Batch 1 LPDP : Dari 9000 Hanya Lolos 1700, Kenapa?

ekoprasetyo

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah menetapkan 1.700 penerima beasiswa pada batch 1 Maret 2016. Tentu jumlah ini sudah cukup banyak. Namun, dibandingkan dengan jumlah pendaftarnya, maka persaingan yang ada adalah 1 : 6 (5,2 kami genapkan jadi 6)

Eko Prasetyo, Direktur Utama LPDP, menyampaikan dalam acara sosialisasi LPDP di Universitas Muhammadiyah Surabaya, pada Senin (28/03/2016), bahwa “Dari 9000 pendaftar, kami seleksi hingga hanya tersaring 1.700,”

Seleksi LPDP kian ketat, seleksi tersebut telah mencakup karakter tiap-tiap pendaftar dengan tes psikologis, nilai akademik lewat IPK, skill bahasan dengan sertifikat bahasa asing, dan wawancara akhir, lalu terpilihlah 1700 penerima beasiswa.

Eko mengatakan bahwa nilai akademik dan kemampuan bahasa memang penting, tapi tim LPDP lebih mengutamakan karakter kepribadian dari pendaftar dan apakah keilmuan yang mereka (peserta) pilih itu nantinya bermanfaat untuk bangsa dan merupakan ilmu prioritas yang dibutuhkan Indonesia.

Keilmuan prioritas yang sedang dibutuhkan saat ini adalah maritim, ketahanan pangan, ketahanan energi, kedokteran, sains, dan pertanian.

Eko menambahkan, keseriusan para pendaftar akan terlihat saat tes wawancara. Apakah ia serius melanjutkan studi atau hanya ikut-ikut sehingga asal pilih dan ingin jalan-jalan di negara tempatnya bersekolah.

Pendaftar lebih banyak yang melanjutkan ke luar negeri, sekitar 60 persen. Lebih dari separuhnya memilih Inggris sebagai negara lokasi universitas tujuan. Memang, kuliah master di Inggris hanya satu tahun, apalagi didukung mudahnya akses jalan-jalan ke Eropa. Tentu Inggris jadi primadona.

Saat ini LPDP memprioritaskan pendaftar pada keilmuan tertentu tersebut dan yang mengincar kampus di Asia.

“Kalau mau ke Eropa juga masih boleh, tapi cobalah kampus di negara lain. Swiss misalnya, mereka nomor satu di tingkat daya saing lulusan serta inovasi. Indonesia butuh banyak ahli yang berasal dari latar belakang kampus dan negara yang beragam karena kita masih berkembang sehingga kita membuka peluang untuk belajar banyak,” pungkasnya.

Komentar



2 Comments to Batch 1 LPDP : Dari 9000 Hanya Lolos 1700, Kenapa?

  1. Drh.hj.Debby Dewayani Kuncara SKH says:

    Thanks….., it’s good news