Anaknya Tak Lulus SNMPTN, Anies Baswedan Mengaku Tak Kaget

Anies Baswedan

Anies BaswedanRADARKAMPUS.COM, Jakarta – Tidak lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) juga dialami oleh anak dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan.

Meskipun demikian Anies sapaan Menteri yang akrab dengan rompinya ini tidak kaget, apabila anaknya tidak lulus SNMPTN. Anies mengungkapkan bahwa anaknya tidak lulus memang dikarenakan perbedaan kurikulum karena sempat melakukan pertukaran pelajar di Denmark.

Menurut keterangan Anies anaknya tidak lulus dikarenakan adanya pergantian kurikulum. Hal ini lantaran saat kelas 1 dan 2 menggunakan kurikulum KTSP, kemudian mengikuti pertukaran pelajar di Denmark selama 1 tahun. Lalu, pasca kembali menggunakan kurikulum 2013. Jadi konversinya berbeda.

“Iya benar anak saya daftar SNMPTN dan enggak masuk. Saya hanya ikut menemani mendaftar,” ungkap Anies saat ditemui Jumat (13/5) di Hotel Grand Sahid, Jakarta. Anies menambahkan bahwa tidak mengupayakan sesuatu ketika anaknya dinyatakan tidak lulus SNMPTN. Bahkan, ia malah memberikan pesan pada anaknya agar menjadikan pelajaran hidup akan kejadian ini.

“Biarkan menjadi bagian dari pelajaran hidupnya, hidup kan penuh naik turun,” demikian nasihat Anies pada anaknya. Ia menambahkan juga agar anaknya belajar lebih tekun dan all out kemudian ikuti ujian selanjutnya, karena masih ada kesempatan kedua.

Selain itu, Anies juga menghimbau kepada anak dan orang tua agar tidak putus asa ketika belum mendapatkan kampus yang diinginkan. Hal ini dikarenakan masih banyak kesempatan lainnya baik melalui jalur SBMPTN mauupun jalur Ujian Mandiri.

Komentar



error: Konten dilindungi!