Rumus Praktis Direct Indirect Speech Tanpa Menghafal

Rumus Direct Indirect Speech merupakan salah satu grammar dengan rumus yang banyak dan agak rumit karena kita diharuskan menghafalkan semua perubahan tenses, subjek dan juga keterangan waktunya. Jumlah tenses ada 16, kadang kita disulitkan menghafalkannya, apalagi masih harus mengingat perubahannya jika dibentuk dalam Direct ke dalam bentuk Indirect Speech.

Berikut ini akan saya share bagaimana cara memahami perubahan tenses dalam rumus direct indirect speech tanpa perlu menghafalkan perubahannya satu persatu dengan memahami pola perubahannya.

Pada dasarnya, perubahan Direct/Indirect Speech dalam bentuk kalimat past tense hanya terjadi dalam 2 pola:

V1 –> V2
V2 –> Past Perfect

Keterangan:

1. Yang termasuk dalam kata kerja bentuk pertama dalam rumusan ini dapat berbentuk present (verb 1) dan future (Will) dimana will juga merupakan kata kerja bentuk pertama (verb 1) serta modal lain dalam bentuk verb 1 seperti can, may dan lain sebagainya.

2. Jika sudah dalam kata kerja bentuk kedua (past tense) maka harus dirubah dengan menambah perfect tense.

3. Jika sudah dalam bentuk past tense yang ditambah perfect maka sudah tidak ada perubahan lagi (mentok karena tidak ada tenses yang lebih past lagi selain past yang ditambah dengan perfect). Sehingga wajar jika dalam rumus dasarnya, past perfect dan past perfect continuous kemudian past future perfect dan past future perfect continuous (bagi yang menganut aliran tenses ada 16) tidak ada perubahan.

Sumber : inggrisonline.com

Dapatkan informasi seputar beasiswa, lowongan kerja, lomba, dan informasi lainnya di http://lin.ee/cE4w3I2
#LINE #iCampus #Indonesia

Komentar



error: Konten dilindungi!