6 Brand Produk Asli Indonesia Yang Dikira Merek Luar Negeri

b998735d9af722cbe09c3d8d42a0d59ft503b3f2

Saat kita pergi ke Mall atau ke tempat belanja lain, kita akan melihat banyak produk yang dijual dengan merek-merek terkenal. Nah, diantara ribuan merek yang ada di sana, kita mungkin sering tertipu dengan dugaan kita sendiri kalau merek yang kita lihat adalah merek luar negeri.

Mengingat nama dan kualitas serta popularitas yang dimiliki merek tersebut memang bukan tidak mungkin kita kemudian mengira bahwa merek tersebut adalah produksi negara lain. Tapi jika kita mau menelusuri lebih dalam sebenarnya banyak merek yang kita kira buatan luar negeri tersebut sebenarnya adalah #brand lokal, buatan anak Indonesia.

Dan berikut ini adalah beberapa merek asli Indonesia yang seringkali dikira merek luar negeri,

1. Brand Polygon

Merek asli Indonesia pertama yang seringkali dikira orang buatan luar negeri adalah Polygon. Merek sepeda yang satu ini memang sudah sangat populer sebagai salah satu merek sepeda terbaik di kelasnya. Kualitas sepeda Polygon yang mumpuni inilah yang kemudian membuat merek ini sangat kuat dan sangat diminati banyak orang. Para pecinta sepeda mulai dari jenis sepeda gunung, BMX, sepeda mini dan sepeda lipat memang tidak akan bisa melupakan nama Polygon sebagai salah satu referensi utama pembelian sepeda.

Dari kepopuleran, kualitas, dan mahalnya harga sepeda Polygon ini kemudian banyak yang menganggap bahwa merek ini adalah dari luar negeri. Padahal sepeda yang harganya bisa mencapai Rp 10 juta ini adalah merk asli Indonesia dan pabriknya berada di daerah Sidaorjo, Jawa Timur.

2. Brand Lea

Berikutnya, merek asli Indonesia yang sering dikira orang sebagai produk luar negeri adalah Lea. Lea sendiri adalah brand untuk produk fashion berbahan jeans. Karena kualitasnya yang memang sengaja dibuat dengan standar Amerika Serikat, maka kemudian banyak orang yang mengira produk Lea adalah buatan negeri Paman Sam.

Belum lagi jika kita menilik iklan Lea di layar kaca yang model-modelnya berasal dari luar negeri, maka semakin kuatlah dugaan tersebut. Tapi setelah diselidiki, ternyata sebenarnya Lea adalah produksi dalam negeri, tepatnya di daerah Tangerang, Banten.

3. Brand Eiger

Bagi Anda para pecinta alam pasti Anda tidak akan asing dengan brand yang satu ini yaitu Eiger. Produk-produk Eiger seringkali menjadi pilihan pertama ketika para pecinta alam ingin membeli peralatan untuk kegiatan mereka. Bukan hanya pecinta alam, produk Eiger juga sebenarnya sangat populer di kalangan masyarakan awam.

Dengan mengambil nama gunung di negara Jerman dan membanderol produknya dengan harga yang terbilang tinggi, maka kemudian banyak orang mengira Eiger adalah buatan luar negeri. Padahal merek ciptaan Rony Lukito ini diproduksi di kota Bandung, Jawa Barat.

4. Brand Tomkins

Dengan kualitas yang baik dan harga yang tinggi, merek sepatu Tomkins juga seringkali dikira orang sebagai produk luar negeri. Padahal sepatu yang tersedia untuk berbagai kalangan ini adalah produksi PT Primarindo Asia Infrastructure yang pabriknya berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Desain yang unik dan kualitas sepatu Tomkins yang memang kuat menjadi alasan mengapa brand ini memiliki pangsa pasar yang tidak pernah habis. Brand Tomkins sering kita temui di pusat perbelanjaan dan juga pameran-pameran di event tertentu.

5. J-Co Donuts

Selanjutnya, merek asli Indonesia yang seringkali dikira orang buatan luar negeri adalah J-Co Donuts. Bagi Anda yang sering ke mall tentu tidak asing dengan merek yang satu ini. Brand yang menghadirkan produk kuliner donut ini memang memiliki kesan mewah karena rasanya yang lezat.

Produk yang ekslusif dan keberadaan outlet di dalam mall semakin menguatkan dugaan J-Co sebagai produk buatan luar negeri. Padahal jika kita telusuri maka akan diketahui bahwa J-Co Donuts ini adalah kreasi pengusaha asal Indonesia yaitu Johnny Andrean yang juga sukses dengan bisnis salon.

6. Hoka-Hoka Bento

Terakhir, merek asli Indonesia yang seringkali dikira orang buatan luar negeri adalah Hoka-Hoka Bento. Sama seperti J-Co Donuts, #bisnis kuliner ini juga membuka outletnya di Mall. Nah, dengan keberadaannya di mall dan juga sajian makanannya khas Jepang yang berkualitas, maka orang kemudian sering menganggap bahwa Hoka-Hoka Bento adalah merek luar negeri asal negeri Sakura.

Namun kenyataannya merek ini adalah merek lokal yang didirikan dan dikelola oleh PT Eka Bogainti. Outlet pertama Hoka-Hoka Bento sendiri diketahui pertama kali berada di daerah Kebun Kacang, Jakarta.

Di atas tadi adalah 6 brand produk asli Indonesia yang sering dikira merek luar negeri. Sebenarnya masih ada banyak brand lokal yang dianggap sebagai brand luar, namun di atas tadi adalah brand yang saya anggap paling menonjol.

Sumber : Maxmanroe

Komentar



error: Konten dilindungi!