Bagaimana Cara Menulis Novel yang Bagus, Menarik, dan Best Seller?

andrea

andreaBanyak orang menanyakan Bagaimana Cara Menulis Novel yang Bagus, Menarik, dan Best Seller.

Saya pernah ditanyain begini sama peserta training Penulisan beberapa waktu yang lalu, “Saya kurang bisa merangkai kata untuk membuat novel, bagaimana sih caranya?” Juga ada yang nanyain bagini, “Novelku baru selesai setengah, bagaimana sih cara menyelesaikannya? Adakah cara menulis novel dengan baik dan benar?”

Saya yakin, banyak orang lain yang memiliki pertanyaan sama, mungkin termasuk Anda.

Apakah  Anda ingin tahu bagaimana cara meningkatkan kemampuan Anda dalam menulis Novel?

Baiklah, menurut pendapat saya begini :

 

SATU

Berlatih hebat. Latih terus kemampuan menulis novel Anda. Jangan pernah berhenti menulis. Sebab menulis itu seperti  berenang. Semakin tinggi “jam terbang Anda”, maka keahlian Anda akan semakin baik. Pepatah mengatakan, “Ala bisa karena biasa.” Yap, Anda harus biasa dulu, baru bisa.

Anda tidak akan menjadi penulis novel best seller bila tidak berlatih seperti penulis best seller. Saya sudah mengulas tentang ini pada artikel ini: Dua Kata Ajaib.

 

DUA

Membaca hebat. Banyak-banyaklah membaca novel berkualitas. Tubuh kita  seperti mesin produksi, bahan mentahnya adalah bacaan, dan produk yang dihasilkan adalah tulisan. Artinya, kegiatan membaca bagi seorang penulis novel sangatlah penting. Tulisan Anda akan diwarnai oleh bacaan yang Anda lahap.

Bila Anda rajin membaca novel cinta, Anda akan tahu cara menulis novel cinta.

Bila Anda sering membaca novel misteri, Anda akan mudah menciptakan novel misteri.

Bila Anda sering membaca novel horor, Anda akan senang menulis novel horor.

Bila Anda sering membaca novel anak, Anda akan tahu cara membuat novel anak.

Dan seterusnya dan seterusnya…

Kita dipengaruhi oleh bacaan kita. Bila kita sering membaca novel best seller, kita juga akan cepat beradaptasi dan cepat belajar dari tulisan best seller itu.

Bila Anda ingin membuat novel yang bagus dan menarik seperti “Laskar Pelangi” misalnya, maka sering-seringlah membaca novel yang kualitasnya seperti itu dijamin Anda akan ketularan! Anda akan tahu bagaimana cara menulis novel best seller dan menarik.

Tips yang saya sampaikan di atas mungkin terkesan sangat sederhana bagi Anda. Mungkin Anda berkata dalam hati, “Ah, kalau tips menulis novel seperti ini mah, saya sering dengar. Apa tidak ada tips menulis novel yang lain?”

Anda mungkin tidak percaya?

Saya ingin kasih tahu, tips menulis novel di atas memang terkesan sangat sederhana, tapi untuk tahu cara membuat novel yang bagus, menarik dan bahkan best seller, tipsnya hanya sesederhana itu. Titik, tidak pake koma.

Tips yang pertama, memang terkesan sangat sederhana. Namun bila tips menulis novel itu Anda praktekkan sungguh-sungguh, Anda akan menemukan teknik menulis novel best seller yang dahsyat. Sebab tidak dikatakan seorang penulis hebat bila dia tidak berlatih hebat. Setiap kebiasaan baik, selalu menghasilkan kualitas yang baik pula.

Betul, ga?

Tips yang kedua juga terkesan sangat sederhana. Namun bila tips menulis novel itu Anda praktekkan sungguh-sungguh, Anda akan menemukan teknik membuat novel best seller yang menarik. Sebab setiap bacaan itu selalu menular. Bila bacaan kita novel best seller, kita akan tahu bagaimana “rasa” tulisan best seller itu. Dan kita jadi bisa mencontohnya untuk kita terapkan pada novel kita sendiri.

Penulis novel best seller lain juga melakukan itu, termasuk Andrea Hirata. Dia sangat suka membaca novel yang baik dan menarik. Ia memiliki banyak koleksi bacaan berkualitas sehingga ia jadi ketularan.

Praktekkan saja kedua tips membuat novel yang bagus di atas. Saya yakin, suatu saat nanti Anda akan sehebat Andrea Hirata, bahkan lebih hebat lagi!

Oleh : Agusmita

Komentar



error: Konten dilindungi!