10 Fakta Harvard University

Slide01

Halo kawan-kawan iCampus Indonesia. Setelah kemarin kita membahas tentang 10 kampus terbaik di Jepang, sekarang kita membahas sedikit fakta tentang Universitas Harvard/ Harvard University. Tentu tidak sedikit dari teman-teman yang membaca ini memiliki cita-cita untuk berkuliah di Harvard, baik dengan beasiswa ataupun dengan biaya sendiri. Nah, apa saja sih fakta yang ada pada harvard??

1. Pendiri Harvard

Slide02
Siapa John Harvard? Dia merupakan pendiri dari Harvard University yang mewariskan setengah harta dan perpustakaannya untuk pembangunan Universitas Harvard. Dia merupakan lulusan dari Universitas Cambridge, Inggris, yang lahir pada tanggal 26 November 1607. Dia masuk Universitas Cambridge pada Desember 1627 dan menerima gelar BA tahun 1632. Pada Mei 1637 John Harvard dan istrinya melakukan migrasi ke New England dan menetap di Charlestown. Pada tahun 1638, pembangunan Harvard dimulai, dan ternyata pada tahun itu pula John Harvard meninggal dunia.

2. Kontribusi perpustakaan John Harvard

Slide03
John Harvard menyumbang sekitar 400 buku serta sebagian besar kekayaannya untuk universitas ini. Hingga akhirnya, untuk menghormati John Harvard, universitas ini diberi nama Universitas Harvard.

3. Patung John Harvard?

Slide04

Kejadian terbakarnya perpustakaan Harvard, semua koleksi foto maupun arsip tentang John Harvard habis dimakan api. Sementara patung asli hilang ketika terjadi Revolusi Amerika. Jadi, meskipun patung Harvard terpampang gagah di sudut Universitas Harvard, namun tidak ada yang tahu persis bagaimana wajah Harvard yang sesungguhnya. Untuk mengukuhkan sejarah dengan membuat patung John Harvard, akhirnya sang desainer patung, Daniel Chester French, menggaet mahasiswa yang dianggap paling tampan di Harvard sebagai modelnya.

4. Mana yang benar??

Slide05
Harvard selesai dibangun pada tanggal 13 Maret 1639 dengan nama “Harvard College”. Akan tetapi pada tahun 1780 diganti menjadi ‘University’ di Konstitusi Massachusetts.

5. Peringkat 3 dunia

Slide06
Dari data http://www.4icu.org/top200/ disebutkan bahwa Universitas Harvard menduduki peringkat 3 dunia. Hal ini menurun dari beberapa tahun lalu yang menyatakan bahwa Harvard merupakan kampus terbaik di Dunia.

6. 9 fakultas ternama

Slide07
Universitas Harvard memilki 9 fakultas ternama, antara lain Harvard Faculty of Arts and Sciences, Harvard Medical School, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Bussiness School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Public Health dan Kennedy School of Government.

7. Pendapatan terbesar dunia

Slide08
Ada apa dengan angka USD 4,398,311,000? Tentu anda akan menggumam dengan angka sebanyak itu. Jika dirupiahkan, anda perlu menambahkan 4 angka. Anda akan menemukan angka puluhan triliun rupiah. Angka yang sangat fantastis. Ya, itulah total pendapatan Harvard University sepanjang tahun fiskal 2014 yang lalu. Universitas yang berlokasi di Massacusets dengan total mahasiswanya sekitar 21ribu tersebut melaporkan pendapatan sebesar itu pada periode setahun yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2014. Angka itu sudah diaudit oleh sebuah kantor akuntan dengan reputasi global PriceWaterhouseCooper.

8. Sumber dana

Slide09
Kira-kira darimana kampus menerima dana sebanyak itu? Yuk kita lihat lebih lanjut sumber dana Harvard. Pendanaan harvard dibagi menjadi 4. Pertama dari uang sekolah para mahasiswa dari seluruh tingkatan (sarjana, pasca sarjana, maupun pendidikan profesional) sebesar USD 877,644,000 alias sekitar 20% dari total pendapatan. Kedua adalah dari sumber sponsor sebesar USD 819,213,000 alias sekitar 19% dari total pedapatan. Ketiga adalah dari sumber pendapatan investasi sebesar USD 1,691,253,000 alias sekitar 38%. Sisanya adalah dari sumber lain lain dengan proporsi 23%.

9. Ruangan Sekolah Hogwarts?

Slide10
Siapa yang tidak tahu Film Harry Potter, tentu tahu bagaimana kondisi Sekolah Hogwarts? Nah, ternyata di Harvard kondisinya tidak jauh berbeda. Apakah suting benar-benar dilakukan disana? Atau kantin Universitas Harvard menjadi inspirasi bagi tim film Harry Potter? Namun yang pasti, Universitas Harvard memilki kantin yang sangat megah. Luas kantin sangat besar, dan dilengkapi dengan desain modern klasik. Banyak orang Amerika yang penasaran untuk mengunjungi megahnya kantin Universitas Harvard. Megahnya sebuah kantin universitas serta desainnya yang unik dan classy  membuat tempat ini begitu terkenal dan fenomenal.

10. Jutaan koleksi buku

Slide11
Hingga kini, koleksi buku cetaknya mencapai 15 juta judul, buku digital mencapai 18 juta judul dan jumlah foto ada 8 juta buah.

Komentar



One Comment to 10 Fakta Harvard University

  1. Romadhon Mubarol says:

    Keren

error: Konten dilindungi!