10 Website Keren yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Nggak Ada Kerjaan. Pasti Ketagihan!

Di era digital, hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu luang nggak pernah kurang. Kalau dulu kamu mungkin bisa mati gaya saat menunggu sambil melamun saja, kini kamu bisa berselancar di dunia maya untuk membuat waktu berlalu tanpa terasa.

Membuka akun mesia sosial atau nonton film di Youtube sudah biasa. Kalau kamu mulai bosan dan mencari website yang nggak biasa, kali ini Hipwee punya jawabannya. Mulai dari yang serius, asyik, sampai gokil semua ada. Biar waktu luangmu nggak terbuang percuma, yuk cek website-website ini!

1. Belajar nggak harus di kampus atau pakai seragam. Lewat Coursera.com kamu bisa belajar banyak bidang tanpa biaya

Coursera punya tageline take the best world s course, online , yang kira-kira artinya kamu bisa mengambil kursus berbagai bidang terbaik di dunia hanya dengan rajin-rajin duduk di depan laptop. Coursera menyediakan lebih dari 340 mata kuliah yang diadakan oleh lebih dari 63 perguruan tinggi ternama di dunia. Setiap mata kuliah memiliki durasi belajar selama beberapa pertemuan dan selayaknya kuliah sesungguhnya, akan ada ujian di akhir kuliah. Jadi kalau kamu selalu ingin belajar ini itu banyak sekali, Coursera adalah jawabannya.

2. Punya pertanyaan yang berjubelan di pikiran? Langsung tanya deh Quora.com. Biar nggak jadi bisul dan menyiksa

Quora mirip dengan Yahoo! Answer, versi yang lebih sahih dan komplit. Di sini kamu bisa menanyakan berbagai pertanyaan dari berbagai bidang seperti teknologi, psikologi, filsafat, seni, dan lain sebagainya. Setelah kamu bertanya, netizen di dunia akan menjawab pertanyaanmu. Lebih sahih, karena akan ada ahli dan professional juga yang turut berpartisipasi. Selain bertanya, kamu juga bisa menjawab pertanyaan orang lain juga. Tapi semua pertanyaan dan jawaban harus dalam Bahasa Inggris.

3. Biar gambar-gambar di Google bisa kamu pakai dengan aman, cari dulu sumber datanya di TinEye.com

Meski Google bisa memberikan gambar apapun yang kamu cari, terkadang gambar yang kamu temukan kurang cocok resolusinya. Ada yang ngeblur, ada juga yang terlalu kecil sampai nggak kelihatan itu gambar apa. Belum lagi kalau mau dimuat di blog pribadi, takutnya nanti diprotes karena setiap gambar di Google ada hak ciptanya. Mau mencantumkan sumber, kamu sendiri nggak tahu itu gambar sumber awalnya dari mana. Biar aman sentosa dan damai, coba tracking dulu asal muasal gambar itu di TinEye.com. Di sana kamu juga bisa mencari resolusi yang kamu inginkan. Gambar yang kamu gunakan bisa jadi maksimal.

4. Kamu mau belajar apa? Kalau bingung nyari instruksturnya, coba main ke Instructables.com

Saatnya berkreasi! Bila kamu punya bakat terpendam atau mimpi nggak tersampaikan di bidang kreatif, kamu bisa menjadikan situs ini sebagai alternatif guru. Di sini kamu akan diajari membuat barang-barang sehari, mulai dari resep makanan, sampai membuat hasta karya yang bisa jadi nanti berguna bagi nusa dan bangsa. Main-main di instructables.com selain akan membuat waktu luangmu jadi menyenangkan, juga akan membuat keterampilanmu meningkat.

5. Belajar meditasi di Donothingfor2minutes.com. Cukup 2 menit, tapi kamu bisa nggak?

Sesuai dengan namanya, website ini akan mengajakmu untuk tidak melakukan sesuatu selama dua menit, alias belajar bermeditasi. Dengan menguasai cara menenangkan diri atau meditasi, kamu juga akan mumpuni mengatur emosi. Dengan emosi yang lebih tertata, pastinya kamu juga akan lebih bijak menghadapi segala situasi. Karena itu, daripada kamu melamun saja, lebih baik belajar meditasi selama dua menit.

