36 Fakta Menarik tentang Universitas Airlangga

Terletak di Surabaya, merupakan universitas negeri, dan secara konsisten berada di peringkat atas dalam universitas terbaik di Indonesia. Jika diberikan tiga pernyataan seperti di atas, kira-kira apa yang ada di benak Anda? Mungkin ada beberapa universitas yang terlintas di pikiran Anda. Namun, kali ini kami akan membahas Universitas Airlangga. Untuk mengetahui secara lebih lanjut mengenai universitas negeri yang biasa disebut UA atau Unair ini, yuk, simak fakta-fakta menariknya!

airlangga university

1. Universitas Airlangga secara resmi berdiri pada tahun 1954 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57 tahun 1954.

2. Universitas ini diresmikan pada Hari Pahlawan ke-9, yaitu tanggal 10 November 1965, oleh Presiden Republik Indonesia pada masa itu.

3. Nama “Airlangga” sendiri diambil dari nama seorang raja yang memerintah Jawa Timur dari tahun 1019 hingga tahun 1042, yaitu Rakar Galu Sri Lokeswara Dharmawangsa irlangga Anantawikramattungadewa atau yang lebih dikenal sebagai Prabu Airlangga.

4. Simbol universitas ini adalah burung Garuda tunggangan Wisnu yang membawa guci berisikan air “Amrta”—air kehidupan abadi.

5. Arti dari simbol Universitas Airlangga tersebut melambangkan Universitas Airlangga sebagai sumber ilmu yang senantiasa kekal.

6. Universitas Airlangga memiliki bendera yang berwarna kuning dan biru. Warna kuning melambangkan keagungan sementara biru melambangkan ksatria dan jiwa yang mendalam.

7. Warna bendera kuning dan biru Universitas Airlangga diambil dari warna selubung yang menutupi patung Wisnu pada upacara pendirian Universitas Airlangga oleh Presiden Soekarno pada tanggal 10 November 1954.

8. Saat diresmikan, universitas ini terdiri dari lima fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi yang pada awalnya merupakan cabang dari Universitas Indonesia, Fakultas Hukum yang pada awalnya merupakan cabang dari Universitas Gadjah Mada, Fakultas Sastra yang kini menjadi bagian dari Universitas Udayana, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang kini telah memisahkan diri dan menjadi Universitas Negeri Malang—dulunya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang.

9. Sejak didirikan, Universitas Airlangga terus berkembang dan melahirkan fakultas-fakultas baru, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Non Gelar Kesehatan, Fakultas Pascasarjana, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Sastra, Fakultas Keperawatan, dan Fakultas Perikanan dan Kelautan.

10. Saat ini, Universitas Airlangga memiliki tiga belas fakultas, satu program pascasarjana, dan 127 program studi dari berbagai jenjang yang meliputi program akademik, vokasi, dan spesialis.

11. Jumlah mahasiswa yang terdaftar di Universitas Airlangga pada tahun 2009 mencapai lebih dari 24.000 mahasiswa.

12. Lebih dari 1.600 staf akademik terdaftar di universitas ini.

13. Bersama dengan Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga sering disebut sebagai lima universitas terbaik di Indonesia.

14. Universitas Airlangga memiliki bentuk international partnership yang cukup luas, seperti dengan University of Bonn, Seoul National University, University of Adelaide, dan lain-lain.

15. Universitas Airlangga menduduki peringkat ke-466 dalam “Top 500 QS World University Rangkings 2010”, ke-86 dalam “Top 200 QS Asian University Rankings 2011), dan ke-3 terbaik di Indonesia setelah Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

16. Pada tahun 2011, Universitas Airlangga menempati peringkat ke-4 sebagai universitas terbaik di Indonesia dan ke-22 di wilayah Asia Tenggara menurut Webometrics Ranking of World Universities.

17. Universitas Airlangga memiliki lebih dari dua sertifikat manajemen mutu standar internasional untuk kualitas manajemen.

18. Tidak sedikit siswa asing yang melanjutkan studinya di universitas ini, misalnya siswa yang berasal dari Malaysia, Jepang, Timor Leste, China, Thailand, dan beberapa negara di Eropa serta Afrika.

19. Menurut QS World University Rankings, Fakultas Famasi dan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga merupakan sekolah ilmu tentang kehidupan terbaik di Indonesia, ke-45 di Asia, dan ke-365 di dunia.

20. Beberapa orang yang berafliasi dengan Universitas Airlangga adalah Prigi Arisandi, Tarmizi Taher, Ignasius Jonan, Soekarwo, Triyono Wibowo, dan Muhammad Hatta Ali.

21. Seluruh anggota dari band Padi pernah berkuliah di Universitas Airlangga.

22. Visi dari Universitas Airlangga adalah menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, serta seni berdasarkan moral agama.

23. Universitas Airlangga menerapkan prinsip excellence with morality dengan sistem tata kelola universitas yang baik (Good University Governance) yang bercirikan kejujuran, amanah, kerjasama, disiplin, transparansi, dan keunggulan.

24. Ada dua jenis asrama yang dimiliki Universitas Airlangga, yaitu asrama putri dan asrama putra yang
keduanya terletak di kampus C.

25. Student Center Universitas Airlangga dibangun dengan tujuan agar dapat menunjang kegiatan belajar dan dapat mengembangkan minat dan bakat atau untuk membina mahasiswa terhadap olahraga, seni, dan sebagainya.

26. Koperasi Mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan KOPMA menyediakan kebutuhan-kebutuhan mahasiswa untuk kegiatan perkuliahan dan kebutuhan hidup sehari-hari.

27. KOPMA merupakan wujud kesejahteraan mahasiswa Universitas Airlangga.

28. Universitas Airlangga memiliki poliklinnik yang bertugas memelihara, membina, dan mengembangkan kesehatan bagi masyarakat umum, terutama keluarga besar Universitas Airlangga.

29. Untuk memudahkan mahasiswa dan karyawannya yang ingin bepergian ke kampus A, B, dan C, Universitas Airlangga bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia untuk memberikan sumbangan berupa mini bus yang dapat digunakan sebagai alat transportasi antarkampus.

30. Mini bus kampus Universitas Airlangga diberi nama FLASH yang merupakan kependekan dari Fast Local Area Shuttle.

31. Universitas Airlangga juga menyediakan Rumah Sakit Gigi dan Mulut, Rumah Sakit Hewan, Perpustakaan Pusat, dan Laboratorium bagi mahasiswanya agar dapat menempuh studinya secara lebih optimal.

32. Untuk memfasilitasi mahasiswanya yang menyukai olahraga, Universitas Airlangga menyediakan lapangan tenis, lapangan bola basket, lapangan bulutangkis, dan gelanggang olahraga (GOR) Universitas Airlangga.

33. Universitas Airlangga juga menyediakan Sarana Paduan Suara, Tari dan Karawitan, serta Musik atau Band Universitas Airlangga.

34. Untuk memudahkan mahasiswa, Universitas Airlangga memberikan fasilitas pembayaran SPP dan transaksi akademik secara online.

35. Pada tahun 2014, Universitas Airlangga yang diwakili oleh tiga mahasiswinya dari dua fakultas, menjadi juara ke-2 regu putri dalam The Second Sebelas Maret International Pencak Silat PSHT Championship di UNS Surakarta.

36. Universitas Airlangga yang diwakili oleh dua mahasiswanya dari dua fakultas ini juga menjadi juara kedua ganda putra dalam The Second Sebelas Maret International Pencak Silat PSHT Championship pada bulan Maret 2014 lalu di UNS Surakarta.

[Berkuliah]

Komentar



error: Konten dilindungi!