Trik yang Cuma Dipahami Sama Kamu yang Pernah Jadi Anak Kos

Hidup anak kos! Hidup anak kos!

Anak kos memang selalu identik dengan sifatnya yang mandiri dan hidup ngirit. Kondisi jauh dari orangtua dan merantau di kota orang membuatmu harus cerdik. Alih-alih bisa boros dan hidup seenaknya, bisa-bisa akhir bulan menjadi kiamat kecil yang melanda.

Jadi, nggak heran deh kalau ada anggapan anak kos jagonya soal hidup dengan keterbatasan. Gak percaya? Ini buktinya!

1. Water heater bisa buat masak mie rebus.
anakkos1
Sebenarnya, water heater itu diciptakan untuk memanaskan air. Tapi di tangan anak kos-kosan, alat ini telah bertransformasi menjadi panci mie rebus atau bahkan pembuat jelly. Hebat kan?

2. Magic jar bisa berubah jadi alat masak serbaguna.
anakkosan2
Dapur itu nggak harus berisi teflon, panci dan kitchen set. Bagi anak kos, satu magic jar itu udah kayak panci serbaguna yang harganya jutaan. Dari mulai masak nasi, bikin sop, sampe goreng telur sudah bisa dilakukan dengan alat ini. Kurang cerdas apa coba?

3. Botol minum plastik bisa menjadi gelas minum “seksi”.

anakkosan3

Nggak punya gelas kaca? Nggak masalah untuk anak kos. Selama masih ada botol minum kemasan, minum apa aja tetap terasa nikmat.

4. Pasta gigi tak tersisa dengan memotong jadi dua.
anakkos4
Demi keselamatan uang jajan, anak kos harus selalu memastikan pasta gigi dalam kemasan sudah habis sebelum dibuang ke tong sampah. Cara memaksimalkannya, kamu bisa mengguntingnya jadi dua atau dipencet-pencet ujungnya sampe jempolnya kapalan.

5. Gak ada setrika, pantat panci panaspun bisa bikin baju klimis.

anakkos5
Mau pergi tapi baju di laundry belum jadi? Adanya baju lecek di lemari? Tenang. Tanpa alat setrika, baju bisa klimis dengan menggosok-gosokan pantat panci panas ke bagian permukaan pakaian. Tapi pastikan bukan panci gosong ya.

6. Kursi bisa menjadi “meja” yang nyaman.

anakkos6
Meja adalah tempat menulis yang nyaman. Tapi bagaimana kalau ternyata nggak ada meja yang tersedia? Nah, bukan anak kos namanya kalau gak punya ide cemerlang. Daripada harus menunduk dan bikin punggung pegal, kamu bisa memanfaatkan kursi saja. Angkat dan letakkan di pangkuan. Dijamin kamu bisa menulis dengan nyaman.

7. Ngaduk minuman panas pake bungkusnya.
anakkos8
Nggak selamanya mengaduk minuman harus pakai sendok. Saat kondisi kepepat, kamu masih mengaduk minuman dengan sisa bungkus kemasan. Caranya, pipihkan bungkus plastik, lalu lipat memanjang, dan jadi deh “pengaduk” dadakan.

8. Sabun diisi ulang pake air, trus dipake lagi.

anakkos9
Sebelum membuang botol sabun atau shampo ke tempat sampah, belum afdol rasanya kalau belum habis “beneran”. Kamu bisa mengisinya dengan air, lalu dikocok-kocok. Setelah itu gunakan lagi hingga airnya bening. Cara ini membantu mengeluarkan isi botol secara tuntas tas-tas-tas.

9. Minum kuah mie pake garpu.
anakkos

Mau minum kuah tapi gak ada sendok bundar? Tenang saja. Anak kos-kosan punya trik dengan menggunakan cup sterofoam. Cukup tancapkan garpu pada cup, lalu garpu sekaligus sendok ini bisa membantumu makan dengan nikmat.

10. Karton atau kertas bekas bisa jadi serokan lantai.
anakkos13
Demi kamar yang bersih, anak kosan juga punya cara membersihkan lantai yang gampang dan hemat. Kilat kertas atau karton bekas bisa dimanfaatkan untuk serokan sampah. Selain bersih, barang bekas juga bisa dimanfaatkan. Jenius ‘kan?

11. Bikin roti bakar pakai setrika.
anakkos15

Di tangan anak kos yang sedang lapar, setrikan gak hanya bermanfaat untuk merapikan pakaian. Alat ini bisa juga jadi alat masak, misalnya bikin roti bakar. Roti tawar, dikasih selai, trus ditekan-tekan menggunakan setrikaan. Jadi deh.

Nah, sudah tahu ‘kan tips dan trik ala anak kosan untuk bertahan saat kondisi terbatas? Gak heran kalau anak kos memang paling juara soal survive.

Vote

Komentar



One Comment to Trik yang Cuma Dipahami Sama Kamu yang Pernah Jadi Anak Kos

  1. Waduh, ketahuan deh 😀
    Akurat banget nih, dari beberapa poin di atas, cuma 2 yg belum di praktekkin 😀
    Tapi saya juga pernah nulis yg lebih gokil disini,Min.
    [ Baca keseruannya disini

error: Konten dilindungi!