10 Universitas Terbaik di Inggris yang Akan Bikin Kamu Pengen Kuliah di Sana!

Bisa kuliah di Inggris mungkin adalah impian banyak orang. Tapi tentunya semua orang juga ingin berkuliah di universitas terbaik. Nah, buat kamu yang ingin bisa berkuliah di universitas-universitas terbaik di Inggris, ada baiknya kamu melihat Times Higher Education (THE) terlebih dahulu. Times Higher Education (THE) adalah pubilkasi tahunan untuk penerbitan Peringkat Universitas terbaik Dunia dengan peringkat baru yang terus-menerus diterbitkan setiap tahunnya. THE sendiri merupakan suplemen dari majalah TIMES yang berbasis di London yang secara berkala membuat laporan khusus mengenai isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan tinggi.

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa THE adalah salah satu rujukan terbaik untuk peringkat universitas di dunia? Itu semua karena THE menilai dengan cukup menyeluruh, yakni: pengajaran universitas, penelitian, jumlah mahasiswa internasional, tenaga pengajar, serta rasio/perbandingan antara jumlah murid dan guru per kelas. Nah, mana saja sih universitas yang masuk TOP 10 di Inggris? Mari kita simak 10 Universitas Terbaik di Inggris menurut THE 2015 ini.

10. University of Warwick

Didirikan tahun 1965, University of Warwick bertempat di kampus dengan luas 700 hektar. Lokasi universitas ini terbilang cukup strategis karena berdekatan dengan kota-kota utama Inggris, seperti Birmingham, Conventry, dan London. Populasi siswa di universitas ini sekarang telah mencapai lebih dari 16.646 orang, yang mana 20% dari mereka adalah mahasiswa internasional. Universitas ini memiliki 29 jurusan akademik dan 50 pusat studi dan institusi yang menawarkan program sarjana, pascasarjana, dan riset. University of Warwick ini memiliki empat fakultas, yaitu seni, kedokteran, sains, dan studi sosial. Baiknya lagi, universitas ini memberikan akomodasi untuk semua mahasiswa tahun pertama lho!

9. Durham University
durham univ
Durham University didirikan pada tahun 1832. Durham University adalah collegiate university, dimana kebanyakan program kuliahnya terbagi dalam beberapa kolese berbeda. Universitas berlokasi di Durham dan juga memiliki Queen Campus di Stockton.
Program-program pengajaran dan penelitiannya tersebar dalam 3 fakultas: Seni dan Sastra, Sains, serta Ilmu Sosial dan Kesehatan. Seperti University of Warwick, Durham University juga menyediakan akomodasi bagi semua mahasiswa sarjana tahun pertama.

8. University of Manchester
university-manchester-02
University of Manchester adalah gabungan dari University of Manchester Institute of Science and Technology dan Victoria University of Manchester. Universitas ini juga memiliki beberapa aset budaya besar di Inggris, seperti Museum Manchester, Whitworth Art Gallery, John Rylands Library, dan juga Jodrell Bank Observatory.

7. King’s College London
kcl
King’s College London atau lebih dikenal dengan sebutan KCL, adalah universitas penelitian negeri di Inggris. Universitas ini didirikan oleh Raja George IV dan Duke of Wellington pada tahun 1829. Kampus KCL ini berpusat di kota London. Universitas ini bahkan telah menjadi salah satu pusat pendidikan terbesar untuk sarjana dan pascasarjana kedokteran serta pengajaran dan penelitian biomedis di Eropa lho!

6. University of Edinburgh
edinburgh_university
Universitas tertua keenam di dunia ini didirikan pada tahun 1583. Salah satu hal yang khas dari University of Edinburgh adalah bangunannya yang antik ala Skotlandia. Beberapa jurusan yang populer dari universitas ini antara lain Humaniora dan Ilmu Sosial, Kedokteran dan Kedokteran Hewan, serta Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik.

5. London School of Economics and Political Science
LSE
London School of Economics and Political Science merupakan bagian dari Universitas London. Didirikan pada tahun 1985 dan bergabung dengan universitas pada tahun 1990. Jurusan yang ditawarkan oleh kampus ini adalah akuntansi dan keuangan, kajian pengembangan, ekonomi, hubungan pegawai dan perilaku organisasi, lingkungan dan geografi, strategi ekonomi dan manajerial, dan lain-lain.

4. University College London
UCL_1913875b
University College London merupakan universitas tertua di London yang didirikan pada tahun 1826. Universitas ini menasbihkan diri sebagai lembaga pendidikan sekuler yang menerima mahasiswa tanpa memandang agama ataupun gender. Universitas ini memiliki 10 fakultas, di antaranya Fakultas Seni dan Humaniora, Fakultas Ilmu Pemikiran, Fakultas Pemberdayaan Lingkungan, Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Fisik, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Ilmu Kedokteran.

3. Imperial College London
imperial college
Imperial College London adalah universitas yang memiliki fokus pengkajian di bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, dan bisnis. Dengan latar belakang kedokterannya, Imperial College London juga mengoprasikan Lee Kong Chian School of Medicine di Singapura dan juga bermitra dengan Nanyang Technological University.

2. University of Oxford
oxford univ
Ini dia universitas tertua di Inggris. Universitas ini sudah berdiri sejak abad ke – 11 lho! Walaupun tidak ada yang tahu tanggal pasti pendirian universitas ini. Karena usianya yang cukup “tua”, tidak mengherankan jika University of Oxford telah melahirkan banyak alumni terkemuka di dunia. Di antaranya, 58 penerima hadiah Nobel. University of Oxford juga memiliki perpustakaan yang merupakan perpustakaan terbesar di Inggris, dengan 11 juta koleksi buku yang ada di dalamnya.

1. University of Cambridge

Cambridge_Peterhouse_OldCourt
University of Cambridge konon merupakan pecahan dari University of Oxford. Pada tahun 1209, beberapa sarjana kabur dari Oxford setelah bertengkar karena sebuah permasalahan dengan penduduk di sekitar. Kemudian mereka membuat perhimpunan dan mendirikan University of Cambridge pada tahun 1209. Saat ini, universitas tersebut telah memiliki 17.000 orang mahasiswa, dan 3.000 diantaranya adalah mahasiswa internasional. Universitas Cambridge sangat menonjol di bidang matematika. Mahasiswa harus mengikuti ujian masuk jika ingin mengambil jurusan Seni, yang merupakan jurusan andalan di Cambridge.

Sumber: hotcourses

Komentar



One Comment to 10 Universitas Terbaik di Inggris yang Akan Bikin Kamu Pengen Kuliah di Sana!

  1. Yanti says:

    London School di Inggris sama London School di Indonesia apakah ada hubungannya?

error: Konten dilindungi!