10 Universitas / Kampus Terbaik di Jepang

Slide01Halo kawan-kawan iCampus Indonesia. Berminat untuk melanjutkan kuliah ke Jepang?? Yuk simak 10 Kampus terbaik versi 4icu (4 International Colleges and Universities). Kami akan memberikan beberapa penjelasan singkat dengan berbagai sumber. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, fakultas, beasiswa, dan lain sebagainya, silahkan simak langsung di website resminya. Apabila ada kesalahan dalam penulisan, mohon bantuannya untuk membuat tulisan ini lebih baik. Semoga bermanfaat.

 

1.  The University of Tokyo

Slide02

Universitas yang menduduki rangking pertama di Jepang adalah Universitas Tokyo (東京大学; Tōkyō Daigaku, disingkat 東大 Tōdai).

Universitas ini mempunyai lima kampus di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane dan Nakano dan 10 fakultas dengan total sekitar 28.000 mahasiswa, 2.100 di antaranya pelajar asing (jumlah yang besar untuk ukuran Jepang). Jadi teman-teman iCampus Indonesia yang berminat melanjutkan kuliah di Jepang, maka kampus ini sangat cocok menjadi referensi pertama. Meski hampir segala jenis bidang akademis diajarkan di sini, ia paling terkenal akan fakultas hukum dan sastranya. Universitas Tokyo telah menghasilkan banyak politikus Jepang hebat meski kekuatan universitas ini sedang menurun.

Rival-rival Universitas Tokyo adalah Universitas Kyoto sebagai universitas negeri, dan Universitas Waseda danUniversitas Keio dan Universitas Meiji sebagai universitas swasta. Dalam bidang sains, Universitas Kyoto telah menghasilkan lebih banyak ilmuwan yang hebat dan peraih Hadiah Nobel.

Universitas Tokyo didirikan oleh pemerintah Era Meiji pada 1877 dengan menggunakan namanya seperti sekarang setelah penggabungan perguruan-perguruan tinggi negeri dalam bidang kedokteran dan pembelajaran Barat. Ia kemudian dinamakan ulang menjadi Universitas Kekaisaran (帝國大學 Teikoku Daigaku) pada 1886 dan kemudian “Universitas Kekaisaran Tokyo” (東京帝國大學 Tōkyō Teikoku Daigaku) pada 1887, ketika sistem universitas kekaisaran diciptakan. Pada 1947, setelah kekalahan Jepang pada Perang Dunia II, ia kembali bernama Universitas Tokyo.

Website resmi : http://www.u-tokyo.ac.jp/index_e.html

[Wikipedia]

 

2. Keio University

Slide03

Universitas yang menduduki peringkat kedua kali ini adalah Universitas Keio atau Keio University. Selain merupakan universitas tertua di Jepang, Universitas Keio juga dikenal sebagai almamater sejumlah tokoh politik terkenal di Jepang, termasuk mantan PM Koizumi Junichiro, dan mantan ketua Partai Demokrat Jepang (Minshuto/DPJ) Ozawa Ichiro.

Tidak hanya politisi, tokoh Jepang terkenal lainnya yang merupakan lulusan Universitas Keio, antara lain pendiri surat kabar Asahi Shimbun Ueno Shoichi, pendiri surat kabar Yomiuri Shimbun Shoriki Toru, Presiden Direktur Toyota Toyoda Akio, Presiden Komisaris Warner Music Japan Ishizaka Keiichi, anggota boyband Arashi Sakurai Sho, dan aktor Mizushima Hiro.

Didirikan pada tahun 1858 oleh Fukuzawa Yukichi, yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Modern Jepang. Keio Gijuku Daigaku atau Universitas Keio awalnya memang dikhususkan untuk mempelajari berbagai ilmu yang dari barat (Rangaku), khususnya Belanda.

Saat itu, Fukuzawa berpendapat, jika ingin menjadi orang yang berkuasa atau dihormati, seseorang tidak harus turun ke medan perang dan mengorbankan nyawanya, tapi cukup dengan belajar dan menyebarkan kembali ajaran yang telah diperoleh kepada orang lain tanpa memandang status atau usia.

Fukuzawa juga menanamkan motto “Calamvs Gladio Fortior”, yang berarti “pena lebih berkuasa dibandingkan pedang” kepada para siswanya. Motto inilah yang kemudian menjadi motto Universitas Keio sampai sekarang.

