Tips Lulus Tes IELTS

Bulan lalu saya ikut tes IELTS yang diadakan di kantor. Tujuannya sebagai salah satu poin penilaian untuk bisa lulus dan menjadi salah satu peserta progam pengembangan SDM di kantor. Saya ingat bagaimana proses persiapan menuju tes tersebut. Ya, saya sudah diberitahu mengenai tes ini dua minggu sebelumnya. Dan saya sudah mewanta-wanti diri untuk jangan belajar pakai sistem SKS! (Sistem Kebut Semalam) Sudah coba mencari buku persiapan IELTS di Gramedia Bintaro. Tapi stok sedang kosong. Mencari di toko buku lain? Mana sempat.. Pekerjaan di kantor sedang banyak dan Iril juga sedang sakit.

Walhasil, pada hari Sabtu saya baru unduh buku bajakannya di 4shared. Berikut file audio-nya. Namun hari Sabtu dan Minggu terlewati tanpa sempat mempelajarinya. (perhatikan : bukan teladan yang baik) Akhir kata, saya baru belajar di Selasa malam dan ketika dalam perjalanan menuju tempat tes di Rabu paginya. Wew.. SERIUS! Rasanya menyesal sekali tidak sempat meluangkan waktu yang cukup untuk belajar.

Dua minggu berlalu dan hasil tes pun keluar. Harap-harap cemas saya cek nilai IELTS saya. Hasilnya? Alhamdulillaaaah… Saya sangat senang melihat hasilnya. Listening 7,5 – Reading 7 – Writing 5 (gara-gara telat sadar kalau ada dua soal) – dan Speaking 6,5. Total skor 6,5. Sudah cukup untuk ikut tes beasiswa ke luar negeri. Ihiy! 😉

Lalu saya pikir-pikir ulang. Kok bisa dapat segitu? Wong persiapannya saja serba SKS! Hmmm…. (ceritanya lagi mikir)

OK. Saya kemudian mengaitkannya dengan aktivitas saya di kelas online coursera.org. Di kelas online tersebut : pengajarnya orang asing jadi pakai bahasa Inggris. Materinya pakai bahasa Inggris. Diskusinya pakai bahasa Inggris. Soal ujiannya pakai bahasa Inggris. JADI sebenarnya saya sudah membiasakan diri dengan bahasa Inggris. Nah, dari TERBIASA tersebut saya jadi bisa dapat skor IELTS 6,5.

Oleh karena itu, bagi teman-teman yang sedang mengincar skor IELTS, tips dari Saya adalah :

Mulailah membiasakan secara aktif berbahasa Inggris. Mulailah hari ini juga.
Cari media yang bisa digunakan.
Cari teman yang bisa diajak cas-cis-cus. Walaupun masih sama2 belajar, ngga apa2.

Gabung ke wadah yang mengharuskan kita berbahasa Inggris. InsyaAllah bakal meningkat penguasaan bahasa Inggrisnya.
Karena bahasa itu adalah masalah pembiasaan. Dan menurut Saya hal ini juga berlaku ketika kita ingin menguasai bahasa lainnya.

Semoga sukses!

Sumber : putrichairina.com

Dapatkan informasi seputar beasiswa, lowongan kerja, lomba, dan informasi lainnya di http://lin.ee/cE4w3I2
#LINE #iCampus #Indonesia

Komentar