American University Emerging Global Leader Scholarship – Beasiswa Kuliah S1  

american-university

Mahasiswa internasional termasuk dari Indonesia berkesempatan untuk melanjutkan studi pada jenjang S1 di Amerikan Serikat dengan menggunakan beasiswa dari salah satu perguruan tinggi disana yaitu American University. Melalui program AU Emerging Global Leader Scholarship, pihak American University menawarkan beasiswa bagi para kandidat yang memiliki prestasi akademik, potensi kepemimpinan, dan keinginan untuk terlibat dalam lingkup global di masa depan.

Program beasiswa dari AU ini memberikan tanggungan biaya secara penuh untuk kuliah, makan, dan tempat tinggal. Namun biaya-biaya lainnya seperti buku, asuransi kesehatan, pesawat, dan berbagai biaya lain yang bisa muncul kaitannya dengan studi di AS tidak ditanggung oleh beasiswa ini. Kandidat yang ikut seleksi dan akhirnya diterima dalam program beasiswa ini nantinya bisa memperbarui beasiswanya setiap tahun selama maksimal 4 tahun pada studi S1 yang diambil. Namun hal tersebut dipengaruhi juga oleh pencapaian akademik yang memuaskan. Jika teryata kandidat tidak lolos dalam seleksi beasiswaini maka ia masih bisa mendapatkan beasiswa lain yang berupa beasiswa parsial. Setelah selesai menepuh studi di AS para penerima beasiswa ini diharapkan segera pulang ke negaranya masing-masing untuk melayani masyarakat demi membawa negara asalnya ke masa depan yang lebih baik.

Untuk bisa mengikuti program beaswa dari American University ini para kandidat harus memenuhi pesyaratan utamanya yaitu:
1. Buka merupakan warganegara Amerika Serikat, memiliki kewarganegaraan ganda yang salah satunya Amerika Serkat, atau penduduk Amerika Serikat
2. Belum terdaftar sebagai mahasiswa S1 dan mulai kuliah baik itu di negara asal maupun di Amerika Serikat

Bagi yang memenuhi persyaratan tersebut nantinya masih akan ad kriteria tertentu suntuk menjadi prioritas pada seleksi yang dilakukan. Kandidat yang dutamakan adalah:
1. Berasal dari beragam latar belakang sosial ekonomi global dan kurang terwakili serta berhasil mengatasi berbagai tantangan serta kendala
2. Memiliki IPK minimal 3.8 atau termasuk dala 10% lulusan terbaik di kelas 9-12
3. Memiliki skor TOEFL iBT 95, TOEFL PBT 600, atau IELTS 7.0

Selanjutnya setelah persyaratannya dipahami maka pendaftaran untuk mengikuti seleksi program beasiswa dari American University ini bisa dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
1. Melengkapi formulir pendaftaran online pada tautan berikut (link).
2. Mengajukan bank letter dan juga formuir AU certification of Finances (AU CFIS) masing-masing menunjukkan nilai minimal USd 4.000 yang discan kemudian disimpan dalam format pdf dan dikirim ke emailadmissionsdocuments@american.edu.
3. Ajukan skor resmi TOEFL atau IELTS yang discan dan lalu dikirimkan ke alamat email admissionsdocuments@american.edu.
4. Lengkapi dan kirim aplikasi umum dan semua dokumen pendukung yang diminta seperti tercantum pada tautan berikut (link).
5. Jika mendaftarkan diri melalui program lain yang didukung oleh EducationUSA seperti CCC, USAP, Diana Kamal Scholarship maka harus menyediakan surat dari pembimbing EducationUSA yang memberikan konfirmasi terkait pengajuan permohonan atau pendaftaran kandidat
6. Jika tidak terpilih sebagai fnalis maka masih bisa dipertimbangkan untuk penerimaan sebagai mahasiswa di American University dan bisa mendapatkan beasiswa parsial dengan menunjukkan bukti pendanaan sejumlah USD 62.819 untuk estimasi pada tahun pertama studi di Amerika Serikat.

Pendaftaran untuk program ini dibuka hingga 15 Desember 2016 jadi segera lakukan pendaftaran jika ingin mendapatkan beasiswa ini. Nantinya kandidat yang lolos seleksi awal akan menjalani wawancara menggunakan media Skype. Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa ditanyakan melalui email pada alamatintadm@american.edu atau dengan mengunjungi laman resmi American University pada tautan berikut (link).

Sumber : Berkuliah.com

Komentar