Tipe-tipe Mahasiswa Menjelang Deadline Tugas

732f677295608d1d9898840cbcc0cc88d51a52t05065e30

Sebagai mahasiswa, tugas sudah merupakan separuh jiwa dari mereka. Tugas yang bertubi-tubi silih berganti berdatangan menghampiri dan tak bisa dikelak mau tidak mau harus diselesaikan demi nilai yang kadang tak sebanding dengan yang mereka kerjakan. Namun, tugas-tugas itu kadang lebih suka mereka buat menumpuk dan akan mereka biarkan tanpa progress hingga detik-detik menjelang deadline. Dikasih tugas dari jauh-jauh hari, mereka malah lebih senang mengerjakan sehari hingga sejam sebelum waktunya untuk ngumpulin. Biar greget dan nantang gitu kali ya? Nah, terus gimana tuh jenis-jenis mereka disaat sudah mepet dengan waktunya pengumpulan. Penasaran? Berikut tipe-tipe mahasiswa menjelang deadline tugas yang biasa hadir di kampusmu.

1. Mahasiswa Luar Biasa
Kalau yang ini sih, biasanya mahasiswa yang rajin banget, gapernah bolos, semua tugas dikerjakan udah dari kapan tau. Jadi, detik-detik menjelang deadline dia mah udah nyantai dan kadang dengan senang hati mengajarkan dan memberi contekan. Sayangnya, biasanya makhluk seperti ini jarang bermunculan di fakultas teknik, apalagi cowo-cowonya…

2. Mahasiswa Luar Binasa
Tipe yang ini rajinnya sama kaya yang diatas. Bedanya, si tipe ini pelit banget buat ngasih contekan ke kita saking gamau kesaing nilainya. Biasanya mereka bakalan ngasih alibi “belum, aku belum mulai ngerjain kok”, padahal diem-diem udah ngumpulin langsung kali ke meja dosen…

3. Mahasiswa Terkantuk-kantuk
Tipe yang ini sebenarnya agak kasian sih, malam-malam menjelang deadline dia malah kena hasutan setan yang nyebabin dia ngerjain tugas sambil ngantuk-ngantuk. Biasanya dia bakal bolak-balik tidur dan kebangun diatas tugasnya, demi memperjuangkan tugasnya hingga selesai.

4. Mahasiswa Biasa Aja
Mahasiswa yang kaya gini, ya kaya mahasiswa-mahasiswa kepepet lainnya. Berusaha mengerjakan tugas malamnya, eh ketiduran. Terus paginya pas bangun, panik sendiri karena tugasnya belum kelar. Akhirnya dia mau gamau harus datang cepat dan bergerilya mencari-cari contekan, ataupun minta diajari teman supaya cepet selesai. Mahasiswa kaya gini yang paling banyak ada di kampus dan paling apa adanya. Kalau belum siap, ya bilang ga siap. Kalau sudah, biasanya mereka suka mau mengajarkan ke yang belum.

5. Mahasiswa Tukang Cari Teman Senasib
Naah, ini nih yang nyebelin. Kerjaannya ngehasut temen buat ngerjain tugasnya besok-besok aja. Nanti dia bakal ajak temannya itu untuk nongkrong bareng sampe sama-sama lupa kalau ada tugas. Pas udah detik-detik menjelang deadline, dia bakal seneng karena dia ga akan panik sendirian! Hati-hati ya gengs!

6. Mahasiswa Tukang Cari Teman Senasib (Tapi Boong)
Ini lebih nyebelin lagi! Dia bakalan nyari-nyari temen yang sama-sama belum ngerjain ataupun siap ngumpulin tugas biar ada teman untuk panik. Dia biasanya bakal bilang “kumpulinnya besok-besok aja ya bareng gue? Minggu depan deh minggu depan ya? Pas deadline aja kita.” Terus, temannya akan terhasut dan mengiyakan. Eh, tiba-tiba pas temannya nanyain lagi kapan bakal ngumpulin tugasnya dan mengajak kerjain bareng sehari sebelum deadline, dia malah bilang “Waduh, sori banget gue udah ngumpulin tiga hari yang lalu tuh ke meja dosen langsung.” Tipe ini benar-benar harus kalian waspadai dan jangan sampai kamu jadi salah satu korbannya.

7. Mahasiswa Tukang “Ngopi”
“Tugas udah belom? Gue copy ya kalau udah.” Mending kamu jauh-jauh dari mahasiswa yang tipenya kaya gini kalau udah menjelang deadline, karena dia kalau ngopi tugas kamu bakal ga tanggung-tanggung! Sampe referensi dan gambar juga di copy. Masih bagus kalau sebelum ngumpulin dia edit-edit dulu, kalau nggak? Bisa-bisa nilai kamu yang kena korting sama dosen gara-gara ulahnya.

8. Mahasiswa Pasrah
Kalau yang ini, benar-benar udah gapunya semangat hidup untuk ngerjain tugas lagi sepertinya. Tipe ini bakalan ngumpulin tugas seada-adanya banget, bahkan mungkin kalau dia baru mulai menulis judul atau bikin cover juga dikumpulin kali. Dia biasanya senang untuk ngomong “Ah, tugas mulu! Capek, mau nikah aja rasanya!!!,” padahal, calon aja belum punya hihihi.

9. Mahasiswa Pintar Mencari Rejeki
Mencari rejeki juga bisa kamu lakuin sembari kuliah loh, apalagi saat-saat ada tugas begini. Mahasiswa yang rajin dan cerdik akan memanfaatkan kesempatan untuk menawarkan jasa joki ke mereka yang belum ngerjain tugasnya. Biasanya, tugas-tugas yang dimanfaatkan ini tugas besar seperti desain dan makalah. Mereka akan punya target-target mahasiswa yang selalu aja terlambat untuk memulai suatu tugas atau malah udah males dari awal untuk nyentuh tugas itu. Harga yang dipatok pun bervariasi dengan deadline, kualitas, dan sulitnya tugas yang dijokikan tersebut. Tipe mahasiswa ini benar-benar cerdik mencari celah untuk mendapatkan uang. Memang gapapa sih, tapi kan akan lebih baik lagi kalau kalian sambil mengajarkan mereka cara mengerjakannya, supaya kuliah para langganan jokimu itu juga ga sia-sia.

10. Mahasiswa Penuh Keberuntungan
Terakhir, ada mahasiswa yang bisa dibilang beruntung terus. Bisa jadi tipe ini diwakilkan oleh mahasiswa yang kelupaan atau telat ngerjain tugas, eh si dosen juga lupa atau ga masuk kelas. Bisa jadi juga tipe ini mahasiswa yang dapet kelompok tugas yang isinya anak-anak rajin semua hingga ia tinggal menunggu hasil akhir untuk dikumpulkan ke dosen atau dipresentasikan. Bisa jadi juga, mahasiswa ini adalah mahasiswa yang kerjaannya copy-paste tugas orang, tapi nilainya lebih bagus daripada yang dicopy tersebut. Waah, beruntungnya kamu yaa!

Nah, itu dia tipe-tipe mahasiswa saat menjelang deadline tugas, kalau kamu tipe yang mana? Sebagai mahasiswa, mengerjakan tugas mepet-mepet dengan deadline memang sudah seperti kodrat bagi mereka. Tapi, sebenarnya kebiasaan tersebut tidak baik untuk dipertahankan terus menerus. Sebagai mahasiswa, kamu harus belajar menghargai dan membagi waktu dengan baik. Memangnya ga capek apa kejar-kejaran terus dengan deadline?

Sumber : Rubrik Opini

Komentar



error: Konten dilindungi!