Dosa dosa dalam menulis email #DosaEmail

B7xsvsYCAAE0pK9.jpg-medium

Halo kawan-kawan iCampus Indonesia, yuk kita simak kultwit dari salah satu Dosen UGM tentang  daftar dosa pengirim email yg sering sekali beliau terima. Simak #DosaEmail Ya 🙂

1. Sering sekali Terima email tanpa subyek. Tahu ngga, email demikian tidak menarik ditanggapi dan bisa masuk spam! #DosaEmail
2. Kadang ada subyek tapi umum banget: halo, kabar, hai, selamat siang, penting dll. Kenapa sih ga nulis agak lengkap? #DosaEmail
3. Banyak email tanpa salam pembuka dan penutup. Tiba2 langsung tanya Satu Kalimat tanpa basa basi. Ini #DosaEmail yang berat :))
4. Kadang ada Salam tapi ga sebut nama. Misal “halo” atau “selamat pagi”. Kenapa ga sapa aja “Halo Mas Andi”? Tentu lbh personal #DosaEmail
5. Sapaan gelar ga tepat. Sdh pakai Dr, ada Mister-nya juga. Pakai Mr. tapi pakai nama depan 🙁 yg bener Mr. Arsana, NOT Mr. Andi #DosaEmail
6. Ingat Mr atau Ms itu bukan pengganti Pak atau Bu di Bhs Indonesia. Pak Andi bukan jadi Mr. Andi 🙁 Lbh baik tetap Pak Andi #DosaEmail
7. Gunakan Ms, bukan Mrs, bukan Miss untuk perempuan yang belum pasti Anda kenal status pernikahannya #DosaEmail
8. Mengirimkan attachment tanpa pesan di body email. Enak aja lu!! Ini sm saja ngasih makanan tp dilempar lwt tembok tanpa pesan #DosaEmail
9. Kenapa sih kamu nulis email formal ga perhatikan huruf besar, kecil, tanda baca? Ga lulus SD ya pasti! 😉 #DosaEmail
10. Ada yg nulis email panjang tapi ga dibagi jadi paragraf :(( kesannya panjang dan melelahkan. Tinggal tekan enter Kan bisa! #DosaEmail
11. Ada lagi nih anak alay, akun dan nama emailnya ga mencerminkan identitas sebenernya. bayoukeren@gmail.com :(( cape deh .. #DosaEmail
12. Sering salah Bhs Inggris. Masa’ nulis “thanks before” Banyak yg nulis Bhs Inggris dg ‘rasa’ Ina. Perlu belajar sense ya 🙂 #DosaEmail
13. Saga juga ga pinter nulis email formal dlm bhs Inggris tapi kan ada Google yg bs bantu. Hindari #DosaEmail berlebihan ya 🙂
14. Sering banget emailnya salah ketik, salah info dll. Ini akibat lupa membaca ulang sebelum kirim. Ini juga #DosaEmail besar 🙂
15. Ingat lo, email itu adalah pribadimu. Sebuah email bs menentukan kamu berhasil gemilang atau gagal n jadi pecundang. Hindari #DosaEmail
Oleh : Made Andi Arsana

Komentar