Penggunaan in lebih menjelaskan waktu secara general atau umum.

On

Selanjutnya adalah On. Pada preposisi On ini, penggunaannya lebih spesifik dibandingkan In. Dalam konteks waktu, dapat kita lihat pada contoh yang ada diatas, yakni lebih spesifik pada penggunaan tanggal. Logikanya, tanggal lebih umum dibandingkan abad, tahun, dan bulan. Selain itu, On juga digunakan pada penggunaan hari-hari, seperti On Sunday, On Monday, On Saturday, dan selanjutnya.

At
Terakhir, yaitu At. Pada penggunaan At, lebih spesifik lagi dibandingkan In dan On. Penggunaannya lebih spefisik dibandingkan In, yakni lebih spesifik dari bulan. Dan lebih spesifik dibandingkan penggunaan On, yakni tanggal. Seperti pada contoh diatas, penggunaan At lebih pada penggunaan Jam.

Misalnya seperti waktu dari sesuatu yang terjadi. Logikanya waktu kejadian itu lebih spesifik dibandingkan dengan tanggal atau tahun dari suatu kejadian.

 

2. Place atau lokasi

Penggunaan Kedua adalah digunakan untuk menunjukkan Lokasi.

Perhatikan 3 contoh kalimat dibawah ini

– Sekar lives in Tangerang.
– Sekar lives on Ketawang Gede Street.
– Sekar lives at 18th Ketawang Gede Street.

Ok, sepertinya tanpa kita bahas perbedaaan ketiganya, teman-teman semua sudah bisa memahami perbedaannya. Sudah bisa diambil dari perbedaan penggunaan waktu. Untuk lebih jelasnya, kita bahas sekali lagi perbedaan In, On dan At, tapi dalam segi lokasi.

In
Sama seperti waktu, dalam konteks lokasipun, In memiliki konteks yang lebih luas dan umum. Seperti pada contoh diatas, menjelaskan dimana Sekar tinggal tanpa ada rincian rumah, dan alamat lengkapnya. Biasanya In digunakan untuk menunjukkan Benua, negara, provinsi dan kota secara umum.

On
Sementara pada penggunaan On, digunakan untuk hal lebih terperinci dibandingkan In. Ruang lingkupnya lebih kecil daripada kota. On sudah lebih menunjukkan pada jalan dimana Sekar tinggal. On juga digunakan untuk menunjukkan letak Sungai, Pulai, Pantai, Jalan, dan sebagainya.

At
Nah, terakhir pada penggunaan At. Pada preposisi at, kita mendapatkan alamat sekar dengan nomor rumahnya. Hal ini lebih spesifik dibandingkan preposisi In dan On.

 

Perhatikan contoh lain penggunaan preposisi In, On dan At pada kalimat dibawah ini:

– Umar was in Musholla.
– Umar was on Musholla.
– Umar was at Musholla.

 

Coba perhatikan ketiga kalimat diatas, semuanya hampir sama kan penggunaannya? Namun ketiganya memiliki arti yang berbeda. Dimanakah perbedaannya? Yuk kita rinci satu persatu.

In
Nah, jika kalian menggunakan kata in, maka anggapannya adalah Umar sedang berada di dalam Musholla.

On
Sementara jika menggunakan On, maka maknanya adalah Umar berada diatas Musholla. Bisa jadi Umar sedang membenahi genteng atau memasang speaker Musholla.

At
Nah, jika kamu menggunakan At, maka yang terjadi maknanya adalah Umar sedang berada di depan Musholla. Kata At digunakan sebagai acuan dimana posisi Umar detik ini.

 

Nah kawan-kawan icampusindonesia.com, itu tadi pembahasan tentang perbedaan In, On, dan At. Semoga dapat membantu teman-teman dalam memahami perbedaan ketiganya.

Oleh : Mumtaz via icampusindonesia.com

Komentar



error: Konten dilindungi!