Awalnya, Universitas Keio hanya memiliki 3 fakultas, namun kini telah terdapat 10 fakultas tingkat sarjana, yakni Fakultas Sastra, Ekonomi, Hukum, Bisnis dan Perdagangan, Kedokteran, Sains dan Teknologi, Manajemen, Lingkungan dan Studi Informasi, Keperawatan dan Pemeliharaan Kesehatan, Farmasi, dan Kuliah dengan praktek korespondensi atau jarak jauh.

Universitas Keio juga menyediakan 14 program pasca sarjana, yakni untuk jurusan Sastra, Ekonomi, Hukum, Sosiologi, Bisnis dan Perdagangan, Kedokteran, Sains dan Teknologi, Administrasi Bisnis, Media dan Pemerintahan, Manajemen Kesehatan, Ilmu Farmasi, Desain Media, serta Desain Sistem dan Manajemen.

Terdapat 8 gedung kampus dengan gedung utama yang berlokasi di Kota Mita, yang hanya ditempati mahasiswa Jepang. Kampus lainnya berlokasi di Kota Hiyoshi, Yagami, Shinanomachi, Shonan Fujisawa, Shiba Kyoritsu, Shin-Kawasaki, dan Tsuruoka Town, satu-satunya kampus yang terletak di Prefektur Yamagata.

Website resmi : http://www.admissions.keio.ac.jp/index.html

[Halojepang]

 

3. Kyoto University

Slide04Universitas yang menduduki peringkat ketiga adalah Kyoto University (京都大学 Kyōto Daigaku). Jangan salah ya, ini Kyoto, bukan Tokyo. Universitas ini juga berada di Kyoto. Didirikan pada tahun 1897 sebagai Universitas Imperial Kyoto, dan merupakan universitas negeri tertua nomor dua di Jepang. Universitas Kyoto memiliki 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 pusat riset dan pendidikan.

Ciri khas universitas ini adalah tradisi akademik yang menghargai semangat kebebasan dan kemerdekaan akademik. Penelitian dilakukan berdasarkan minat dan tujuan masing-masing individu. Sebagai universitas berorientasi penelitian, Universitas Kyoto hingga kini telah menghasilkan 5 penerima Penghargaan Nobel dalam bidang fisika teori, kimia, danbiologi molekuler.

Kampus utama adalah Kampus Yoshida yang berada di pusat kota Kyoto. Dua kampus lainnya adalah Kampus Uji dan Kampus Katsura. Kampus Uji merupakan pusat riset energi dan ilmu alam, terletak di Uji, Prefektur Kyoto. Kampus Katsura adalah kampus baru yang dibuka Oktober 2003, letaknya 7 km dari kampus utama.

Website Resmi : http://www.kyoto-u.ac.jp/en

[Wikipedia]

 

4.  Waseda University

Slide05Universitas Waseda (早稲田大学 Waseda Daigaku; atau disingkat 早大 Soudai) adalah salah satu dari dua universitas swasta paling prestisius di Jepang (satunya lagi adalah Universitas Keio, kampus terbaik kedua di Jepang) sementara dua universitas negeri paling prestisius adalah Universitas Tokyo (menduduki peringkat pertama, sudah kita bahas) dan Universitas Kyoto (menduduki peringkat ketiga di Jepang, sudah kita bahas). Waseda terletak di daerah Shinjuku di Tokyo. Waseda terkenal dengan kalimat liberalnya yang disimbolkan dengan mottonya “Independence of Learning” atau “Kebebasan Belajar”.

Waseda didirikan oleh seorang samurai terpelajar bernama Okuma Shigenobu pada 1882, dan menjadi universitas penuh pada 1902. Hampir sebagian besar dari kampusnya hancur oleh serangan bom pada masa Perang Dunia IInamun dibangun dan dibuka kembali pada 1949.

Program sastra Waseda sangat terkenal, dan lulusannya termasuk Haruki Murakami dan Tawara Machi.

Waseda juga dikenal sebagai tempat lahirnya politisi Jepang. Enam perdana menteri Jepang pasca-perang adalah lulusan Waseda: Ishibashi Tanzan (1956 – 1957), Takeshita Noboru (1987 – 1989), Kaifu Toshiki (1989 – 1991), Obuchi Keizo (1998-2000), Mori Yoshiro (2000-2001), dan perdana menteri yang sekarang, Fukuda Yasuo (2007-sekarang).

