Tips dan Trik Ikutan PKM Penelitian

image

Oleh : Putri Nazil
Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Assalamu’alaikum para peneliti muda 🙂
Di kesempatan kali ini saya ingin berbagi cerita tentang tips and trick bagi kamu yang baru saja lolos menjadi peserta PKMP DIKTI. Semoga tips ini bisa membawa tim mu sampai di puncak PIMNAS ya, amin 🙂
Yuk simak

1. Keep your team work
Penting menguatkan kesolidan team di awal. Ketua harus bisa merangkul team dengan baik, lakukan pembagian job desk dengan jelas, pastikan setiap anggota mengerti betul apa yang harus dia lakukan. Peran ketua adalah koordinator dan pengawas, memastikan setiap job dikerjakan baik dan tepat waktu. Biasanya dalam tim ada jobdesk sekretaris, bendahara, dokumentasi, dan humas. Baik anggota maupun ketua harus belajar peka satu sama lain,caranya coba sering” rapat sambil makan brg biar terjalin kekompakan timnya:)

2. Make a research schedule and option plan
Buatlah mind mapping penelitian sedetail mungkin dan timeline pengerjaannya per minggu (tabel) beserta PJ di masing” job. Usahakan setiap rencana dibuat plan B. Buat juga roadmap jangka panjang penelitian. Usahakan penelitian bisa memberikan output baik data atau produk yg dipublikasi di jurnal ilmiah atau dapat dipatenkan. Bila salah satunya sudah dilakukan, kesempatan kamu untuk lolos PIMNAS besar banget 🙂

3. Prepare your logbook
Buat sedetail dan semenarik mungkin. Formatnya tahapan penelitian, hari&tanggal, kendala, solusi, referensi yg digunakan, PJ nya siapa, ttd dosbing. Tulislah serapih mungkin, buat sampul yang menunjukkan tim mu adalah peneliti profesional yang kreatif.

4. Make a schedule to consult with your lecturer
Buat jadwal rutin bimbingan ke dosen minimal 2 minggu sekali untuk mengontrol sejauh apa progress penelitian timmu. konsultasikan masalah” penelitianmu dan mintalah bantuan referensi untuk mempublikasi hasil penelitianmu.

5. Cintai proses
Penelitian yang berkualitas pasti dihasilkan dari proses yang baik. Lewati tahapan” penelitian dengan kemampuan terbaikmu, jujur,kompeten, disiplin, dan kerja keras. InsyaAllah PIMNAS ditanganmu kawan.

Komentar



error: Konten dilindungi!