7 Website Terbaik untuk Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

6548fc025ea2af526d045f933e89f569t5077304

Belakangan ini perkembangan desain grafis di tanah air sedang ramai – ramainya, entah itu untuk kepentingan desain clothing, web desain atau kegiatan desain lainya. Bahkan tidak sedikit orang – orang yang mulai interest dengan kegiatan desain ini mulai mengikuti kursus komputer atau kursus privat desain grafik yang sering ditawarkan oleh lembaga pendidikan computer. Nah tapi ada yang perlu teman – teman ketahui, bahwa belajar desain grafis tidak selalu dilakukan melalui kursus desain, teman – teman juga bisa mempelajarinya sendiri secara otodidak melalui situs-situs desain grafis yang kini telah banyak tersedia di internet. Selain banyak menyediakan informasi tips dan trik, cara desain, turorial desain yang dikemas dalam artikel yang simple, apik dan update, situs – situs desain grafis tersebut juga bermanfaat sebagai sumber referensi dan inspirasi, mengenai desain grafis. Nah dengan keberadaan situs – situs tersebut tentu sangat membantu bagi teman – teman yang kini sedang belajar desain, kamu sendiri juga bisa memilih situs desain grafis berbahasa Indonesia yang dikembangkan oleh anak bangsa maupun situs desain grafis berbahasa Inggris dari luar negeri. Pada umumnya tutorial yang disediakan situs desain grafis luar negeri akan lebih komplit dan bervariasi, jadi teman – teman akan sangat terbantu. Nah, lalu apa saja situs – situs desain grafis tersebut ? berikut Nassionalis.id berikan ulasannya;

1. Hongkiat
Situs desain grafis yang satu ini sudah mulai dikebangkan sejak tahun 2007, didalam situs ini menyediakan artikel tips desain terkini yang diupdate setiap hari. Sehingga akan sangat cocok dijadikan sebagai sumber inspirasi desain harian buat teman – teman yang sedang dirundung galau karena buntu inspirasi. Para desainer grafis, web developer, blogger, penggemar teknologi akan sangat terbantu dengan keberadaan Hongkiat, karena situs ini memang ditujukan untuk mereka. Tidak hanya itu situs desain grafis yang satu ini juga menyediakan artikel-artkel menarik lainnya yang berhubungan dengan teknologi informasi terbaru, seperti berita perkembangan gadget terkini dan internet. Jadi selain belajar desain, teman – teman juga akan mengetahui perkembangan terbaru dari dunia teknologi.

2. Graphic Burger
Yang dimaksud disini bukan makanan cepat saji ya, Graphic Burger adalah sebuah situs desain grafis yang dikembangkan oleh Raul Taciu. Seorang yang gemar dan tergila – gila dengan dunia desain, seperti Photoshop dan hal-hal berbau desain grafis lainnya. Jadi nggak heran kalau situs desai grafis yang dikembangkan dan dikelola oleh salah seorang geek design asal Rumania ini banyak menyajikan freebies keren yang bisa kamu unduh secara bebas dan gratis. Nah jadi buat kamu yang sedang kebingungan mencari koleksi font, icon, dan mock up untuk keperluan desain, kamu bisa nih kunjungin situs yang satu ini, karena seperti yang saya sebutkan diatas tadi, keperluan – keperluan desain tersebut bisa kamu unduh secara cuma – cuma. Sehingga dengan adanya situs desain grafis yang satu ini akan sangat membantu dan memperkaya referensi kamu untuk dipakai sewaktu-waktu dalam keperluan mendesain.

3. Abduzeedo
Simpel, minimalis dan tidak banyak iklan yang mengganggu adalah sesuatu yang ditawarkan oleh Abduzeedo, dengan begitu juga kegiatan belajar desain kamu di situs ini akan menjadi lebih leluasa dan lebih mudah. Abduzeedo adalah situs desain grafis yang didirikan oleh seorang desainer grafis asal Brazil Fabio Sasso beserta temannya Fabiano Meneghetti dan telah online sejak tahun 2006 lalu, situs yang terus dikembangkan hingga sekarang ini banyak menyajikan aneka tutorial desain grafis, beragam artikel desain menarik, inspiratif dengan tata bahasa yang teratur, rapi dan mudah dimengerti sehingga akan sangat membantu kegiatan belajar desain grafis yang sedang kamu lakukan. Tidak hanya itu Abduzeedo juga banyak menyediakan tutorial Photoshop, Illustrator, Fireworks, dan tutorial desain lainya. Kamu juga akan banyak mendapat referensi dan inpirasi desain baru, karena di dalam situs yang satu ini juga menawarkan berbagai koleksi desain seperti typography, vector, logo dan lain sebgainya yang bisa dijadikan acuan belajar desain grafis kamu.

