Jangan Ngaku Mahasiswa UIN Maliki Kalau Kamu Nggak Menemukan 25 Hal Ini!

471cf-uincover_sinarharapanco_568x284
===

“Yuk berhitung!”

Kamu sudah tahu UIN Maliki? Kalau tahu, kamu pasti tahu 25 hal unik di kampusku. Buat kamu yang belum tahu, ini 25 hal yang bisa kamu temukan di kampusku. Apa sajakah itu?

1. Wajib Ma’had
74eb7-UIN1_dokumenpribadi
Ini satu-satunya universitas yang mewajibkan mabanya di-ma’had (masuk asrama) selama satu tahun penuh! Tahap ini adalah tahap paling ekstrim selama kamu kuliah di sini, dimana pemikiran, ketahanan tubuh dan perasaan kamu benar-benar diuji.

2. Sebutan Mahasantri
f0b5f-UIN2_dokumenpribadi
Kalau kamu kuliah di UIN Maliki, kamu nggak cuma disebut mahasiswa. Tapi kamu bakalan mendapat sebutan Mahasantri. Hal itu karena kampusku juga mau mahasiswanya juga berpikir seperti santri, yang punya akhlaqul karimah (budi pekerti luhur).

3. Musyrif dan Musyrifah
Musyrif (pendamping laki-laki) dan Musyrifah (pendamping perempuan) ini adalah para pendamping yang bersama kamu ketika berada dalam proses ma’had. Mereka adalah tempat kamu curhat, mengeluh atau yang lainnya.

4. Shobahul Lughoh
Shobahul Lughoh merupakan arti dari pagi berbahasa. Ini adalah salah satu kegiatan selama kamu mabna. Pagi-pagi, kamu bakal dibangunin oleh Musyrif dan Musyrifah untuk belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris.

5. Ta’lim Afkar
Bingung lagi nggak? Ini semacam perkumpulan buat kamu belajar agama Islam lebih dalam lagi. Dalam kegiatan, kamu akan bertemu dengan Ustaz dan Ustadazah. Kegiatan ini juga wajib bagi kamu yang mabna.

6. Ta’lim Qur’an
Program satu ini adalah program pembinaan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Setiap dua hari sekali, kamu bakalan ngikutin kegiatan yang bersifat wajib ini.

7. Tashih Al-Qur’an
Ini adalah kegiatan lanjutan dari Ta’lim Qur’an. Dimana kamu dalam satu tahun harus ngaji ke Ustadz atau Ustadzah buat menyelesaikan 30 juz penuh. Tentunya harus dengan bacaan yang baik dan benar sesuai pengajaran di Ta’lim Qur’an.

8. Burdah
Hampir setiap malam setelah sholat maghrib kamu bakalan nemuin kegiatan ini. Baik itu saat sholat jama’ah dimasjid mabna atau waktu di mabna. Kegiatan melantunkan pujian-puijan kepada Nabi Muhammad SAW.

9. Out Bond Ma’had
9ba2f-UIN9_dokumenpribadi
Ini kegiatan yang nggak kalah serunya, dimana satu ma’had putri dan satu ma’had putra out bond bersama di area ma’had. Acaranya seru, kocak dan bikin kangen pula.

10. Manasih Haji
84573-UIN10_dokumenpribadi
Buat kamu yang belum pernah ngerasain pergi haji, di UIN Malang ini kamu bisa kerasa gimana. Pokonya rame banget deh!

11. Demo Bahasa
Kalau kamu demo biasanya pakai bahasa apa? Bahasa Indonesia saja bukan? Di UIN Malang, kamu bisa demo pakai bahasa Arab atau Inggris dengan kostum yang lucu-lucu.

12. Gebyar Muwadaah
Ini acara besar-besaran ma’had sebagai penutup saat kamu di mabna selama satu tahun. Setelah itu kamu keluar dari ma’had dan cari tempat baru. Acaranya seru dan banyak talent yang dipersembahkan dari mahasantri.

13. Karnival
Ini juga salah satu kegiatan yang paling seru pas kamu di mabna. Dimana semuanya bakalan ngikutin karnaval besar-besaran dengan kostum yang unik.

14. Yel-Yel di SC
67587-UIN14_dokumenpribadi
Bagi kalian yang masih maba, pasti pernah ngerasain sensasi yel-yel di gedung Spot Center. Kalau kamu ngomong pada saat yel-yel berlangsung, percuma pasti nggak bakal kedengaran.

15. IQOB
Ini adalah semacam hukuman. Buat kamu yang anak-anak mabna, pasti akan mengenal sama perkataan satu ini.

16. Lelang Sandal
5e3a5-UIN16_dokumenpribadi
Hati-hati buat kamu yang suka naruh sandal sembarangan di mabna. Bisa jadi sandal atau sepatu kamu bakalan disita sama Musyrif dan Musyrifah. Kemudian sandal atau sepatumu itu bakal dijual sama yang lain.

17. Razia Pakaian
Buat kamu yang hobi pakai baju atau celana yang press body pas di mabna, pakaian kamu pasti nggak bakal luput dirazia sama Musyrif dan Musyrifah. Lalu harus pakai baju yang seperti apa? Ya tetap yang tertutup, sopan tapi juga stylis.

18. PKPBA
Ini merupakan singkatan dari Program Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab. Setiap jam dua sampai lima sore, di UIN Maliki kamu bakal menemukan para mahasiswa semester satu yang mengikuti kegiatan semacam les ini.

19. Tidur di Kelas PPBA
aac5b-UIN19_dokumenpribadi
Ini terjadi setiap saat. Gimana nggak waktu siang-siang, panas-panas yang waktunya buat tidur siang ini, malah ada les bahasa Arab.

20. Tahfizhul Qur’an
Kamu bisa menemukan mereka-mereka yang selalu menggendong Al-Qur’an di pojok ruangan. Mereka ini adalah penghafal Al-Qur’an. Selain tampangnya yang cakep-cekap, mereka juga baik di hati.

21. Mengerjakan Tugas di Lorong
Yang satu ini pasti bakalan kamu temui tiap malem di gedung ma’had. Lorong-lorong ma’had ini tempatnya free wifi paling cepat, terang dan luas. Sehingga cocok banget buat kumpul bersama teman-teman.

22. Free Wifi
Free wifi paling lancar di UIN Maliki cuma di ma’had. Sampai-sampai waktu pulkam, bisa kangen banget sama wifi ma’had.

23. Kuliah Pinggir Kali
Ini nih yang paling seru. Kuliah bahasa Arab biasanya selalu outdoor, lebih tepatnya berada di depan gedung rektorat UIN Maliki dan disamping kali.

24. Capcin
Ini minuman khasnya mahasiswa UIN Maliki. Jangan ngaku anak UIN Maliki kalau kamu nggak tahu atau belum pernah mencicipi minuman satu ini.

25. Lalapan
Makanan satu ini paling banyak bertebaran di UIN Maliki. Harganya yang sesuai dengan kantong mahasiswa bikin nggak bakalan nyesel belinya.

Nah, itu semua adalah hal-hal yang cuma bisa kamu temuin di UIN Maliki Malang.

Sumber : IDNtimes.com

Komentar



One Comment to Jangan Ngaku Mahasiswa UIN Maliki Kalau Kamu Nggak Menemukan 25 Hal Ini!

  1. nfours says:

    Kok nggak ada pkpbi, nggak dianggap ta…??