Alumninya juga termasuk bermacam pemimpin korporasi besar seperti Ibuka Masaru (salah satu pendiri Sony), Ohmae Kenichi (pendiri dan ex-Senior Partner dari McKinsey & Co Japan, Lee Kun-Hee (Chairman dari Samsung), Fukui Takeo (CEO dari Honda) dan lain-lain. Andakah pemimpin selanjutnya yang lulus dari kampus ini?

Website Resmi : http://www.waseda.jp

[Wikipedia]

 

5. Nagoya University

Slide06Nagoya University (名古屋大学 Nagoya daigaku), disingkat Meidai(名大 Mēdai), adalah universitas negeri yang berpusat di Chikusa-ku, Nagoya, dan menjadi salah satu universitas bergengsi di Jepang.

Saat didirikan pada tahun 1871, Universitas Nagoya adalah sebuah sekolah medis. Tahun 1939 berubah menjadi Nagoya Imperial University. Tahun 1947 berubah nama menjadi Nagoya University. Dan kemudian ditahun 2004 berubah menjadi National University Corporation.

Dr. Ryoji Noyori, salah satu penerima Nobel ditahun 2001 adalah peneliti dan pengajar di universitas ini. Reiji Okazaki (岡崎令治), penemu fragmen Okazaki dan Yoshinori Okazaki, penemu obat kanker, oxaliplatin adalah lulusan dan profesor universitas ini.

Website Resmi : http://en.nagoya-u.ac.jp

[PPI JEPANG]

 

6. Osaka University

Slide07Seperti namanya, kampus ini berada di Osaka. Salah satu kota di Jepang yang terkenal makanannya enak-enak. Osaka University, dibagi menjadi 2 kampus, yaitu Toyonaka Campus dan Suita Campus. Di Osaka University, kita juga mengenal TPB, seperti yang kita kenal di Indonesia, Tahun Pembelajaran Bersama. Di tahun pertama dan sedikit tahun kedua, kita tidak hanya belajar tentang senmon atau jurusan yang akan masuki aja, tapi juga seluruh mata kuliah dasar. Jadi, bagi yang mengambil jurusan social, jangan berharap untuk tidak belajar fisika, biologi, ato kimia karna kalian pasti harus mempelajarinya. Begitu pula yang ambil jurusan science, harus ambil pelajaran bahasa atau budaya.

Ketika ditanya, mengapa kita harus melakukan hal itu? Mereka, para pembesar Osaka University, bilang bahwa mereka tidak ingin lulusannya ga nyambung ketika diajak bicara tentang hal yang bukan keahliannya. TPB ini, hampir 100 persen dilakukan di Toyonaka Campus. Setelah TPB berakhir, jurusan social,kecuali human science, akan banyak menghabiskan waktu di Toyonaka Campus dan jurusan science, kecuali engineering science, di Suita Campus.

Namun, untuk asrama, penerima beasiswa pemerintah monbusho biasanya tidak boleh masuk ke asrama mahasiswa karena sudah dirasa mampu, mengingat jumlah beasiswa yang diterima cukup besar. Jadi, mereka harus mencari asrama internasional ato apato, nama lainnya apartemen, tapi mirip kos-kosannya mahasiswa di Indonesia, untuk tinggal. Ini tidak berlaku bagi anak-anak shihi atau kuliah dengan biaya sendiri. Oh ya, penerima beasiswa monbusho boleh tinggal di asrama dengan syarat sedang menjalani S2 atau S3 dan sudah menikah. Jadi, kalo mau masuk asarama, harus memenuhi kedua syarat ini dulu.

Jumlah orang asing yang ada di Osaka University cukup banyak, yaitu 1029 orang. Sebagian besar dari mereka adalah orang Asia, yaitu 868 orang. Diantara mereka, jumlah orang Indonesia ada sekitar 30 orang dan sebagian besar dari mereka adalah orang S2 dan S3 serta sudah menikah. Kalau istri dan anak-anak mereka dihitung cukup banyak. Dan banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia di sini, antara lain badminton yang dilaksanakan setiap sabtu malam, bahkan kadang-kadang, kamis malam juga ada latihan. Selain itu, mereka juga sering mengadakan acara kumpul-kumpul bersama, walaupun cuma buat kumpul-kumpul dan makan aja. Oh ya, di Suita Campus, ada musholla. Musholla ini bukan milik orang Indonesia, tapi milik bersama. Yang sholat di musholla ini juga tidak hanya orang Indonesia, orang Mesir, dan muslim lainnya juga Bahkan di musholla ini, juga dijual daging halal. Jadi kita tidak kesulitan ketika pengen beli daging halal. Sayang sekali, di Toyonaka Campus belom ada. Tapi, di Toyonaka Campus juga ada tempat buat sholat jumat, walaupun bukan musholla.