4. Spoon Graphics
Satu lagi situs desain grafis yang menyediakan freebies yang tentunya sangat berguna untuk kebutuhan desain kamu. Yaps Spoon Graphics adalah sebuah situs desain grafis yang dikembangkan dan dikelola oleh seorang grafis designer bernama Chris Spooner sejak tahun 2007 lalu, Chris sendiri sengaja mendesain kontenya ini secara friendly, sehingga memudahkan siapa saja yang ingin belajar desain di dalam situs desain grafis besutanya. Setiap tatanan menu juga disusun dengan rapi dan mudah akses, selain itu banyak juga artikel tutorial desain grafis untuk kamu yang ingin mempelajari trik-trik komputer grafis terbaru. Spoon Graphics juga menyajikan berbagai artikel-artikel desain grafis terbaru yang menampilkan berbagai desain menarik sehingga akan sangat membantu kamu yang mau mencari inspirasi desain.

5. Creative Bloq
Creative Bloq bisa dibilang sebagai situs blog desain terlengkap yang pernah saya temui sejauh ini, didesain secara simple dan keren dengan berbagai menu dan sub menu menarik seperti web desain, 3D, digital art, animasi, ilustrasi, dan masih banyak lagi. Saat mengunjungi situs ini kamu akan banyak menemukan berbagai artikel keren yang membahas tentang berita, informasi desain grafis, selain itu juga terdapat tutorial lengkap yang bisa sekedar kamu baca atau langsung kamu praktekan. Berbagai artikel mengenai dunia game dan gadgets juga dibahas secara update dalam situs desain yang satu ini.

6. Designrfix
Designrfix merupakan website desain grafis yang membahas seputar perkembangan desain grafis dunia, didalam situs ini banyak menampilkan aneka macam artikel terbaru dan update seputar desain grafis dan web desain. Ada juga berbagai menu keren yang bisa kamu jelajahi secara bebas, seperti Tutorials, Resources, Graphic design, Web design dan Inpirasi. Jadi jangan khawatir kehabisan inspirasi dan referensi desain lagi karena semua yang kamu butuhkan sudah ada didalam Designrfix, tersedia juga tips dan trik desain terkini yang tersaji lengkap untuk kamu yang sedang mencari bahan referensi desain, apa lagi situs ini juga menyediakan freebies keren yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan desain yang sedang kamu kerjakan.

7. Desainstudio
Dan yang terakhir ada desainstudio, jika kebanyakan website desain grafis diatas adalah dari luar negeri dan berbahasa inggris. Lain halnya dengan desainstudio. Desainstudio merupakan situs desain grafis karya anak bangsa yang bisa dibilang cukup lengkap, bahkan sangat membantu buat kamu yang ingin belajar desain grafis tanpa harus men-translate dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia karena setiap artikel memang menggunakan bahasa Indonesia. Menyajikan berbagai konten dan kategori keren seperti artikel desain, desain grafis, illustrator, InDesign, logo dan masih banyak lagi. Tidak perlu takut buntu inspirasi karena desainstudio juga melampirkan berbagai inspirasi desain yang sudah pasti akan memecah kebuntuan inspirasi kamu, ada juga berbagai tips dan tutorial yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pembelajaran atau kamu praktekan langsung, dan lebih gokilnya lagi, desainstudio juga menyediakan freebies seperti font, mock up, template, dan icon yang bisa kamu unduh sesuka hati alias gratis.

Nah itu tadi beberapa situs desain yang bisa kamu kunjungi untuk belajar desain grafis di Internet, buat kamu juga yang membutuhkan ide atau inspirasi desain yang baru dan segar semoga beberapa situs desain diatas bisa membantu dalam menambah wawasan kamu didalam dunia desain. Belajar desain grafis memang susah tapi bukanlah hal yang mustahil, semuanya tergantung dari niat dan kemauan kita untuk menguasainya. Nah mungkin kamu juga punya situs desain favorit tapi belum tersemat dalam list diatas, bisa langsung dituliskan dikolom komentar. Oke guys, good luck and have a good study.

Sumber : nasionalis.id

Komentar



error: Konten dilindungi!