Struktur Presentasi Bahasa Inggris Yang Baik dan Benar

Pembukaan (Opening)

Dalam bagian ini Anda dituntut menjadikan audiens tertarik sekaligus termotivasi mendengarkan Anda. Siapkan waktu 10 menit pertama untuk merebut perhatian audiens. Sebab ini menjadi momentum yang penting dari presentasi secara keseluruhan yang hendak Anda sampaikan. Ketika Anda sedang berada di kantor maupun kelas, maka Anda ingin melakukan presentasi serta menjelaskan materi menggunakan bahasa Inggris.

Sebelum menyampaikan kalimat pembuka, maka Anda bisa terlebih dahulu mengucapkan salam seperti “Good Morning”, “Assalamualaikum” dan sejenisnya.

Untuk kalimat pembuka presentasi Presentasi Bahasa Inggris sendiri sangat beragam, Anda bisa menyapa langsung sekaligus juga memperkenalkan diri. Namun Anda juga bisa mengawalinya dengan mengajukan sebuah pertanyaan ke audiens, menggunakan data, menggunakan cerita untuk kalimat pengantar maupun mengutip quote juga bisa Anda lakukan.

Contohnya seperti “Good Afternoon. Great to be here today…..” dan selanjutnya

Pesan (Message)

Ini merupakan tahapan yang mengharuskan Anda mampu menyajikan topik pembicaraan lebih mendetail, akan tetapi tetap efisien. Artinya Anda dituntut untuk mampu memilih informasi yang sekiranya perlu Anda sampaikan serta mana yang tidak. Jangan sampai Anda justru terjebak membahas semua masalah secara panjang lebar.

Misalnya “ I would like to talk about how to build online business….”

Mengapa tidak boleh terlalu panjang lebar, bukankah semakin panjang akan semakin bagus karena setiap audiens juga bisa mendapatkan lebih banyak informasi yang bermanfaat? Memang benar, akan tetapi Anda juga harus menyadari bahwa audiens sebenarnya memiliki keterbatasan yang tidak mungkin untuk mampu menyerap semua informasi yang terlalu banyak di dalam hanya 1 kali saja waktu pertemuan. Jadi, ini bukan hanya sebatas pada keterbatasan waktu, namun juga keterbatasan penerimaan audiens.

Penutup (Closing)

Sama seperti pembukaan, maka bagian penutup Presentasi Bahasa Inggris juga perannya sangat penting di dalam sebuah presentasi. Penutup yang baik semestinya berkesan bagi audiens. Artinya Anda diharuskan bisa meninggalkan hal yang memang benar-benar melekat di dalam pikiran audiens. Akan tetapi setelah Anda menjelaskan isi, maksud sekaligus tujuan Anda presentasi. Anda perlu memberikan presentasi kepada kesempatan audiens untuk menyampaikan pertanyaan sebelum Anda kemudian menutup sesi presentasi.

Selanjutnya silahkan buat kesimpulan atas materi yang sudah Anda sampaikan. Baru kemudian barulah Anda membuat kalimat penutup sekaligus mengucapkan terima kasih kepada semua audiens presentasi Bahasa Inggris.

Sumber : belajarbahasainggrisonline.net
Dapatkan informasi seputar beasiswa, lowongan kerja, lomba, dan informasi lainnya di http://lin.ee/cE4w3I2
#LINE #iCampus #Indonesia

Komentar



error: Konten dilindungi!