Website : http://www.osaka-u.ac.jp/en/index.html

[PMIJ]

 

7. University of Tsukuba

Slide08Tsukuba University adalah universitas yang didirikan pada tahun 1973 sebagai relokasi dari Tokyo University of Education di wilayah yang sekarang bernama 研究学園都市 (Tsukuba Science City). Sebelum kampus berdiri, wilayah ini terdiri dari sawah dan hutan dengan hanya beberapa potong perkampungan lama tersebar di sana-sini. Walaupun tujuan pemindahannya adalah untuk menciptakan suasana belajar yang lebih memadai, bisa juga dikatakan Universitas Tsukuba sengaja dibangun di sini dengan tujuan untuk menarik manusia agar datang dan membangun wilayah ini.

Bila membandingkan peta Tsukuba Science City tahun 1940-an dengan tahun 1990-an, terlihat bahwa kota Tsukuba dulunya berupa hutan liar (heu, itu menjelaskan kenapa kampus terasa singup banget kalo malam ^^;). Dua jalan besar yang membatasi kota, yaitu Nishi Oodori dan Higashi Oodori dibangun dengan perencanaan sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu perkampungan lama dan kehidupan penduduk asli yang lebih dahulu mendiami daerah itu. Bahkan, diusahakan pembangunan kota baru tidak sampai harus membabat persawahan.

Website Resmi : http://www.tsukuba.ac.jp/en/

[Zuniastuti]

 

8. Hokkaido University

Slide09Universitas Hokkaido (北海道大学 Hokkaidō Daigaku?) adalah adalah universitas negeri di Sapporo, Hokkaido, Jepang. Universitas ini didirikan pada tahun 1876 sebagai Sekolah Tinggi Pertanian Sapporo. Universitas Hokkaido memiliki 12 fakultas, 19 program pascasarjana, serta 26 institut/pusat riset.

Hokkaido University, Paling Utara dengan Anugrah Kentara. Mungkin yang terlintas di benakmu adalah Sapporo Dome begitu mendengar kata “Sapporo” ini. Tapi selain Sapporo Dome, kota yang menawarkan sejuta pesona keindahan ini juga bisa memuaskan dahagamu yang haus ingin mengenyam studi kuliah di Jepang. Hokkaido University adalah pilihan yang tepat untuk menuntaskan rasa dahagamu itu.

Website Resmi : http://www.hokudai.ac.jp

[Wikipedia/Konsultanpendidikan]

9. Kyushu University

Slide10Kyushu University (九州 大学 Kyushu Daigaku) atau disingkat Kyudai (九大 Kyūdai) adalah sebuah universitas negeri Jepang yang terletak di Fukuoka.

Kyudai juga termasuk salah satu dari “Japan’s National Seven Universities” (yang lain adalah Hokkaido University, Tohoku University, The University of Tokyo, Nagoya University, Kyoto University and Osaka University).

Sejarah Kyudai jika ditelusuri merupakah universitas medis feodal yang dibangun pada tahun 1867, dan sekarang Kyudai adalah universitas negeri terbesar di pulau Kyushu.

 

Meskipun menduduki peringkat ke-9 di Jepang, Kyudai merupakan salah satu top 3 (setelah Tokyo University and Osaka University) sebagai tujuan bagi mahasiswa internasional.

Website Resmi : https://www.kyushu-u.ac.jp/en/

[Konsultanpendidikan]

 

10. Tokyo Institute of Technology

Slide11Tokyo Tech ini kalau diibaratkan di Indonesia semacam ITB. Kampus yang orientasinya lebih ke sains dan teknologi. Beda sama University of Tokyo (yang menduduki peringkat pertama di Jepang) atau yang lebih dikenal dengan Todai. Namun kampus ini juga mempunyai fakultas kedokteran

Kampus Tokodai ini cukup besar, sekitar 4 kalinya ITB..

Sebenernya ada 3 kampus yang dipunyai Tokodai : Ookayama, Suzukakedai, dan Tamachi

Website Resmi : http://www.titech.ac.jp/english/

[Catalystro]

Komentar



error: Konten dilindungi!