SYARAT UMUM UNTUK MENDAFTAR KULIAH DI LUAR NEGERI

52c509d1d7816a908c16a8e7c1b6f723t5016196

1. BAHASA INGGRIS
Untuk membuktikan skill berbahasa inggris kamu, biasanya sejumlah instansi meminta bukti berupa sertifikat ujian kemampuan berbahasa inggris. Umumnya yang sering dipakai oleh institusi pendidikan tinggi di luar negeri adalah IELTS. Ujian IELTS di Indonesia sudah banyak diadakan beberapa kali dalam satu bulan oleh banyak penyelenggara. Biasanya universitas meminta skor minimal 5.5 atau 6, tergantung dari jurusan dan universitas terkait.

Kalau kamu merasa membutuhkan persiapan terlebih daulu sebelum mengikuti tes IELTS, kamu bisa mengikuti kelas persiapan tes yang diselenggarakan oleh banyak tempat kursus bahasa asing. So, kalau kamu memang mau mengikuti kelas persiapan tersebut, sebaiknya kamu bisa menentukan jurusan yang ingin kamu pilih seawal mungkin.

2. PERSYARATAN AKADEMIS
Universitas yang terdapat di luar negeri biasanya memberikan persyaratan bagi para pelajar internasional bahwa telah lulus tingkat pendidikan tertentu. Mereka akan meminta bukti bahwa para peserta telah menyelesaikan pendidikan selama 12 tahun, termasuk pendidikan dasar dan menengah. Tentu akan lebih bagus lagi, kalau kamu juga mempunyai kualifikasi bertaraf internasional seperti A-Level, International Baccalaureate Diploma dan sebagainya.

3. BAGAIMANA KALAU TIDAK SESUAI DENGAN PERSYARATAN MASUK?
Nah, berbeda halnya kalau kamu tidak bisa memenuhi persyaratan masuk yang diminta, kamu juga bisa mengambil jalur alternatif yaitu mengikuti program fondasi atau jalur masuk lainnya (tergantung saran dari universitas yang bersangkutan). Untuk program fondasi / persiapan sarjana tersebut biasanya hanya berlangsung selama satu tahun.

Kalau kamu bisa menyelesaikannya dengan baik, kamu bisa melanjutkan ke tingkat sarjana pada tahun berikutnya. Selain itu, terdapat juga institusi pendidikan yang menyediakan program jalur ( pathway ), dan tergantung kepada kondisi akademis anda. Setelah lulus dari program jalur tersebut, maka kamu bisa langsung melanjutkan studi ke tahun kedua pada tingkat sarjana.

Sumber : IND Beasiswa

Komentar