8 Masjid Kampus Terbesar dan Termegah di Jawa

masjid-umm


Masjid merupakan salah satu pusat peradaban masyarakat. Seperti yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah Saw ketika pertama kali sampai di Madinah. Sebelum membangun Pasar untuk menyaingi kecurangan Yahudi, Rasulullah Saw terlebih dahulu membangun masjid. Termasuk di beberapa peradaban kampus, pastinya dimulai dari Gerakan Masjid. Geliat kebangkitan masjid kampus tidak hanya dilihat dari megah dan besarnya bangunan, tapi jumlah jamaah shalat, ramainya masjid untuk kegiatan kajian keislaman dan keilmuan, syuro, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Masjid yang besar dan megah tidak selalu harus berada di area perkantoran, tengah kota besar, ataupun di komplek perumahan mewah.

Sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air juga punya bangunan masjid yang besar dan indah lho. Tidak kalah menariknya dengan masjid yang dibangun di luar lingkungan kampus.

Masjid-masjid di area kampus biasanya menjadi pusat kegiatan keagamaan para mahasiswa muslim. Berikut ini 7 masjid besar dan megah di lingkungan kampus di Pulau Jawa;

1. Masjid Agung Al Azhar, UIA


Pada awal berdiri, masjid ini tidak berada di dalam lingkungan kampus. Tapi kemudian setelah Universitas Islam Al Azhar (UIA) berdiri, masjid ini termasuk ke dalam lingkungan kampus UIA.

Masjid Agung Al Azhar telah berdiri sejak tahun 1958 di Jl Sisingamangaraja XII No 12. Tokoh ulama Prof Dr Haji Abdul Malik Karim Amrullah, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Buya Hamka adalah imam masjid pertamanya.

2. Masjid Al Furqan, UPI


asrama.upi.edu

Masjid Al Furqan berada di kawasan Kampus UPI, Jl Dr Setiabudi No 229, Bandung. Masjid ini ditempatkan tepat di sebelah kiri gerbang masuk Kampus UPI.

Atap masjid dibuat berbentuk seperti limas, unik dan berbeda dibanding masjid lain yang umumnya seperti bola.

3. Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada


bahtera-info.blogspot.com

Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) dijadikan sebagai lokasi berkumpul para mahasiswa.

Masjid dengan luas 2,8 hektar ini merupakan perpaduan dari gaya arsitektur Masjid Nabawi, kebudayaan Tionghoa, India dan Jawa. Di halamannya terdapat kolam yang serupa dengan yang terdapat pada bangunan Taj Mahal.

4. Masjid Ulil Albab, UII


osqulilalbab.blogspot.com

Tidak hanya di UGM, kampus lain di Yogyakarta yang juga memiliki masjid megah adalah Universitas Islam Indonesia (UII). Masjid ini terletak di dalam kawasan kampus UII di Jl Kaliurang, Km 14, Sleman, Yogyakarta.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Masjid Ulil Albab juga memiliki ruang khusus untuk kumpul para mahasiswa.

5. Masjid Fachruddin, UMM

masjid-umm

Masjid Fachruddin terletak di lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Masjid ini disebut-sebut sebagai masjid kampus terbesar di Asia Tenggara.

Bangunan masjid ini memadukan tiga nafas kebudayaan sekaligus, yaitu Jawa, Arab dan modern. Masjid yang dibangun sejak bulan November 1994 sampai dengan September 1996 ini memiliki luas 14.834,70 meter persegi.

Dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan oleh Presiden BJ. Habibie (Presiden RI ke 3) pada tahun 1998. Masjid ini terdiri dari 5 lantai yang dimanfaatkan selain untuk tempat peribadatan juga untuk perkuliahan dan perkantoran.

Lokasi masjid adalah di tepi jalan raya tlogomas, akses jalan ke arah kota batu. Bangunan masjid dibuat dengan asitektur modern yang sangat eksotik. Oleh karena letaknya yang strategis, maka masjid AR. Fachruddin sering digunakan sebagai salah satu tujuan wisata.

Tempat peribadatan berada dilantai 3 sampai lantai 5. lantai 2 digunakan untuk perkantoran takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium Psikologi, tempat wudhu’ dan aula. Lantai 1 digunakan untuk perkantoran, bank, kantin, Kopkar, ATM, dan laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM dan beberapa kantor pusat studi.

Masjid AR Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang memiliki arah kiblat yang sudah tepat (shahih) dan telah dibuktikan oleh CASA (Club Astronomi Santri Assalaam). Masjid ini digunakan sebagai pusat dakwah Muhammadiyah dan pusat kegiatan keislaman bagi seluruh sivitas akademika maupun masyarakat umum.

6. Masjid Al Hurriyah, IPB


hellobogor.com

Masjid Al Hurriyah terletak di bagian dalam kampus IPB Darmaga, Bogor. Masjid Al Hurriyyah berdiri pada tahun 1965 dengan bentuk yang kecil, sederhana dan berada di tengah hutan.

Pada tahun 1992, di sebelah kiri masjid Al Hurriyyah yang pertama, dibangunlah masjid yang lebih besar, yang mampu menampung jamaah hingga 5000 orang.

Atap berbentuk kuncup limas yang dikomposisian sedemikian rupa merupakan ciri tradisional. Bidang-bidang segitiga dimanfaatkan untuk pencahayaan dan sirkulasi udara secara alami.

Konsep segitiga merupakan perwujudan dari ajaran Islam yang mengajarkanhablumminallah, hablumminannaas, dan hubungan dengan alam serta lingkungan.

Penggunaan bidang-bidang segitiga yang diputar dan dikomposisikan dalam bangunan ini merupakan penerapan seni Islam yang berbentuk geometrik pattern yang juga telah digunakan dalam tradisi bangunan Islam.

Diketahui pula, segitiga ialah bentuk paling stabil dalam ilmu mekanika.

7. Masjid Ukhuwah Islamiyah, UI


vokasi.ui.ac.id

Masjid Ukhuwah Islamiyah berada di lingkungan kampus Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat. Luas masjid ini yaitu 3.606 meter persegi, berdiri sejak 28 Januari 1987.

Masjid ini juga sering digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial para mahasiswa UI.

 

8. Masjid KHA Dahlan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Masjid ini terletak di dalam kampus UMY. Masjid ini mempunyai halaman yang cukup luas, asri dan indah dipandang mata. Di halamannya, banyak terdapat pepohonan perindang. Salah satu diantaranya, pohon mangga. Di halaman Masjid, tampak ada pohon mangga sedang berbuah kecil-kecil. Tak jauh dari bangunan Masjid juga terdapat sebuah kolam dan jembatan kecil. Pemandangan ini semakin membuat kita yang hendak beribadah merasa betah dan nyaman berada di sana.

masjid-a-dahlan-umy

[TandaPagar.com, Wikipedia.com, iCampusIndonesia.com]

 

Komentar



One Comment to 8 Masjid Kampus Terbesar dan Termegah di Jawa

  1. DBP terus says:

    Yang umm pnya adem gan

error: Konten dilindungi!