Present Continuous Tense

maxresdefault-2

Pengertian dan Kegunaan Present Continuous Tense

Present Continuous Tense disebut juga dengan Present Progressive Tense yang digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung di waktu present atau sekarang. Present Continuous Menggunakan Be-Present sebagai Kata Bantu dalam pembentukkan pola kalimatnya.

Fokus pembelajaran present continuous tense ini harus diarahkan pada 2 (dua) hal pokok:

  1. Auxiliary

    Auxiliary yang digunakan dalam pembentukkan Present Continuous Tense ini adalah: be-present, yang anggotanya terdiri atas 3 jenis be, yakni: AmIs dan Are. Masing-masing anggota be-present tersebut digunakan berdasarkan subjectnya.
    Misalnya:
    .

    • Bila subjectnya berupa: I, maka gunakanlah be-present AM.
    • Bila subjectnya berupa: You, We atau They atau padanannya, maka gunakanlah be-present ARE, dan
    • Bila subjectnya berupa: He, She atau It atau padanannya, maka gunakanlah be-present IS.
      .

    Ketentuan ini bersifat mutlak sebagai bentuk kaidah atau aturan Grammar Bahasa Inggris (English Grammar).
    .
    Dikarenakan auxiliary be-present digunakan sebagai “alat” untuk membantu pembentukkan tense Present Continuous Tense, maka auxiliary be-present ini bisa disebut sebagai verb auxiliary (kata bantu kata kerja). Dalam hal ini, kata kerjanya berupa: Verb-Ing.
    .

  2. Verb

    Kata kerja (Verb) yang digunakan dalam pembentukkan Present Continuous Tense ini adalah Kata KerjaPresent Participle yang disebut juga dengan Verb-Ing atau Ing Form Verb, yaitu kata kerja dasar (Bare-infinitive/ Infinitive) yang ditambah akhiran (Suffix) berupa: -Ing.
    Contoh:
    .
    Go + ing > going
    Send + ing > sending
    Walk + ing > walking
    Speak + ing > speaking, dsb.
    .

Selanjutnya, pembentukkan pola Kalimat Present Continuous Tense ini terjadi dengan penggabungan kedua unsur pokok tersebut, yakni: Be-present + Present Participle.

Be-present + Present Participle

Contoh:
I am speaking English. (speaking = present participle)
She is talking to me now. (talking = present participle)
They are singing together. (singing = present participle)

Seperti pada bahasan yang lalu mengenai Bentuk Pola Kalimat Dasar dalam Bahasa Inggris, bahwa kalimat dasar itu (menurut pelg-grammar.blogspot.com) ada 2 jenis; Kalimat Nominal (Nominal Sentence) dan Kalimat Verbal (Verbal Sentence).
Seperti pada Simple Present dan Simple Past, Present Continuous pun memiliki 2 jenis pola itu.

Pola Kalimat Present Tense sebagai Bentuk Kalimat Verbal

Tidak seperti kalimat simple present atau simple past dan sejenisnya, tenses serba continuous/progressive memanfaatkan gabungan antara be-present dan kata kerja jenis present participle sebagai bentuk Pola Kalimat Verbal. Dengan demikian, seakan-akan present continuous (atau seluruh jenis tenses yang ada Continuous/Progressive Tense-nya) tidak memiliki kalimat nominal.

Kalimat nominal pada tenses serba continuous adalah kembali kebentuk kata bantu yang mendasari pembentukkan pola kalimat verbal-nya. Bila be-present sebagai kata bantu pembentukkan pola verbal itu, maka simple present bentuk nominal-lah yang menjadi pola kalimat nominal present continuous. Demikian pula pada past continuous, future continuous, perfect continuous, dsb.

Contoh:

Pola Kalimat Verbal – Present Continuous:

Irsyad is calling his grandpa.

Pola Kalimat Nominal – Present Continuous:

Irsyad is happy.

–> Be-present “IS” dalam kalimat nominal ini berkedudukan/berfungsi sebagai kata kerja (Structural Verb). Lihat bahasan yang lampau mengenai Structural & Lexical Verb. Sebutan atas kalimat verbal di tenses “present continuous” ini mesti mencakup: penggunaan be-present dan verb-ing (present participle).

Pola Kalimat Negative – Present Continuous Tense

Bentuk kalimat negative di present continuous Tense ini ditandai dengan penambahan NOT setelah be-present. Lihat kembali bahasan seputar Simple Present Tense.

BE + NOT + PRESENT PARTICIPLE

Contoh:
I am not having meal now.
She is not planting a flower.
They are not still discussing the case.

