5 Aplikasi yang Wajib Kamu Install untuk Memudahkan Harimu!!!

kuota internet

Bukan hanya pangan, sandang dan papan, kehadiran smartphone kini juga sudah menjelma menjadi barang primer. Gimana enggak, wong bangun tidur aja yang dicari langsung gawai kesayanganmu itu kan? Setelah puas scrolling sosmed dan membalas chat yang masuk, baru deh kamu bangun dari kasur dan siap memulai hari.

Eh, belum puas deng.

Mandi sambil putar lagu kesayangan dari hape, bikin sarapan liat tutorial yang pernah kamu baca di Hipwee, sarapan sambil liat berita terkini lalu di perjalanan sambil menonton drama yang sudah kamu copy malam sebelumnya. Duh, emang ya susah banget lepas dari smartphone! Ya memang berbagai fitur dan aplikasi yang ada mempermudah hidup sih. Tapi yang perlu diingat, jangan sampai malah membuatmu jadi malas dan tidak produktif ya! Dengan segala kecanggihan abad ini, smartphone memang alat yang mampu memudahkan harimu…..atau membuatmu semakin malas. Kalau kamu merasa ada di golongan yang kedua, nih Hipwee kasih tau lima aplikasi yang wajib ada di hapemu agar lebih produktif dan terorganisir. Psst, kelima aplikasi ini gratis loh jadi segera install ya!

1. Saat ini masih menggunakan kalender bawaan di hapemu? Coba Google Calendar yang lebih terintegrasi deh!

Sering buat to-do list tapi tidak banyak yang berhasil tercentang? Mungkin kamu belum mampu menentukan prioritas. Atau mungkin kamu tidak menjadwalkannya? Daftar pekerjaan hanya akan menjadi daftar kalau kamu tidak menambahkan keterangan waktu setelah harus melakukan apa. Selain berfungsi sebagai pengingat ulang tahun atau event penting layaknya fungsi kalender pada umumnya, Google Calendar juga memiliki fitur reminder. Kamu bisa membuat jadwal kegiatanmu lalu tambahkan reminder deh. Notifikasi akan muncul dan kamu bisa mencentang done setelah kamu menyelesaikan pekerjaanmu.

Selain itu aplikasi ini juga terintegrasi dengan banyak aplikasi lain. Melihat event menarik yang ingin kamu kunjungi? Tinggal klik “Attend” secara otomatis event itu tercatat di Google Calendar. Kamu sedang mengikuti acara seminar dan ada yang ingin kamu catat? Judul di aplikasi notesmu akan otomatis menjadi “Notes from (kegiatanmu)”. Punya target olahraga sore tiga kali seminggu? Tulis saja goal-mu dan Google Calendar akan memilihkan waktu yang tepat. Mudah kan?

2. Terlibat dalam beberapa project tapi catatan penting tersebar di berbagai tempat? Gunakan Trello!

Terinspirasi dari sistem kanban yang mengorganisir workflow secara visual (menggunakan kartu), Trello merupakan project management tools yang tepat untuk kamu yang sedang terlibat dalam beberapa project dan berkolaborasi dengan banyak orang. Kamu bisa mengatur kartumu ke dalam beberapa kolom (seperti “To Do”, “Doing” dan “Done”) pada suatu board. Kartu ini dapat dipindahkan ke kolom lainnya. Awalnya kamu membuat daftar tentang apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuanmu itu di kolom “To Do” lalu memindahkannya di kolom “Doing” saat sedang proses mengerjakan dan “Done” ketika pekerjaanmu itu telah selesai. Nama dan jumlah kolom dapat kamu sesuaikan sesukamu. Bisa saja kamu tambah “Maybe Later” sebagai tambahan atau yang lainnya.

Aplikasi ini juga cocok untuk kamu yang suka membuat banyak list. Wishlist buku, pakaian atau mau pergi kemana untuk akhir pekan mungkin? Di setiap kartu terdapat fitur attachment. Jadi kamu bisa menaruh gambar dari tempat yang ingin kamu kunjungi itu hingga link pemesanan tempat. Trello dapat mengorganisir berbagai hal yang ada di hidupmu menjadi lebih rapih. Jadi kalau sedang bosan dan (merasa) tidak ada kerjaan, daripada mengintip sosial mediamu lagi lebih baik mengintip Trello dan melihat hal apa yang bisa kamu lakukan kan?

3. Untuk mengetahui berita terkini dari website favoritmu, buka saja Feedly!

Darimana kamu mendapatkan berita mengenai isu terkini? Dari website favoritmu? Scrolling lalu saat menemukan judul yang menarik kamu klik dan baca? Setelah puas membaca di website itu lalu loading website favoritmu yang lain dan melakukan hal yang sama seperti sebelumnya? Well, sebetulnya itu cukup membuang waktu sih. Bisa jadi malah waktu mencarimu itu lebih lama daripada waktu membacanya. Mulai sekarang, coba gunakan Feedly deh. Feedly mengumpulkan news feeds dari berbagai macam sumber berita online yang dapat disesuaikan dengan pilihanmu. Aplikasi ini juga memiliki fitur share dan bookmark di atas setiap artikel yang kamu baca. Jadi ketika kamu menemukan artikel yang menarik, kamu bisa membagikannya ke followers di media sosial dengan mudah.

4. Pernah ngerasa uangmu seharusnya masih ada 500ribu, tapi nyatanya tinggal 5ribu? Duh. Makanya, atur keuanganmu dengan MoneyLover!

Skill mengatur keuangan wajib dimiliki oleh setiap orang. Mencatat pendapatan dan pengeluaranmu setiap saat memang terdengar mudah, namun setelah seminggu menjalaninya belum tentu kamu akan mencatat serajin di awal mencoba. Kuncinya? Komitmen dan aplikasi pencatat keuangan yang tepat. MoneyLover! memiliki tampilan UI yang simpel dan menarik. Terdapat beberapa kategori yang dapat kamu atur sendiri nama, ikon serta jenisnya (pendapatan atau pengeluaran). Grafik pengeluaran ditampilkan dalam bentuk pie chart yang dapat kamu lihat dengan cepat kategori apa yang paling banyak mengikis dompetmu. MoneyLover! juga memiliki fitur Budget. Kamu dapat membuat batas pengeluaran pada setiap kategori dan aplikasi ini akan memberimu notifikasi ketika pengeluaranmu mencapai batas. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah adanya fitur daily reminder yang dapat kamu atur sendiri waktunya dan aplikasi ini bebas iklan!

5. Sering menemukan kata yang tidak kamu pahami? Kamus offline wajib ada nih di gawaimu.

Kamu pasti pernah menjumpai kata yang terdengar asing, baik saat membaca buku, artikel atau iklan yang ada di jalanan. Daripada kamu googling setiap kali menemukan kata asing, coba deh selalu siap sedia kamus offline di hape kamu. Kamus offline yang wajib dipunya adalah kamus terjemahan Inggris-Indonesia dan KBBI, karena dua bahasa itu yang sering kita jumpai sehari-hari. Kalau kamu sedang mempelajari bahasa lain, silahkan atuh dicari juga kamus offline bahasa tersebut di playstore. Aplikasi kamus offline umumnya sama satu dengan yang lainnya, jadi terserah kamu mau install yang mana~

Sumber : hipwee.com

Komentar



error: Konten dilindungi!