Ingin Melanjutkan Studi ke Luar Negeri? Ini 5 Jenis Beasiswa yang Bisa Kamu Apply

flashdemo-c0e95678da08e91ffabe6e1f93f5ded7
Tinggal pilih beasiswa mana yang pas…

Tidak sedikit dari kita yang ingin melanjutkan studi, baik S2 maupun S3 di luar negeri. Kualitas pendidikan yang lebih baik, beragam pengalaman dan bertemu orang baru dengan berbagai latar belakang hingga beragam alasan lainnya membuat kita memiliki cita-cita berkuliah di luar negeri. Sayangnya, karena alasan biaya pendidikan atau sering disebut dengan tuition fee, tiket pesawat, hingga biaya hidup yang tinggi membuat kita mengurungkan niatan tersebut. Tapi jangan khawatir, kini ada beragam beasiswa yang ditawarkan baik oleh pemerintah Indonesia atau lembaga pendidikan dari negara pemberi beasiswa. Beasiswa apa sajakah itu?

1. Beasiswa Fulbright.
fulbright-okezonecom-w600-h1000-5ced9e3c5d23dfbaaea9cbbea232fa6e
Beasiswa Fulbright atau sering disebut dengan Fulbright Scholarship merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah AS melalui lembaga AMINEF (The American Indonesian Exchange Foundation). Dengan beasiswa ini kita bisa melanjutkan studi dengan memilih hampir setiap perguruan tinggi di beragam jurusan di AS secara gratis, baik untuk biaya kuliah atau biaya hidup. Deadline Fulbright biasanya berakhir pada bulan April. Sebagai contoh tahun ini deadlinenya berada di tanggal 15 April 2015. Jadi, buat kamu yang memiliki impian untuk belajar di negeri Paman Sam, silahkan mencoba ya!

2. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan).
lpdp-riatristyaamaliawordpresscom-w600-h1000-3597b7d1a8b7f1a237c6355639e71394
Beasiswa yang ditawarkan oleh Kementrian Keuangan ini membuka empat gelombang pendaftaran pada tahun ini. Pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November, beasiswa yang ditujukan kepada mereka yang belajar di 200 universitas terbaik di dunia termasuk Harvard (AS), Cambridge (Inggris), McGill (Kanada) hingga Leiden (Belanda). Banyaknya calon mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa ini menjadikan seleksi penerimaannya cukup ketat sehingga diperlukan persiapan yang amat baik untuk bisa lolos beasiswa ini. Bagi kamu yang ingin tahu tentang beasiswa ini bisa membuka websitenya di sini.

3. Erasmus Mundus.
erasmus-eeaseuropeeu-w600-h1000-5998135a9a8e5c30e7ebb8be45bd556c
Beasiswa Erasmus Mundus menjadi incaran dan favorit bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di Eropa. Hebatnya lagi, beasiswa ini memberikan pengalaman yang berbeda dibanding beasiswa lain. Hal ini karena Erasmus Mundus memiliki program konsorsium yang berarti kita akan belajar di universitas yang berbeda setiap tahunnya tergantung dari konsorsium yang ditawarkan dan kita pilih. Hal yang hebat bukan saat kita bisa belajar di universitas terbaik yang berbeda negara tiap tahun atau bahkan tiap semesternya. Kalau kamu tertarik, beasiswa ini biasa dibuka tiap awal Desember hingga akhir Januari.

4. Beasiswa Chevening.
beasiswa-chevening-okezonecom-w600-h1000-6ee557745a6c358968d0ce6cbff897ef
Kamu ingin berkuliah di Inggris? Belajar di Universitas Oxford, Cambridge, hingga Manchester bisa kamu dapatkan melalui beasiswa ini, lho. Jika lulus seleksi, pelamar beasiswa ini akan mendapatkan fasilitas biaya kuliah, biaya tunjangan hidup, serta ongkos pesawat kelas ekonomi pergi pulang. Tunjangan lain yang akan diberikan adalah, biaya kepindahan ke Inggris, biaya tesis, biaya untuk keperluan kuliah, biaya pembuatan visa dan biaya transportasi untuk mengikuti berbagai kegiatan Chevening di Inggris. Deadline beasiswa ini biasanya pada bulan November. Siap belajar di negeri Ratu Elizabeth ini?

5. Australian Award Scholarship (AAS).
aas-okezonecom-w600-h1000-0078dd0626808f933bb26f724f0d842c
Beasiswa yang dulunya bernama Australian Development Scholarship ini memberikan kita kesempatan untuk melanjutkan studi di Negeri Kangguru. Kalau kamu tertarik mendaftar, kamu bisa mengunjungi websitenya di sini. Tahun ini pendaftarannya dibuka pada tanggal 1 Februari dan berakhir pada 30 April 2015. Adapun empat bidang studi prioritas bagi pelamar dari Indonesia antara lain Pertumbuhan yang berkelanjutan dan manajemen ekonomi; Demokrasi, keadilan, dan pemerintahan yang baik; Investasi untuk pembangunan manusia serta studi keamanan dan perdamaian.

Jadi, itulah beberapa beasiswa yang bisa kita manfaatkan. Satu hal yang pasti, tidak hanya kecerdasan akademik, namun juga ketekunan, keaktifan berorganisasi hingga pengalaman lainnya akan sangat membantu untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Semoga sukses!

[IDNtimes.com]

Komentar



One Comment to Ingin Melanjutkan Studi ke Luar Negeri? Ini 5 Jenis Beasiswa yang Bisa Kamu Apply

  1. Putri K says:

    Kak, ini dipostingnya kan 2016, ya. Tapi kok di artikelnya isinya 2015 semua?

    Hehe buat koreksi aja. Trims.

error: Konten dilindungi!