Pola Kalimat Interrogative – Present Continuous Tense

Bentuk kalimat interrogative/ pertanyaan di present continuous Tense ini ditandai dengan meletakkan be-present didepan kalimat atau didepan subject.

BE + SUBJECT + PRESENT PARTICIPLE ?

Contoh:
Are you doing anything?
Is she having a meeting right now?
Am I talking to you?

Adverb of Time didalam Present Continuous Tense

Penggunaan adverb of time didalam present continuous tense sering kali diletakkan di akhir kalimat, seperti;
I am working at the company now.
Penggunaan adverb of time dapat diletakkan:

  • Awal Kalimat
    Contoh: Now I am working at the company.
    .
  • Didepan Kata Kerja.
    Contoh: I am now working at the company.
    .
  • Diakhir Kalimat
    Contoh: I am now working at the company.
    .

Contoh adverb of time yang sering di gunakan dalam Present Continuous Tense, yakni:
now, right now (right disini bentuk penegasan), at present, at this moment, currently.

Catatan atas Pengertian dan Kegunaan Present Continuous Tense.
Penggunaan present continuous tense dalam suatu konteks (kalimat atau percakapan) tidak mutlak “Detik ini juga sedang terjadi sesuatu”. Makna “Present” mengacu pada suatu kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Dengan kata lain, tidak harus/mutlak kejadian itu detik ini juga terjadi.

Present Continous Tense digunakan Dalam suatu proses kejadian.
Contoh:
The machine is processing the data.

Pada contoh ini, mesin tersebut dioperasikan setiap hari hingga waktu yang ditetapkan untuk berhenti. Pada saat pernyataan [the machine is processing the data] diucapkan, proses itu masih berlanjut walaupun telah berlangsung dari waktu lampau.
Karena alasan inilah kenapa penggunaan present perfect continuous tense dan present continuous tense dianggap memiliki pengertian yang sama untuk contoh kasus diatas. Sehingga, kedua kalimat ini mengandung makna dan fungsi yang sama didalam menyatakan suatu proses kejadian:.

  • The machine has been processing the data.
  • The machine is processing the data.

Contoh lain sbb:
Mr.Irsyad is working at the company now.

Kalimat itu mengandung 2 pengertian:

  1. Detik ini juga bisa saja Bapak Irsyad sedang bekerja di perusahaan itu.
  2. atau, hingga saat ini (now) Bapak Irsyad masih bekerja dan berstatus tenaga kerja, karyawan atau manager di perusahaan itu, walaupun Bapak Irsyad saat ini sedang berada dirumah.

Perhatikan contoh percakapan berikut ini:
Linda: What is your occupation? Who do you work for?
Mr.Irsyad: I’m a Financial Manager. I am working for PT.SITUS.COM now.

Pola Present Continous Tense dapat juga digunakan untuk menyatakan sesuatu yang akan (dan sedang berlangsung) dimasa yang akan datang. Ingat! ini POLA kalimat present continuous tense dan bukan Future Tense atau Future Continuous Tense.

Contoh:
Shinta is leaving tomorrow morning. (Saya akan berangkat besok pagi).

Dalam kalimat tersebut memberi pengertian pada kita bahwa Shinta berencana akan berangkat besok dan untuk itu, misalnya, malam ini, ia tengah mempersiapkan keberangkatannya tersebut. Dalam contoh kasus ini, kita tidak sedang berbicara fungsi dan kedudukan tenses tapi lebih mengarah ke POLA KALIMAT yang menggunakan pola present tense didalam menyatakan suatu proses yang saat ini sedang terjadi akan tetapi belum terjadi secara ril. Dengan kata lain, saat ini sedang dalam proses.

Penggunaan pola kalimat tersebut memberi pengertian akan suatu rencana pasti atau mengandung kepastian. Yang jelas ini berbeda dengan Future Tense, seperti: “Rudi will be there tomorrow.” yang memberi pengertian bahwa, Rudi bisa berada disana besok atau Rudi akan menunda atau membatalkannya. Kepastian akan beradanya Rudi disana besok sama dengan batalnya rencana untuk berada disana besok. Disini dapat kita simpulkan bahwa Future Tense mengandung kepastian 50% dan ketidakpastian juga sebesar 50%.

Kesimpulan:
Dengan melihat uraian rinci diatas dapat kita simpulkan bahwa Present Continuous Tense digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang berkaitan/berkenaan dengan:

  • kejadian yang detik ini juga sedang terjadi/berlangsung atau still in progress.
  • kejadian yang terjadi dalam proses – dan telah dimulai dari waktu yang lampau.
  • kejadian yang akan terjadi dimasa yang akan datang dan mengandung kepastian.

Sumber : pelg-grammar.blogspot.co.id

Komentar



error: Konten dilindungi!