6. Di Openculture.com kamu bisa belajar bahasa sekaligus budaya banyak negara. Lumayan, nggak perlu keluar uang untuk kursus lagi

Kursus bahasa di tempat bimbel mungkin membutuhkan banyak waktu dan biaya. Tapi sebenarnya kamu bisa belajar bahasa asing melalui banyak situs gratis. Salah satunya adalah openculture.com. Di sini kamu bukan hanya belajar sistem bahasa, tapi juga budaya-budaya dari negara yang sedang kamu pelajari bahasanya. Materi tersedia dalam bentuk modul, ebook, serta video menarik. Selain bahasa, kamu juga bisa belajar banyak ilmu di sini, seperti filsafat, politik, astronomi, dan masih banyak lagi.

7. Biar kamu setingkat lebih pintar, nggak ada salahnya leyeh-leyeh sambil buka Brainpump.net

Kadang kamu bingung menentukan mau belajar bidang apa. Apalagi kalau bidang yang paling kamu suka nggak tersedia. Ide sederhana dari Brain Pump adalah untuk membuatmu bisa duduk ngeleyeh sambil belajar melalui video-video yang diputar secara terus menerus. Kamu akan diajak belajar mulai dari skill membagi waktu, sampai ke hal-hal yang berat seperti matematika, sejarah, dan geografi. Jadi nggak perlu mikir keras, karena suasananya mirip saat kamu nonton televisi, hanya bedanya materinya lebih berisi.

8. Kalau kamu yakin kamu pintar, coba cek kecerdasanmu di Mentalfloss.com!

Nah, setelah kamu belajar dari situs ini itu dan merasa pengetahuanmu sudah cukup luas, kamu harus mencoba main ke mentalfloss.com. Di sana kepintaranmu akan diuji melalui berbagai kuis dan trivia serta tes kepribadian untuk menentukan pilihan-pilihan. Kuis yang tersedia sangat beragam, mulai dari menebak judul film sampai tes kepribadian untuk mengenali kebiasaan finansialmu.

9. Coba main-main ke theuselessweb.com yang isinya .apa ya?

Kalau ditanya website ini isinya apa, Hipwee juga nggak bisa menjawab. Pokoknya, begitu kamu masuk ke domain web, kamu akan sampai ke halaman yang bertuliskan Bring Me To The Useless Web . Kalau kamu menekan tombol Please , kamu akan dibawa menelusuri website-website lain yang nggak kalah useless-nya dan nggak ada habisnya. Tapi kalau rasa penasaranmu tinggi dan waktu luangmu nggak terbatas, siapa tahu kamu akan tiba di ujung web yang isinya wallau alam.

10. Butuh hiburan agak serius? Kamu bisa main ke Wikipeetia.org, versi typo dari Wikipedia!

Kalau mendengar kata Wikipedia, kamu pasti langsung terbayang website yang menyediakan segala informasi pengetahuan. Atau malah terbayang tugas-tugas kuliah sampai skripsimu? Hehe. Nah, kalau bosan dengan Wikipedia yang isinya berat-berat, main-mainlah ke wikipeetia.org. Sebenarnya website ini isinya versi typo dari Wikipedia, alias nggak jelas-jelas amat isinya. Tapi lumayan juga untuk menghibur diri. Soalnya di sini yanga tjadinya serious jdai bsia diterawakan.

Kalau nggak dimanfaatkan dengan maksimal, waktu luang yang berlebih juga bisa jadi nggak menyenangkan. Daripada bengong lalu kesurupan, atau daripada stalking mantan lalu galau berkepanjangan, lebih baik memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia untuk menambah kecerdasan. Ya nggak?

Sumber : Hipwee

Dapatkan informasi seputar beasiswa, lowongan kerja, lomba, dan informasi lainnya di http://lin.ee/cE4w3I2
#LINE #iCampus #Indonesia

Komentar



error: Konten dilindungi!